3 Cara Reset MikroTik dengan Benar | hAP Lite RB941, RB750

0

Cara reset MikroTik – Kesalahan dalam Konfigurasi MikroTik dapat membuat jaringan menjadi error, ini dikarenakan MikroTik yang menjadi pusat pengaturan jaringan komputer. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghapus semua konfigurasi MikroTik, lalu melakukan konfigurasi ulang.

Nah, pada artikel ini Teknolalat akan mengulas cara mereset ulang MikroTik routerboard dengan mudah. Ada beberapa opsi yang bisa digunakan untuk reset konfigurasi MikroTik karena lupa password atau error, metode untuk mereset MikroTik tersebut yaitu melalui soft reset dan hard reset.

Cara Reset MikroTik Routerboard

Berikut beberapa cara untuk mereset ulang konfigurasi MikroTik menjadi seperti semula yang bisa diterapkan untuk mereset MikroTik hap lite RB941, RB750GR3, RB750R2, RB951UI, RB450G dan seri router lainnya.

1. Cara Soft Reset MikroTik dengan Winbox

Cara pertama mengatur ulang konfigurasi MikroTik yaitu melalui aplikasi Winbox, cara ini juga dapat diterapkan untuk mereset MikroTik di VirtualBox. Apabila Anda belum memiliki Winbox terbaru, silahkan download melalui artikel Winbox terbaru.

Cara reset ulang MikroTik ini bisa dilakukan jika Anda tau user dan password yang digunakan untuk masuk MikroTik melalui Winbox. Berikut langkah-langkah cara mereset MikroTik:

  1. Pertama silahkan nyalakan MikroTik seperti biasa.
  2. Lalu login MikroTik melalui aplikasi Winbox menggunakan user dan password yang Anda buat, default user: admin dan password: (kosong).
  3. Selanjutnya pilih menu System lalu pilih opsi Reset Configuration. Pada opsi ini silahkan pilih centang opsi No Default Configuration agar semua konfigurasi termasuk IP Address default tereset.
    cara reset mikrotik winbox
  4. Setelah itu router MikroTik akan otomatis reboot seperti biasa. Setelah proses reboot selesai silahkan buka kembali aplikasi Winbox dan login dengan user dan password default yakni user: admin dan password: (kosong/tanpa password).

Keterangan:

  • Keep User Configuration
    Jika Anda memiliki opsi ini maka saat melakukan reset configuration, router MikroTik tidak akan menghapus konfigurasi yang sudah disetting sebelumnya.
  • Caps Mode
    Menu ini digunakan bagi Anda yang menggunakan Capsman untuk pengaturan wireless.
  • No Default Configuration
    Opsi ini berfungsi agar MikroTik melakukan reset secara total termasuk IP Address default dari MikroTik.
  • Do Not Backup
    Opsi ini berfungsi supaya MikroTik hanya akan melakukan reset tanpa melakukan backup.
  • Run After Reset
    Pada opsi ini Anda bisa memilih apa yang harus dijalankan MikroTik setelah proses reboot.

1.1 Winbox dengan CLI

Cara ini memiliki metode yang sama seperti cara mereset MikroTik sebelumnya. Yang membedakan adalah menu yang digunakan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Seperti cara sebelumnya, silahkan login melalui aplikasi Winbox.
  2.  Setelah itu pilih menu New Terminal. Kemudian ketik perintah system reset kemudian tekan Enter. Kemidian akan terdapat peringatan Dangerous! Reset anyway?, silahkan ketik y lalu Enter.
system reset
cara reset mikrotik winbox

Apabila ingin mereset semua konfigurasi MikroTik termasuk IP Address default, silahkan gunakan perintah berikut:

system reset-configuration no-default=yes

2. Cara Hard Reset MikroTik dengan Tombol Reset

cara reset mikrotik tombol reset

Berikut yaitu dengan hard reset atau menekan tombol power yang tersedia pada router MikroTik. Motode ini cocok digunakan untuk reset MikroTik yang lupa password atau tidak bisa login Winbox.

Metode ini bisa diterapkan pada MikroTik hAP Lite RB941, RB951, RB450G dan lainnya. Berikut langkah-langkah mereset konfigurasi MikroTik dengan tombol reset:

  1. Pertama yaitu pastikan router MikroTik dalam keadaan mati atau tidak terhubung ke daya listrik. Kamu juga perlu melepas semua kabel sebelum mereset MikroTik.
  2. Tekan dan tahan tombol reset router MikroTik menggunakan ujung bolpen, pensil atau alat sejenisnya.
  3. Masih dalam posisi menekan tombol power. Silahkan sambungkan power/adapter MikroTik.
  4. Berikutnya router MikroTik akan menyala dan lampu ACT/indikator akan berkedip beberapa kali.
  5. Setelah lampu ACT berhenti berkedip dan menyala normal, silahkan lepas tombol reset dan seharusnya MikroTik sudah dalam keadaan reset.

3. Cara Reset MikroTik dengan Jumper

Alternatif selanjutnya untuk mereset ulang MikroTik adalah dengan jumper. Cara ini terbilang lebih rumit dari cara sebelumnya, karena Anda perlu membuka casing dari router MikroTik. Hampir semua seri MikroTik dapat direset dengan metode jumper ini.

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mereset router MikroTik dengan jumper tentu membuka casing terlebih dahulu. Lepaskan casing dengan hati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan.

Setelah membuka casing, maka pada board router MikroTik Anda dapat melihat sebuah lempengan kuning yang berbentuk lingkaran namun terpisah menjadi dua.

Cara reset mikrotik jumper

Untuk melakukan reset ulang MikroTik Anda cukup menempatkan alat seperti obeng pada kedua lempengan tersebut, kemudian nyalakan router MikroTik dan tunggu proses reset seperti halnya reboot hingga selesai.

Jadi begitulah cara reset MikroTik RB750 RB941 hingga RB951 agar semua konfigurasi kembali seperti semula, selain cara diatas Anda juga bisa mereset router MikroTik dengan netinstall pada artikel berikutnya.

Dari langkah diatas, mereset ulang MikroTik melalui Winbox lebih direkomendasikan supaya MikroTik lebih awet. Baiklah sekian saja artikel singkat ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.