5+ Cara Mengatasi HP di Cas Tidak Mengisi, Malah Berkurang

0

HP di cas tidak mengisi – Permasalahan pada sektor daya smartphone sering kali terjadi pada perangkat yang telah lama digunakan. Salah satu keluhannya adalah HP di cas tapi tidak mengisi dan juga di cas malah berkurang.

Permasalahan HP tidak bisa di cas di baterai tanam bahkan hingga mati total ini tentunya sangat mengganggu, karena perangkat tidak dapat digunakan secara normal. Yang mana kamu perlu melakukan charging secara terus-menerus supaya HP dapat menyala.

Tentunya masalah HP di cas malah berkurang ini perlu segera diperbaiki sebelum HP tiba-tiba mati total. Nah, kali ini Teknolalat akan mengulas penyebab dan cara mengatasi HP di cas tapi tidak masuk dan malah berkurang. Yuk langsung cek pembahasannya di bawah ini.

Penyebab HP di Cas Tapi Tidak Mengisi

Ada berbagai hal yang menyebabkan HP di cas tidak bertambah, baterai HP tidak bisa penuh hingga panas. Berikut penyebab umum kenapa HP di cas tapi tidak mengisi.

  • Baterai rusak atau sudah drop
  • Konektor charger bermasalah
  • Adapter dan kabel rusak
  • Sistem operasi bermasalah
  • Kerusakan pada IC charger

Cara Mengatasi HP di Cas Tapi Tidak Mengisi Malah Berkurang

Memperbaiki HP tidak bisa di cas baterai tanam dan tidak memiliki cara yang mirip. Berikut beberapa cara ampuh untuk mengatasi HP di cas malah berkurang di Samsung, Xiaomi, Infinix, Oppo, Vivo hingga iPhone.

Restart Smartphone

Langkah awal yang bisa kamu coba untuk mengatasi HP di cas tapi tidak mengisi adalah dengan melakukan restart. Setelah melakukan restart, maka kinerja sistem akan berjalan lebih optimal dan ringan.

Meski tebilang simpel, melakukan restart ini akan efektif khususnya bagi perangkat yang sebelumnya menjalankan banyak program yang memerlukan banyak daya seperti bermain game.

Bersihkan Komponen Charger

HP di Cas Tidak Terisi Bersihkan Charger

Komponen charger yang kotor juga dapat menyebabkan HP tidak bisa di cas. Kotoran seperti debu yang menempel ini sangat perlu kamu perhatikan khususnya pada ujung kabel dan port USB smartphone.

Supaya proses pengisian daya kembali berjalan lancar, maka kamu perlu membersihkan komponen charger ini. Pada bagian ujung kabel, kamu bisa membersihkan permukaannya menggunakan tisu atau kain kering.

Sementara untuk bagian port, kamu bisa menggunakan tusuk gigi atau jarum, bersihkan kotoran yang menempel secara perlahan untuk menghidari kerusakan yang lebih parah pada komponen ini.

Ganti Adapter Charger dan Kabel Data

HP Tidak Bisa di Charge Ganti Charge

Setelah membersihkan komponen charger namun HP yang di cas tetap tidak bertambah dan indikator HP kedap kedip, maka kemungkinan komponen charger yang kamu gunakan sudah rusak dan perlu diganti.

Umumnya komponen charger yang paling sering rusak adalah bagian kabel, berbeda dengan adapter yang lebih awet. Sebelum membeli baru, pastikan kamu memilih charger original yang sesuai dengan brand dan tipe smartphone yang kamu gunakan.

Namun jika kamu tidak menemukan tipe charger original, maka kamu bisa memilih produk dari brand yang sudah terkenal dan berkualitas seperti Aukey, Baseus dan Uneed.

Ganti Konektor Charger

Ganti Konektor Charger

Selain charger, konektor juga menjadi penyebab hp tidak bisa di cas yang paling sering. Konektor USB pada smartphone ini dapat bermasalah karena penggunaan yang tidak tepat seperti memasang atau mencabut kabel secara cepat dan kasar.

Untuk mengganti konektor charger, kamu perlu membongkar smartphone lalu mengganti flexible konektor dengan yang baru. Namun tidak semua pengguna dapat menggati port USB ini, sehingga disarankan untuk membawanya ke Service Center atau servis HP.

Ganti Baterai

Mengganti Baterai Tanam

Baterai merupakan suplai daya utama dalam smartphone. Secara normal, ketahanan baterai akan menurun dalam 2 tahun pemakaian, ini juga tergantung bagaimana kamu menggunakan smartphone.

Apabila kamu mengalami masalah HP di cas tidak bisa penuh dan bertambah, maka hal ini bisa disebabkan karena baterai yang sudah rusak. Untuk itu kamu perlu menggantinya dengan baterai yang baru.

Mengganti baterai pun tidak asal, sangat disarankan untuk membeli baterai original sesuai tipe smartphone. Sehingga baterai sudah pasti kompatibel dan stabil saat digunakan.

Tetapi jika stock baterai original sedang kosong, maka kamu bisa memilih produk baterai aftermarket yang berkualitas seperti Hippo, Vizz, Life Future dan Rakkipanda.

Reset HP ke Setelan Pabrik

Kesalahan pada sistem operasi juga berpotensi penyebabkan masalah seperti proses cas yang lambat dan tidak mengisi. Solusinya adalah dengan melakukan reset ulang atau factory reset.

Mereset smartphone akan menghapus semua data membuat sistem operasi kembali seperti baru. Hasilnya, smartphone dapat berjalan lebih lancar dan menghilangkan beberapa bug serta masalah HP yang tidak bisa di cas.

Penting, sebelum melakukan reset, kamu perlu melakukan backup data-data penting seperti file dokumen, foto, video dan data lain. Untuk cara mereset smartphoe, secara umum kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut::

  • Buka menu Setelan.
  • Masuk ke Tentang Ponsel atau System.
  • Pilih opsi Setel ulang pabrik.
  • Setelah itu konfirmasi reset dengan memasukan password atau PIN
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.

Ganti IC Charger

HP di Cas Malah Berkurang Ganti IC Charger

Dan cara memperbaiki HP di cas tidak mengisi yang terakhir adalah dengan mengganti IC charger. Jika perangkat yang kamu gunakan sudah berumur, maka kerusakan pada IC charger rawan terjadi.

IC charger merupakan jeroan smartphone yang berfungsi untuk mengirim arus dari charger ke dalam baterai serta memberikan informasi pengisian daya ke CPU.

Apabila IC charger rusak, maka akan menyebabkan HP tidak bisa di cas, proses pengisian baterai sangat lambat hingga putus-putus.

Seperti port USB, mengganti IC charger juga diperlukan keahlian oprek smartphone. Namun, kasus kerusakan IC ini lebih rumit sehingga tidak semua teknisi di servis HP dapat menggantinya.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk membawa smartphone yang mengalami kerusakan IC ke service center sesuai vendor yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Untuk mengatasi HP di cas malah berkurang, maka kamu perlu mengetahui penyebab utamanya.

Cara paling umumnya adalah dengan restart, mengganti charger dan juga baterai. Namun, untuk HP yang sudah lama, maka kerusakan bisa terjadi di bagian mesin yakni IC charger.

Sehingga jika cara umumnya sudah kamu coba namun HP tetap bermasalah, maka mengganti IC charger ini kemungkinan besar akan membuat proses pengecasan kembali normal dan cepat.

Nah, itulah ulasan penyebab HP di cas tapi tidak mengisi dan cara ampuh untuk mengatasinya. Sekian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.