2 Cara Reset Printer Canon iP2770 Manual dan Software

0

Salah satu printer yang paling sering digunakan oleh pengguna komputer Windows dan Mac adalah printer Canon iP2770. Seringnya penggunaan, mengetahui cara reset printer canon ip2770 menjadi hal yang penting.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara reset canon ip2770 ini agar dapat digunakan seperti semula. Nah, untuk paduan cara reset printer canon ip2770, kamu bisa langsung simak di bawah ini.

Cara Reset Printer Canon iP2770

1. Cara Reset Secara Manual (Tanpa Software)

Cara yang pertama yakni dengan cara reset printer canon ip2770 manual. Dengan cara ini, reset printer tanpa software, jadi kamu dapat mereset secara total untuk mengatasi kode error yang selalu muncul pada printer.

Berikut Langkah-langkah cara reset printer Canon iP2770 tanpa software:

  1. Pertama-tama matikan dulu mesin printer.
  2. Lalu lepas colokan power printer dari listrik.
  3. Setelah itu tekan dan tahan tombol power printer.
  4. Saat kamu menekan tombol tersebut hidupkan kembali printer.
  5. Selanjutnya tunggu hingga 2 hingga 5 detik.
  6. Terakhir tekan tombol resume 2 kali dan lepaskan bersama tombol power, printer sudah selesai di reset.

Untuk memastikan apakah printer sudah berhasil direset, masuklah ke control panel. Tanda jika kamu sudah berhasil mereset printer canon ip2770 secara total menjadi setelan awal jika setting printer baru.

2. Cara Reset Dengan Software

Untuk melakukan cara ini pastikan printer kamu tersambung ke komputer atau laptop sudah berada dalam Service Mode, maka kamu bisa mereset dengan metode ini.

Lalu, bagaimana cara masuk Service Mode? Silakan langsung ikuti langkah berikut:

  1. Matikan printer terlebih dahulu.
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol Resume.
  3. Lalu tekan dan tahan tombol Power.
  4. Lepaskan tombol Resum. Lalu tekan tombol resum 5x hingga lampu indikator menyala
  5. Setelah itu, lepaskan tangan kamu dari tombol resume dan power.
  6. Tunggu beberapa saat hingga lampu indikator selesai berkedip dan menjadi warna hijau.

Selanjutnya, kamu membutuhkan file resetter Canon iP2770 yakni Service Tool v1074 versi terbaru. Lebih lanjut, kamu bisa melakukan Langkah-langkah dibawah ini:

  1. Download resetter Canon iP2770 di sini.
  2. Kemudian instal dan buka resetter
  3. Masukkan 2 lembar kertas ke dalam printer, kertas boleh jenis apapun
  4. Selanjutnya tekan tombol “MAIN” pada resetter dan nantinya printer akan mencetak pada selembar kertas dengan data D=000.0
  5. Jika sudah, kamu bisa melanjutkan dengan menekan tombol “EEPROM Clear” selanjutnya “EEPROM” sehingga nantinya printer akan mencetak satu halaman lagi
  6. Langkah selanjutnya matikan restart printer dan computer atau laptop akan mendeteksi perangkat printer yang baru
  7. Jika sudah nantinya printer sudah selesai di reset dan akan berfungsi secara normal Kembali

Permasalahan Umum Printer Canon iP2770

1. Lampu Orange Berkedip 3 Kali

Umumnya permasalahan Canon berkedip 3 kali dikarenakan roller yang kotor. Sehingga kamu perlu membongkar printer dan mengecek apakah terdapat benda atau kotoran yang menyumbat.

2. Lampu Orange Berkedip 5 Kali

Jika lampu orange berkedip 5 kali dan diakhiri lampu hijau berkedip satu kali pada printer canon ip2770, ini menandakan terdapat masalah pada catridge. Hal ini bisa disebabkan oleh chip terkena cipratan tinta saat kamu mengisi tinta ke dalam catridge.

Selain itu bisa jadi sensornya sudah rusak dan disarankan untuk menggantinya. Namun sebelum memutuskan untuk mengganti, lakukan cara ini jika lampu orange berkedip:

  1. Keluarkan catridge dengan membukan penutup printer ke atas. Posisikan ke tengah lepas secara hati-hati.
  2. Pada bagian belakang catridge terdapat chip yang terhubung dengan motherboard untuk melakukan fungsi controlong. Jika kotor, ambil tisu kering dan bersihkan chip tersebut. Jika sulit dibersihkan gunakan penghapus karet. Pastikan tidak ada tinta yang menempel.
  3. Terakhir pasangkan Kembali catridge ke printer dengan hati-hati lalu tutup Kembali. Jika perlu kamu bisa melakukan head clean. Cobalah untuk mencetak, jika masih bisa, kamu tidak perlu untuk menggantinya.

3. Lampu Orange Berkedip 13 Kali / 16 Kali

Jika kamu menemukan printer Canon iP2770 berkedip 13 hingga 16 kali. Maka penyebab utuamanya adalah Cartridge yang tidak terpasang dengan baik.

Untuk mengatasinya cukup mudah, kamu cukup tekan dan tahan tombol Resume sekitar 10 detik hingga lampu hijau berkedip. Setelah itu cek kembali apakah printer sudah normal.

Itulah tadi cara reset printer canon ip2770 secara manual maupun dengan software. Saat kamu memiliki printer alangkah baiknya kamu merawatnya dengan baik. Hindari pemakaian yang berlebihan agar printer kamu bisa awet. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.