4 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi MIUI 11 12

0

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Beberapa aplikasi di smartphone mungkin menyimpan data-data penting berupa foto, video atau dokumen. Apabila seseorang meminjam smartphone kamu dengan tujuan ‘usil’ tentu akan membahayakan data dan privasi kamu.

Oleh karena itu fitur menyembunyikan aplikasi atau hide apps merupakan fitur penting yang wajib dimiliki smartphone jaman sekarang. Di smartphone Xiaomi, fitur hide apps ini sudah tersedia sejak lama dan bisa diakses melalui menu pengaturan atau setelan.

Kamu dapat menyembunyikan berbagai aplikasi seperti Galeri, WhatsApp, Instagram dan berbagai aplikasi lainnya. Fitur hide aplikasi ini bisa ditemui pada semua seri seperti Xiaomi Redmi 5A, 6A, 4X, Note 5 7 dan Mi A2 yang menggunakan stock ROM MIUI.

Nah, pada kesempatan kali ini Teknolalat akan membahas bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi Redmi. Cara ini bisa diterapkan pada berbagai versi ROM seperti MIUI 9, 10, 11 dan MIUI 12. Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi MIUI 11 12

Pada metode pertama cara hide aplikasi di Xiaomi ini kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan, melainkan kamu cukup memanfaatkan fitur bawaan di menu pengaturan. Untuk caranya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama silakan buka menu Setelan atau Setting pada perangkat Xiaomi kamu, lalu scroll kebawah kemudian pilih menu Apl atau Aplikasi.
  2. Berikutnya buka menu Kunci aplikasi.
    Buka menu Kunci Aplikasi
  3. Kemudian pilih tab Apl tersembunyi atau App invisible dan akan muncul berbagai aplikasi yang telah terinstal pada HP Xiaomi kamu. silakan pilih opsi aktifkan pada salah satu aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.
    Buka Apl Tersembunyi dan Aktifkan Hide Aplikasi Xiaomi
  4. Selesai. Sekarang silakan kembali ke home screen dan seharusnya aplikasi yang kamu sembunyikan sudah tidak ada.

1.1 Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di HP Xiaomi

Untuk kembali menampilkan aplikasi tersembunyi di Xiaomi, kamu bisa langsung mematikan opsi pada aplikasi yang disembunyikan sebelumnya pada menu Setelan. Selain itu kamu juga bisa menampilkan aplikasi tersembunyi melalui fitur gestur, berikut langkahnya:

  1. Pertama silakan menuju home screen atau menu utama pada HP Xiaomi kamu.
  2. Selanjutnya silakan usap layar menggunakan dua jari seperti saat kamu melalukan zoom out.
    Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di HP Xiaomi
  3. Lalu masukkan sandi, pola atau fingerprint yang telah kamu setup sebelumnya. Setelah itu aplikasi tersembunyi akan muncul pada foder dengan nama Apl tersembunyi.
  4. silakan klik untuk membuka salah satu aplikasi yang tersembunyi di HP Xiaomi.
  5. Jika ingin menampilkan aplikasi tersembunyi kembali ke home screen silakan klik menu Kelola apl tersembunyi.
  6. Terakhir silakan nonaktifkan opsi pada aplikasi yang ingin ditampilkan.
  7. Selesai.

2. Menggunakan App Hider

Selain menggunakan metode di atas, kamu juga bisa menyembunyikan aplikasi di Xiaomi dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bernama App Hider, penggunaan aplikasi ini cukup mudah dan tanpa memerlukan akses root. Berikut langkah-langkah menggunakan App Hider:

  1. Pertama silakan download dan instal aplikasi DC Launcher dan App Hider melalui link di bawah ini.
  2. Selanjutnya jalankan DC Launcher dan setting sebagai launcher default menggantikan MI Launcher.
  3. Berikutnya silakan buka aplikasi App Hider. silakan tap tombol + untuk menambahkan aplikasi tersembunyi. Lalu pilih aplikasi aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dan tap HIDE.
    Cara Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi dengan App Hider

Bagi kamu pengguna HP Xiaomi root, maka kamu bisa menggunakan App Hider saja tanpa perlu menginstal DC Launcher. Untuk pengguna tanpa root, maka kamu harus menginstal DC Launcher agar fitur hide app dapat berfungsi.

3. Menggunakan Ruang Kedua

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi Ruang Kedua

Bagi pengguna MIUI terbaru khususnya MIUI 11, maka kamu bisa memanfaatkan fitur ruang kedua untuk menyembunyikan aplikasi di Xiaomi tanpa aplikasi. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat ROM baru dengan dalam satu smartphone. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama silakan masuk ke Setting.
  2. Scroll ke bawah dan pilih menu Fitur Spesial.
  3. Selanjutnya pilih menu Ruang Kedua.
  4. Kemudian buat password baru untuk Ruang Kedua.
  5. Terakhir silakan tentunkan aplikasi yang ingin kamu tampilkan pada Ruang Kedua.

4. Menggunakan Apex Launcher

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi via Apex Launcher

Selain menggunakan beberapa metode di atas, kamu juga bisa menyembunyikan aplikasi menggunakan aplikasi tambahan yaitu Apex Launcher. Berikut cara hide aplikasi di HP Xiaomi menggunakan Apex Launcher:

  1. Download dan instal Apex Launcher melalui Google Play Store.
  2. Berikutnya buka dan setting Apex Launcher menjadi tema utama.
  3. Selanjutnya buka Apex Setting. Lalu scroll ke bawah dan pilih Hide Apps.
  4. Setelah itu klik Add Hidden Apps dan pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan di HP Xiaomi.
  5. Setelah memilih aplikasi, kamu cukup kembali ke home screen.
  6. Selesai.

Itulah ulasan cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi. Fitur hide app merupakan salah satu fitur penting untuk meningkatkan keamanan, di Xiaomi fitur ini dapat disetting dengan mudah melalui beberapa metode di atas. Baiklah sekian saja artikel singkat ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.