6 Cara Mengatasi WA GB Tidak Bisa Menerima Pesan

0

WA GB tidak bisa menerima pesan – GBWhatsApp adalah aplikasi WhatsApp yang telah dimodifikasi oleh pihak ketiga. Seperti halnya versi official, WA GB juga dapat digunakan dalam berbagai keperluan seperti chatting, update status hingga video call.

Karena WA GB merupakan versi yang tidak resmi, maka sering kali pengguna mengalami kendala tersendiri yang mungkin tidak dirasakan oleh pengguna WA official. Salah satunya adalah WA GB tidak bisa menerima pesan baru padahal jaringan bagus.

Buat kamu yang sering mengalami WA GB tidak bisa mengirim dan menerim pesan. Maka kamu tidak perlu khawatir, karena di artikel ini Teknolalat akan mengulas penyebab dan cara mengatasi pesan WA GB telat masuk dan tidak bisa menerima pesan.

Penyebab GBWhatsApp WA GB Tidak Bisa Menerima Pesan

Ada banyak faktor yang kenapa GB Whatsapp lambat menerima pesan, mulai dari masalah jaringan hingga kendala pada aplikasinya sendiri. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa cek di bawah ini.

  • Jaringan Bermasalah: Apabila jaringan data atau Wifi yang kamu gunakan bermasalah, maka aktivitas yang membutuhkan internet seperti WhatsApp juga akan terganggu.
  • Aplikasi WhatsApp Error: Jika jaringan dirasa masih lancar, maka penyebab WA GB tidak bisa menerima pesan bisa dikarenakan aplikasi yang bermasalah, bisa dikarenakan pengaturan GB error, cache yang menumpuk, virus dan lainnya.
  • Gangguan Server WhatsApp: Selain itu, bisa jadi server WhatsApp mengalami gangguan atau sedang down karena berbagai faktor. Namun, umumnya server down ini tidak berlangsung lama.

Cara Mengatasi WA GB Tidak Bisa Menerima Pesan

Setelah mengetahui beberapa penyebab tentang GBWhatsApp yang tidak bisa mengirim dan menerima pesan. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat aplikasi WA GB kembali normal.

Restart Perangkat

Langkah awal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi WA GB yang tidak dapat menerima pesan baru adalah dengan restart smartphone.

Berbagai permasalahan WhatsApp dapat terjadi karena memori atau RAM smartphone yang penuh sehingga tidak bisa menjalankan aplikasi WhatsApp dengan optimal. Oleh karena itu, langkah simpel ini perlu kamu lakukan.

Gunakan Jaringan yang Stabil

Hal yang sangat perlu diperhatikan adalah pada konektivitas. Pastikan jaringan yang terkoneksi pada smartphone kamu benar-benar lancar dan tidak lemot. Untuk mengetahui kualitas jaringan, maka kamu bisa mengetesnya menggunakan Speedtest.

Kamu juga bisa mencoba cek jaringan dengan browsing atau membuka aplikasi lain seperti YouTube, FB dan Instagram. Selain jaringan yang stabil, pastikan juga paket data yang kamu miliki masih tersedia, entah itu paket reguler atau paket khusus sosial media.

Hapus Cache GBWhatsApp

Cache aplikasi bisa menjadi penyebab GBWhatsapp error dan membuat pesan pending. Nah, untuk menghapus file sampah ini, kamu bisa mengikuti cara menghapus cache GBWAhatsapp berikut ini ini :

  • Langkah pertama, sialakan buka menu Pengaturan.
  • Selanjutnya masuk ke menu Kelola aplikasi.
  • Kemudian cari aplikasi GBWhatsapp.
  • Jika sudah, masuk ke bagian Penyimpanan.
  • Lalu klik Hapus cache atau Bersihkan cache.

Matikan Settingan Privasi GB

Beberapa pengaturan khusus pada GBWhatsApp dapat membuat pesan telat masuk padahal jaringan bagus. Salah satu pengaturan yang sering menyebabkan permasalahan pesan ini adalah pada opsi privasi. Jadi, kamu perlu menonaktifkannya melalui langkah berikut:

  • Klik menu Titik tiga pada sudut kanan atas.
  • Kemudian pilih Pengaturan GB atau Fouad Mods.
  • Selanjutnya klik menu Privasi dan Keamanan.
  • Lalu pada bagian Chat, silakan klik Kontak.
  • Setelah itu, hilangkan centang pada semua opsi sembunyikan Centang, Mic hingga Merekam. Lalu klik Oke.
  • Jika sudah, silakan ulangi langkah di atas pada pengaturan Grup dan juga Siaran.

Hapus Grup WhatsApp

Selain metode di atas, kamu bisa mencoba menghapus atau keluar dari grup WhatsApp yang dirasa tidak penting. Banyaknya pesan yang masuk dari grup ini dapat menjadi penyebab kenapa WA GB telat menerima pesan.

Untuk keluar dari grup WhatsApp, silakan buka grup yang ramai atau banyak pesan masuk, klik Titik tiga pada sudut atas, lalu pilih Lainnya dan klik Keluar dari Grup. Setelah itu konfirmasi dengan klik opsi KELUAR.

Update Aplikasi WA GB

GBWhatsApp menjadi aplikasi mod yang sangat perlu kamu perbarui secara rutin. Apabila WA GB yang kamu gunakan saat ini bermasalah, bisa jadi terdapat versi baru yang lebih stabil dan kendala pesan yang telah sudah teratasi.

Namun, untuk memperbarui aplikasi WA GB ini juga tidak semudah versi officialnya, yang mana kamu perlu melakukan download ulang melalui web GBWhatsApp atau via aplikasi update tambahan.

Itulah beberapa cara mengatasi WA GB tidak bisa menerima pesan. Dari penyebab dan solusi di atas, kamu perlu mencobanya satu per satu supaya masalah dapat terselesaikan. Baiklah, sekian artikel singkat kali ini, semoga bisa membantu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.