10+ Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Agar Tidak Cepat Habis

0

Cara menghemat baterai HP Xiaomi – Baterai merupakan komponen penting bagi smartphone Xiaomi karena berfungsi sebagai penyuplai daya utama. Di era yang sebar canggih ini, kebanyakan smartphone Xiaomi terbaru sudah dibekali dengan baterai besar serta fitur fast charging.

Dengan kapasitas baterai besar, maka diharapkan smartphone mampu memenuhi berbagai komputasi pengguna. Namun, seiring dengan lamanya penggunaan dan banyaknya game atau aplikasi, maka akan berdampak pada kondisi kesehatan baterai.

Terlebih lagi untuk penggunaan berat seperti bermain game dalam jangka waktu yang lama. Sehingga tak heran jika baterai Xiaomi akan terasa lebih cepat habis. Selain itu, pengguna juga sering mengeluh karena baterai berkurang sendiri padahal tidak bermain game.

Nah, bagi kamu yang mengalami baterai cepat habis dan juga cepat panas di HP Xiaomi. Kali ini Teknolalat akan membagikan beberapa tips cara menghemat baterai Xiaomi tanpa aplikasi dan dengan aplikasi di MIUI 10, 11 hingga 12, yuk langsung saja cek di bawah ini.

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Beberapa cara agar baterai HP Xiaomi tidak cepat habis ini bisa kamu gunakan diberbagai seri seperti Redmi 4a, 5a, 6a, Redmi Note 2, Note 4X, Note 8, hingga Note 9. Berikut cara menghemat baterai Xiaomi yang cepat habis tanpa aplikasi tambahan:

1. Aktifkan Mode Hemat Daya

Cara menghemat baterai Xiaomi yang cepat habis yang pertama adalah dengan mengaktifkan fitur mode hemat baterai Xiaomi atau fitur power saving. Fitur battery saver ini berfungsi untuk mengubah setelan sistem ke hemat daya seperti membatasi performa, brightness hingga aplikasi di background.

Untuk mengaktifkan mode hemat daya di HP Xiaomi cukup mudah, kamu cukup buka panel Bar Notifikasi atau Pusat Kontrol dan bisa langsung mengaktifkan fitur penghemat baterai ini. Selain itu kamu juga bisa mengaktifkan fitur ini melalui setelan atau pengaturan.

Berikut cara mengaktifkan mode hemat baterai Xiaomi untuk menghemat daya melalui pengaturan:

  • Pertama buka menu Setting atau Setelan.
  • Berikutnya pilih Baterai & performa.
  • Lalu aktifkan opsi Penghemat baterai.

2. Matikan Koneksi yang Tidak Diperlukan

Langkah selanjutnya untuk menghemat komsumsi baterai HP Xiaomi MIUI 11 dan 12 yaitu dengan menonaktifkan koneksi yang tidak kamu perlukan. Penggunaan koneksi seperti data, Wifi dan bluetooth akan membuat smartphone membutuhkan daya yang lebih banyak.

Selain itu, GPS atau Lokasi juga menjadi salah satu penyebab umum kenapa baterai HP Xiaomi cepat habis. Nah, untuk menghindari baterai boros di HP Xiaomi khususnya saat bermain game pastikan kamu segera menonaktifkan koneksi yang tidak diperlukan.

Baca juga: Kode dan Cara Melihat Kesehatan Baterai Xiaomi Tanam

3. Gunakan Fitur Dark Mode

Cara agar baterai HP Xiaomi lebih awet selanjutnya yaitu dengan dark mode, ini merupakan fitur terbaru pada HP yang berbasis Android 10 ke atas (MIUI 11 12). Dark mode akan mengubah backgroundnya dasar dari UI Android menjadi warna hitam.

Dengan penggunaan warna gelap, HP Xiaomi akan lebih hemat daya. Fitur dark mode akan sangat efektif khusunya bagi smartphone dengan layar OLED, karena piksel di layar ini akan mati saat menampilkan warna hitam.

Selain untuk menghemat daya, dark mode juga akan membuat tampilan smartphone menjadi semakin menarik dengan teks atau visual yang lebih menonjol dari warna background. Selain itu, dark mode dapat membuat mata lebih nyaman dalam berbagai aktivitas.

4. Atur Waktu Aktif Layar

Layar merupakan komponen yang paling banyak menguras baterai smartphone. Untuk menghemat konsumsi baterai, kamu bisa memanfaatkan fitur waktu tidur layar untuk mematikan layar otomatis ketika tidak digunakan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Setelan.
  • Selanjutnya buka menu Layar kunci.
  • Buka opsi Tidur.
  • Selanjutnya pilih waktu layar akan mati, jika ingin menghemat silakan pilih 15 atau 30 detik.

5. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Kecerahan layar menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada daya tahan baterai smartphone. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka smartphone akan membutuhkan daya banyak, begitu pula sebaliknya.

Jadi atur kecerahan layar di HP Xiaomi kamu seminimal mungkin namun masih dengan tampilan yang terlihat jelas. Selain menurunkan brightness, kamu juga perlu menonaktifkan fitur kecerahan otomatis atau auto brightness.

6. Batasi Aplikasi di Latar Belakang

Tips cara menghemat baterai HP Xiaomi selanjutnya yaitu dengan memaafkan fitur batas proses latar belakang pada opsi pengembang. Dengan fitur ini kamu bisa membatasi aplikasi yang berjalan di background.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama silakan buka menu Setting atau Setelan.
  • Berikutnya pilih Setelan tambahan.
  • Lalu buka Opsi pengembang.
  • Kemudian scroll ke bawah hingga ke bagian Apl, lalu buka Batas proses latar belakang.
  • Pilih opsi Tidak ada proses latar belakang.

7. Nonaktifkan Mode Getar

Di HP Xiaomi, mode getar akan aktif secara default dan akan berfungsi jika terdapat notifikasi tertentu. Nah untuk sedikit menghemat komsumsi daya baterai HP Xiaomi, kamu bisa menonaktifkan mode getar ini melalui status bar atau melalui pengaturan.

Untuk setting mode getar, silakan langsung saja buka Setelan dan pilih menu Suara & getaran. Di sini kamu bisa mengatur beberapa fungsi seperti getar saat panggilan hingga getar saat diketuk. Silakan matikan semua opsi getar atau aktifkan sebagian opsi yang dirasa penting.

8. Nonaktifkan Fitur Sinkronisasi

Sinkronisasi merupakan fitur yang juga dapat membuat baterai HP Xiaomi cepat habis dan boros daya. Fitur sinkronisasi ini berhubungan dengan akun yang sudah terkait di perangkat seperti akun Google dan Xiaomi Cloud.

Fitur sinkronisasi atau auto-sync ini akan berjalan otomatis di background. Sehingga untuk mengurangi penggunaan daya karena sinkronisasi otomatis dari beberapa aplikasi, maka kamu bisa menonaktifkan fitur ini melalui status bar atau pengaturan.

Berikut cara menonaktifkan sinkronisasi melalui setelan:

  • Buka menu Setting atau Setelan.
  • Berikutnya buka Akun & sinkron.
  • Kemudian nonaktifkan opsi Otomatis sinkronisasikan data.
  • Selesai.

9. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Dan tips menghemat baterai HP Xiaomi yang terakhir adalah dengan menutup segera aplikasi yang sudah tidak terpakai. Caranya cukup tekan tombol Recent dan klik tombol bersihkan (X), atau dengan menggeser ke samping aplikasi yang sudah tidak diperlukan.

Saat menjalankan aplikasi A lalu membuka aplikasi B, maka kamu perlu menutup aplikasi A karena aplikasi yang sebelumnya dibuka akan terus berjalan di background dan tentu akan memakan RAM dan daya yang lebih.

Aplikasi Penghemat Baterai HP Xiaomi

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi tambahan untuk membuat penggunaan daya smartphone Xiaomi semakin awet, maka kamu bisa menggunakan rekomendasi aplikasi penghemat baterai Xiaomi berikut:

Nah, itulah ulasan mengenai cara menghemat baterai HP Xiaomi tanpa aplikai dan dengan aplikasi. Dengan tips di atas akan mengoptimalkan pengguaan daya baterai Xiaomi agar tidak cepat habis. Baiklah sekian saja artikel ini, selamat mencoba & semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.