5 Cara Mengatasi Foto WhatsApp Tidak Muncul di Galeri

0

WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang sangat populer saat ini. Dengan aplikasi ini pengguna dapat dengan mudah mengirim pesan teks dan berbagai media seperti foto maupun video.

Namun, terkadang terdapat permasalahan pada aplikasi ini, salah satunya yaitu kiriman foto dari WhatsApp tidak muncul di galeri smartphone. Padahal, seharusnya foto akan otomatis tersimpan jika kamu sudah mengunduhnya.

Ada beberapa penyebab kenapa foto WA tidak tampil di galeri mulai dari faktor aplikasi atau perangkat. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa langsung simak ulasan cara mengatasi foto WhatsApp yang tidak muncul di galeri berikut.

Kenapa Foto dari WhatsApp Tidak Muncul di Galeri

Dalam kondisi normal, media seperti foto maupun video yang telah diunduh dapat dilihat melalui galeri. Lalu, apa yang penyebab foto yang dikirim dari Whatsapp tidak tersimpan di galeri Android maupun iPhone?.

Berikut beberapa penyebabnya:

  • Pengaturan media visibilty tidak aktif.
  • Penyimpanan internal penuh.
  • Tersembunyi di folder Private.
  • Aplikasi galeri bermasalah.

Cara Mengatasi Foto WhatsApp Tidak Muncul di Galeri

Cara mengatasi folder WhatsApp tidak bisa muncul di galeri ini dapat kamu terapkan untuk berbagai brand smartphone seperti Samsung, Oppo, Realme hingga Xiaomi. Berikut cara mengatasinya:

1. Aktifkan Setelan Tampilkan Media

Cara atasi foto dari Whatsapp tidak muncul di galeri yang pertama yaitu pastikan kamu telah mengaktifkan opsi Tampilan Media atau Visibilitas Media di pengaturan Whatsapp. Cara mengaktifkannya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Klik menu Titik tiga (⋮) pada sudut kanan atas dan pilih Setelan.
  • Kemudian masuk pada menu Chat.
  • Lalu aktifkan opsi Tampilkan Media atau Visibilitas Media.
Aktifkan Opsi Tampilkan Media

2. Pindahkan Semua Foto dari Folder Private

Jika gambar WhatsApp masih tidak muncul di galeri, maka kemungkinan foto tersebut masih tersimpan pada folder Private WhatsApp. Di folder Private, terdapat file .nomedia yang menjadikan file pada folder tersebut tidak dapat dibaca oleh galeri.

Apabila kamu sebelumnya tidak mengaktifkan opsi Tampilan media atau Visibilitas Media, maka file apapun termasuk foto akan tersimpan pada folder Private dan tidak terlihat di galeri dan media lainnya.

Nah, untuk memunculkan foto WhatsApp yang tidak muncul di galeri, kamu bisa memindahkan file foto dari folder WhatsAppMediaWhatsApp Images –  Private ke dalam folder WhatsApp Images. Kamu bisa memindahkan dengan opsi Pindah atau Salin.

3. Hapus Data Aplikasi Galeri

Apabila album WhatsApp tidak muncul di galeri, maka kemungkinan aplikasi galeri yang error atau bermasalah. Untuk cara mengatasinya, kamu bisa ikuti panduan di bawah ini:

  • Pertama masuk ke menu Setelan atau Pengaturan.
  • Kemudian pilih menu Aplikasi dan cari Galeri.
  • Selanjutnya klik pada bagian Penyimpanan.
  • Lalu klik Hapus data atau Hapus Penyimpanan.
  • Jika sudah, silakan restart perangkat kamu.
Hapus Data Galeri

4. Memindahkan Foto WhatsApp ke Galeri

Umumnya, foto yang telah kamu unduh dari WhatsApp akan secara otomatis tersimpan di folder WhatsApp Images. Apabila foto sudah tersimpan di folder ini, maka kamu bisa memindahkan seluruh foto ke folder kamera, yaitu DCIMCamera.

5. Bersihkan Penyimpanan Internal

Seperti yang Teknolalat sebutkan di atas, penyimpan internal yang penuh dapat menjadi penyebab kenapa foto dari WA tidak tersimpan di galeri. Untuk mengatasinya, maka kamu perlu membersihkan penyimpanan internal.

Tak hanya WhatsApp, penyimpanan internal yang penuh juga dapat berdampak pada aplikasi lainnya sehingga tidak dapat berjalan dengan optimal. Untuk membersihkan memori internal, kamu bisa menghapus cache, file dan aplikasi yang tidak digunakan.

Selain menghapus file, kamu juga dapat memindahkannya ke kartu memori. Sisakan setidaknya ruang penyimpanan yang kosong sebesar 2GB. Jika sudah membersihkan penyimpan internal di smartphone kamu, maka selanjutnya silakan lakukan restart.

Nah, jadi itulah beberapa cara mengatasi foto dari WhatsApp tidak muncul di galeri yang bisa kamu coba. Melalui langkah di atas, kamu perlu mengaktifkan opsi Tampilan media, hapus data galeri hingga memindahkan fotonya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.