5+ Cara Mengatasi Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop Windows

0

WiFi merupakan salah satu fitur yang sangat penting pada sebuah laptop. Dengan Wifi, pengguna dapat menggunakan laptop tersebut untuk terhubung ke internet.

Namun, tak jarang pengguna laptop mengalami permasalahan pada bagian Wifi, salah satu adalah Wifi yang tidak terdeteksi. Alhasil, pengguna tidak dapat tehubung ke jaringan untuk menggunakan internet.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Nah, kali ini Teknolalat akan mengulas penyebab dan cara memperbaiki Wifi tidak terdeteksi di laptop dengan menggunakan beberapa metode. Yuk langsung simak di bawah ini…

Penyebab Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop

Wifi di laptop yang bermasalah seperti tidak terdeteksi dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti sistem yang error, driver yang bermasalah hingga modem yang tidak memancarkan sinyal Wifi dengan baik.

Untuk memperbaikinya, maka diperlukan mengecekan pada setiap hal yang kemungkinan menjadi penyebab Wifi tidak terdeteksi di laptop.

Cara Mengatasi Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop Windows

Tutorial mengatasi WiFi laptop yang tidak terdeteksi ini diterapkan pada Windows 10. Bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8, kamu tetap bisa mencobanya dengan sedikit perbedaan pada bagian menu. Berikut pembahasannya.

Matikan dan Nyalakan Wifi Laptop

Jika permasalahannya adalah sinyal Wifi atau hotspot yang tidak terdetesi. Maka langkah pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menonaktifkan lalu mengaktifkan kembali Wifi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik Network melalui taskbar di sudut kanan bawah.
  • Lalu klik icon Wifi untuk menghidupkan Wifi, kamu bisa mencoba untuk mematikan lalu menghidupkan kembali hingga Wifi terdeteksi.

Aktifkan Adapter Wifi

Adapter Wifi dalam posisi disable bisa menjadi penyebab Wifi di laptop hilang dan tidak terdeteksi. Untuk mengatasinya, kamu mengaktifkan kembali apater Wifi di laptop tersebut melalui Control Panel. Berikut caranya:

  • Buka Control Panel.
  • Kemudian klik View network status and tasks.
  • Pada sisi kanan, klik Change adapter settings.
  • Klik kanan pada pengaturan WiFi, kemudian klik Enable.

Jika sinyal dari Wifi yang tidak terdeteksi, kamu bisa mencoba untuk melakukan Disable kemudian Enable kembali. Setelah itu, silakan cek kembali apakah Wifi sudah normal atau belum.

Lakukan Troubleshoot Wifi

Metode berikutnya untuk mengatasi Wifi tidak terdeteksi di laptop adalah dengan menggunakan fitur Troubleshoot. Pada umumnya, fitur Troubleshoot ini dapat mengatasi berbagai permasalahan pada sistem Windows. Nah, berikut cara melakukan troubleshoot Wifi di laptop:

  • Langkah pertama, silakan klik kanan Network pada bagian taskbar.
  • Kemudian klik Troubleshoot problems.
  • Lalu pilih opsi Wifi atau All Network dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Update Driver Wifi Laptop

Pada laptop Windows 10, umumnya driver Wifi akan otomatis terinstal dan bisa langsung digunakan. Namun, tak jarang driver Wifi ini bermasalah dan menyebabkan Wifi di laptop tidak dapat mendeteksi dengan optimal.

Untuk mengatasinya, maka kamu perlu melakukan reinstal driver Wifi laptop. Berikut langkah-langkah instal ulang driver Wifi laptop melalui Device manager:

  • Buka Device Manager melalui fitur pencarian.
  • Kemudian cari dan klik 2x pada Network Adapter.
  • Lalu klik kanan pada adapter Wifi, lalu pilih Update driver.
  • Setelah itu pilih Search automatically for drivers dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Gunakan Adapter Wifi Eksternal

Apabila Wifi di laptop masih tidak terdeteksi, maka sebagai alternatifnya adalah menggunakan adapter Wifi ekstenal yaitu USB Wifi. Perangkat ini nantinya akan menggantikan fungsi dari adapter Wifi bawaan laptop untuk menangkap sinyal.

Untuk penggunaanya cukup mudah, kamu hanya perlu menginstal driver berupa CD pada paket pembelian. Setelah itu, tancapkan USB Wifi melalui port USB di laptop kamu.

Restart Modem

Jika Wifi masih tidak terdeteksi di laptop, maka kemungkinan besar pemasalahannya terletak pada pemancar sinyal Wifi yaitu modem atau router. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan restart pada modem tersebut.

Secara umum, merestart modem dapat dilakukan dengan menekan tombol reset selama beberapa saat dalam kondisi modem menyala. Selain itu, pastikan juga konfigurasi jaringan khususnya router sudah benar.

Nah, jadi itulah ulasan cara mengatasi Wifi tidak terdeteksi di laptop Windows 10. Kamu bisa mencoba langkah di atas satu-persatu untuk memperbaiki permasalahan Wifi di laptop ini. Baiklah, sekian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.