Cara Menonaktifkan TalkBack Hp OPPO dengan Cepat

0

Cara Menonaktifkan TalkBack Hp OPPO – Pada dasarnya, TalkBack merupakan salah satu fitur yang ada di hampir semua ponsel dengan sistem operasi Android, termasuk OPPO.

Hanya saja, terkadang fitur tersebut mengganggu, sehingga kamu perlu tahu cara menonaktifkan TalkBack hp OPPO dengan mudah.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mematikan fitur TalkBack yang, dengan atau tidak sengaja, aktif di ponsel kamu.

Berikut adalah bagaimana cara menonaktifkan TalkBack hp OPPO A16 dan seri lain dengan cepat dan tanpa ribet!

Tutorial Menonaktifkan Fitur TalkBack

Bagi kamu yang belum tahu apa itu TalkBack di hp Oppo, itu adalah salah satu fitur bawaan ponsel yang memungkinkan sistem mengeluarkan suara ketika kamu menyentuh layar.

Misalnya saat menyentuh ikon aplikasi tertentu dan hal lain sejenis itu.

Bagi yang ingin tahu TalkBack gunanya untuk apa, TalkBack bisa kamu gunakan untuk mengoperasikan ponsel tanpa perlu melihatnya.

Secara garis besar, fungsi TalkBack adalah untuk membantu orang berkebutuhan khusus, misalnya seperti para tunanetra.

Hanya saja, cara mengoperasikan ponsel dan cara membuka kunci saat TalkBack aktif itu memang sedikit berbeda.

Jika biasanya kamu hanya perlu menggeser dengan satu jari saat TalkBack nonaktif, saat aktif kamu perlu menggunakan dua ruas jari.

Begitupun saat mengklik opsi atau pilihan aplikasi, kamu perlu mengkliknya dua kali saat fitur TalkBack aktif.

Selain karena suaranya, cara pengoperasian TalkBack ini terkadang memang mengganggu. Karena itu, berikut cara menonaktifkan TalkBack hp OPPO!

Cara Menonaktifkan Fitur TalkBack dengan Tombol Volume

Sebenarnya, cara menonaktifkan TalkBack OPPO A57 maupun seri lainnya itu adalah sama.

kamu bahkan bisa menonaktifkannya dengan mudah, yaitu hanya menggunakan tombol volume saja. Maka dari itu, cara ini sangat cocok bagi kamu yang tidak suka cara ribet.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu kamu ikuti untuk menonaktifkan fitur TalkBack dengan menggunakan tombol volume!

  1. Pertama-tama, jika ponsel kamu berada dalam keadaan terkunci, kamu bisa membukanya terlebih dahulu dengan menggeser dua ruas jari.
  2. Setelah itu, pastikan kamu sudah memasukkan PIN, kata sandi, atau pola dengan benar jika kamu memang menggunakannya.
  3. Apabila sudah, kamu bisa langsung menekan tombol volume atas dan tombol volume bawah secara bersamaan, dan tahan hingga fitur “TalkBack” nonaktif.

Cara Menonaktifkan Fitur TalkBack dengan Menu Pengaturan

Selain menggunakan tombol volume, ada cara lain yang bisa kamu ikuti untuk menonaktifkan fitur TalkBack di ponsel OPPO kamu.

Caranya adalah dengan mengatur setting fitur TalkBack yang ada di menu “Pengaturan”.

Maka dari itu, berikut adalah bagaimana cara menonaktifkan TalkBack hp OPPO lewat menu “Pengaturan” yang bisa kamu ikuti dengan mudah!

  1. Pertama-tama, kamu bisa mengusap layar ke bawah dengan dua jari, dan klik satu kali pada opsi “Pengaturan” dan kembali klik dua kali untuk membuka menu tersebut.
  2. Apabila sudah, scroll layar dengan dua jari hingga kamu menemukan opsi “Pengaturan Tambahan” dan klik, lalu kembali klik dua kali untuk membuka menu tersebut.
  3. Selanjutnya, klik dua kali pada opsi “Bebas Halangan” atau opsi “Aksesibilitas”, tergantung jenis ponsel OPPO kamu.
  4. Di sana, kamu akan menemukan opsi “TalkBack”, lalu klik dua kali untuk membuka pengaturannya.
  5. Terakhir, kamu hanya perlu untuk menggeser toggle untuk mematikan fitur “TalkBack”, dan klik “Yes” untuk mengonfirmasi pilihan kamu.

Itulah beberapa cara menonaktifkan TalkBack hp OPPO yang bisa kamu ikuti dengan, cepat, mudah, dan tanpa harus ribet. Semoga bisa membantu!

Tinggalkan komen