6 Cara Menghilangkan Jamur di HP Mudah & Paling Ampuh

0

Kondisi fisik ponsel perlu diperhatikan secara rutin. Karena jika abai, hal ini akan menyebabkan beberapa masalah, salah satunya ialah munculnya jamur pada sisi belakang HP.

Jamur yang muncul di HP ini tentunya akan sangat mengurangi sisi tampilan. Karena bodi HP yang awalnya mulus dan bersih, sekarang tertutup oleh jamur yang terlihat seperti noda atau bintik-bintik berwarna putih.

Tentunya, ada beberapa metode yang bisa kamu coba untuk membersihkan jamur di HP ini. Apabila belum terlalu parah, jamur di HP bagian belakang ini dapat dihilangkan dengan cukup mudah.

Nah, di artikel ini Teknolalat akan membagikan beberapa penyebab serta cara menghilangkan jamur di HP dengan mudah dan cepat. Yuk langsung simak pembahasannya di bawah ini.

Penyebab Jamur di HP

Masalah jamur dapat muncul di berbagai tipe HP baik itu Oppo, Vivo, Samsung, Realme, Xiaomi hingga iPhone. Dan faktor penyebabnya juga hampir sama, yaitu:

  • Jarang dibersihkan.
  • Kotoran dan udara lembab dari penggunaan casing.
  • Terlalu lama disimpan pada tempat lembab seperti dompet, tas, dsb.
  • Bodi sering terkena air.

Cara Menghilangkan Jamur di HP

Cara membasmi jamur di HP bisa berbeda tergantung material bodi yang dipakai. Untuk itu, tersedia berbagai cara yang dapat kamu coba satu-persatu untuk membersihkan jamur di HP.

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cara menghilangkan jamur HP di bagian belakang yang pertama adalah memakai minyak kayu putih. Metode ini terbilang mainstream untuk membersihkan ponsel dan dapat dipraktikkan dengan mudah.

Berikut langkah-langkah membersihkan jamur di HP dengan minyak kayu putih:

  1. Siapkan tisu atau kain yang memiliki permukaan halus.
  2. Tuangkan minyak kayu putih secukupnya ke tisu.
  3. Lalu gosok perlahan ke bagian HP yang terkena jamur hingga bersih.

Menggunakan Sabun Cuci Piring

Selain minyak kayu putih, kamu juga bisa menghilangkan jamur di HP bodi plastik dengan bahan yang mudah ditemui, yakni sabun cuci piring.

Untuk cara pemakaian juga cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan sabun cuci piring dan sedikit air ke wadah.
  2. Basahi kain menggunakan cairan cuci piring tersebut.
  3. Lalu usap kain ke jamur yang terdapat di HP kamu.

Menggunakan Autosol

Selanjutnya, kamu bisa mencoba membersihkan jamur di HP menggunakan Autosol yang bisa kamu dapatkan di toko bangunan. Autosol adalah pasta yang berfungsi mengkilapkan permukaan logam secara efektif.

Selain untuk mengkilapkan logam, Autosol juga sering dipakai benda lain seperti kaca hingga mika. Berikut langkah-langkah membersihkan jamur HP dengan Autosol:

  1. Oleskan Autosol ke bagian HP yang berjamur hingga tertutup rata.
  2. Setelah mengolesan dirasa sudah rata, sosok pasta Autosol tersebut dengan kain kering hingga bersih.
  3. Jika dirasa kurang, kamu bisa mengulangi pemberian pasta Autosol lalu membersihkannya kembali.

Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi atau odol tidak hanya berfungsi untuk membersihkan gigi dan mulut sehingga terhindar dari kuman maupun bakteri. Pasta gigi juga memiliki banyak manfaat lain yang mungkin belum kamu ketahui.

Kamu bisa memanfaatkan pasta gigi ini untuk menghilangkan jamur di HP hingga baret tipis pada permukaan bodi. Berikut panduannya:

  1. Oleskan pasta gigi secukupnya pada bagian HP yang berjamur.
  2. Tunggu hingga pasta gigi tersebut mengering.
  3. Setelah mengering, bersihkan dengan kain lembut yang sudah dibasahi.
  4. Terakhir, bersihkan kembali sisa pasta gigi atau air dengan menggunakan kain kering.

Menggunakan Alkohol

Dilansir dari Sindonews, alkohol cukup ampuh untuk menghilangkan jamur pada HP dan cara penggunaanya pun sangat sederhana.

  1. Basahi kain dengan permukaan lembut memakai alkohol secukupnya.
  2. Lalu usapkan kain tersebut pada seluruh bagian ponsel yang terkena jamur.
  3. Tunggu hingga cairan alkohol tesebut mengering.

Menggunakan Compound

Compound umumnya berfungsi untuk merawat tampilan mobil agar tetap terlihat mengkilap dengan memperbaiki bagian yang baret, memperlicin permukaan hingga menghilangkan jamur.

Nah, kamu juga bisa mencoba compound ini untuk membersihkan jamur di HP. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan jenis compound yang paling halus (umumnya berwarna putih), karena jenis yang tinggi dapat mengkikis cat di case HP kamu.
  2. Oleskan sedikit compound dan ratakan pada permukaan HP yang muncul jamur.
  3. Lalu gosok perlahan sambil menekan menggunakan kain atau busa.
  4. Ulangi langkah-langkah di atas untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cara Mencegah Jamur pada HP

Sebelum HP kamu terkena jamur, alangkah baiknya untuk melakukan pencegahan. Berikut cara mencegah tumbuhnya jamur di ponsel kamu:

Rutin Membersihkan Casing dan Bodi Belakang Ponsel

Sadar atau tidak, casing silicone yang fungsi utamanya untuk melindungi ponsel dan mecegah lecet, justru dapat menyebabkan back cover rawan terkena jamur.

Ini dikarenakan kondisi yang lembab di antara casing dan bodi dapat memicu pertumbuhan jamur dengan cepat. Oleh karena itu, bersihkan casing dan back cover secara rutin serta pastikan dalam kondisi kering.

Pakai Skin Carbon Anti Jamur

Memasang skin carbon anti jamur di bodi belakang menjadi cara pencegahan yang simpel dan efektif. Selain itu, skin carbon ini juga akan membuat tampilan smartphone kamu semakin keren.

Jadi itulah pembahasan seputar cara menghilangkan jamur di HP beserta cara pencegahannya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin membersihkan ponsel dari jamur.

Tinggalkan komen