Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser di Android

0

Cara menjadikan Chrome sebagai default browser di Android – Google Chrome merupakan browser populer yang dikembangkan oleh Google untuk berbagai perangkat seperti Windows, Linux, iOS dan Android. Di perangkat Android dengan GMS, maka Chrome akan terinstal secara otomatis.

Selain Google Chrome, brand smartphone juga memiliki browser bawaan tersendiri, sebagai contoh Samsung browser, Vivo browser dan MI browser. Sehingga kebanyakan perangkat Android sudah memiliki dua browser yang bisa langsung digunakan. Dan umumnya browser dari brand akan disetel sebagai default browser.

Namun banyak pengguna Android yang lebih memilih menggunakan Google Chrome daripada browser bawaan dari brand, lalu bagaimana cara membuat Chrome menjadi default browser?. Nah kali ini Teknolalat akan mengulas cara mengganti default browser Android ke Google Chrome, berikut tutorialnya.

Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser di Android

Banyak alasan yang membuat Google Chrome menjadi browser populer di Android seperti tampilan yang simpel, aman dan tentunya lebih responsif. Selain itu terdapat mode ringan yang akan menghemat penggunaan kuota kamu.

Berikut langkah-langkah cara setting Google Chrome sebagai default browser:

  1. Pertama silahkan buka menu Setelan atau Setting pada smartphone kamu.
  2. Selanjutnya buka menu Aplikasi atau Apl.
    Buka menu Aplikasi
  3. Selanjutnya buka menu Lanjutan, lalu silahkan pilih Aplikasi default.
    Buka menu aplikasi default
  4. Setelah itu buka menu Aplikasi browser. Terakhir silahkan ubah opsi browser default menjadi Google Chrome.
    Setting Chrome menjadi default browser
  5. Selesai. Sekarang browser Google Chrome sudah tersetting sebagai default browser di perangkat Android kamu.

Baca juga: Cara Mengganti Default Browser di Xiaomi

Cara Memunculkan Kembali Opsi Ingat Pilihan Saya

Selain menggunakan metode pertama, kamu juga bisa membuat Chrome sebagai default browser melalui opsi ingat pilihan saya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Info aplikasi browser yang sebelum sudah kamu setel sebagai default browser.
  2. Selanjutnya buka menu Lanjutan.
  3. Berikutnya buka menu Buka secara default.
  4. Lalu klik tombol Hapus default atau Hapus bawaan.
  5. Selesai.

Untuk memunculkan opsi ingat pilihan saya di Android, maka kamu bisa membuat link atau tautan dari luar browser seperti dari WhatsApp, Facebook dan Instagram. Cara ini dapat diterapkan di berbagai brand smartphone seperti Oppo, Vivo, Samsung dan Realme.

Selain untuk mengatur Chrome sebagai browser bawaan, tutorial di atas juga bisa kamu terapkan untuk mengatur browser lain seperti Mozilla Firefox, Opera Mini, Puffin dan UC Browser. Sehingga kamu bisa leluasa dalam memilih default browser yang paling nyaman digunakan.

Itulah ulasan mengenai cara menjadikan Chrome sebagai default browser di Android. Bisa dibilang saat ini Google Chrome merupakan browser terbaik untuk perangkat Android mengingat fitur-fitur canggih yang diberikan dan juga sisi keamanan yang lebih baik. 

Perkembangan atau pembaruan dari Google Chrome juga tergolong cepat dengan peningkatkan fitur terbaru atau hanya peningkatan kestabilan di smartphone Android, jadi pastikan kamu update terus Chrome ke versi terbaru. Baiklah sekian saja artikel ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.