5+ Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi [Terbaru]

0

Kamera laptop tidak berfungsi – Kamera pada laptop memiliki fungsi yang penting untuk dapat menunjang pekerjaan dan tugas. Dengan kamera ini, memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi video call dan video conference seperti Zoom serta Google Meet.

Umumnya setiap perangkat laptop sudah terintegrasi sebuah kamera dan LED flash, sehingga pengguna tidak perlu membeli webcam tambahan. Kamu bisa langsung mengaktifkan kamera di laptop ini melalui aplikasi kamera yang sudah tersedia pada sistem.

Namun terkadang, kamera laptop mengalami error sehingga kamera tidak dapat digunakan untuk menangkap gambar maupun video. Tapi kamu tidak perlu khawatir, kali ini Teknolalat akan mengulas cara mengatasi kamera laptop yang tidak berfungsi, yuk langsung cek di bawah ini.

Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Metode mengatasi kamera laptop tidak berfungsi ini dapat kamu terapkan untuk berbagai merek seperti Asus, Lenovo, Acer, HP, Axioo dan Toshiba di Windows 7, 8 serta Windows 10. Berikut langkah-langkahnya:

Pastikan Kamera Laptop Sudah Aktif

Hal pertama yang dapat menjadi penyebab kenapa kamera laptop tidak berfungsi adalah kamera dalam keadaan nonaktif atau mati, alhasil kamera laptop tidak muncul gambar. Untuk mengaktifkan kamera, kamu bisa menekan tombol shortcut kamera pada keyboard laptop.

kamera laptop tidak berfungsi saat zoom

Tombol shortcut kamera bisa berbeda-beda pada setiap tipe laptop, kamu bisa mencoba menekan tombol FN + 📷 (F8), FN + F5, FN + F7 atau FN + F10. Tetapi beberapa laptop juga tidak memiliki hot key untuk mengaktifkan kamera, sehingga akan otomatis aktif jika membuka aplikasi kamera.

Setting Privasi Kamera

Langkah kedua mengatasi kamera laptop tidak berfungsi adalah mengatur privasi kamera pada Windows. Jika kamu ingin menggunakan kamera laptop untuk aplikasi seperti Zoom dan Google Meet, opsi Privasi kamera ini perlu disetting terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah setting Privasi kamera laptop:

  • Buka Settings pada Windows.
  • Klik menu Privacy.
  • Lalu pilih menu Camera di sebelah kiri.
  • Aktifkan opsi Allow apps to access your camera.
kamera laptop tidak berfungsi saat google meet

Setelah itu kamu bisa gulir ke bawah pada opsi Choose which apps can access your camera. Di sini kamu dapat menentukan aplikasi mana yang dapat izin untuk mengakses kamera.

Jika kamu mengalami kamera Zoom di laptop tidak berfungsi, maka pastikan opsi untuk aplikasi Zoom sudah aktif atau dalam kondisi “On”.

Instal Driver Kamera

Driver merupakan software berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi. Jika driver kamera pada laptop belum terinstal atau tidak kompatibel, masalah ini akan membuat kamera laptop tidak terdeteksi.

Nah, untuk menginstal driver kamera, kamu perlu mendownload driver kamera terlebih dahulu melalui situs resmi dari merek laptop yang kamu gunakan.

Setelah mendownload driver yang sesuai, kamu bisa langsung menginstalnya seperti biasa hingga selesai. Jika sudah, silakan restart laptop. Lalu tes apakah kamera laptop sudah bisa menyala atau belum.

Perbarui Driver Kamera

Apabila sebelumnya driver sudah lama terinstal, maka driver kamera tersebut kemungkinan bermasalah saat update dan menjadi penyebab kenapa kamera laptop tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, kamu bisa ikut langkah-langkah berikut:

  • Pada fitur pencarian, silakan cari dan buka “Device Manager“. Atau melalui Windows + R, ketik “devmgmt.msc” lalu Enter.
  • Klik kanan pada Camera, lalu pilih Update Driver.
  • Setelah itu pilih opsi Search automatically for driver.
  • Jika sudah berhasil terinstal, silakan restart laptop.

Periksa Aplikasi Kamera

Jika driver kamera dirasa tidak bermasalah, maka kamera laptop yang tidak berfungsi bisa dikarenakan aplikasi kamera yang kamu gunakan. Untuk mengujinya kamu bisa mencoba menginstal aplikasi kamera tambahan seperti ManyCam dan YouCam,

Update Windows ke Versi Terbaru

Kamera di laptop bisa tidak berfungsi karena terdapat permasalahan pada sistem Windows. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba melakukan update Windows ke patch terbaru yang lebih kompatibel dan mungkin menghilangkan bug pada perangkat.

Update Windows

Untuk melakukan update Windows, kamu bisa langsung cek melalui SettingsUpdate & SecurityWindows Update. Pastikan laptop kamu terhubung ke Internet suapaya dapat mengunduh dan menginstal update Windows secara otomatis.

Alternatif – Menggunakan Webcam Ekstenal

Setelah mencoba cara di atas namun kamera laptop masih tidak bisa digunakan, maka kemungkinan besar hardware kamera sudah rusak dan perlu diperbaiki. Sehingga kamu perlu membawa perangkat ke tempat servis laptop atau services center.

Namun melakukan servis laptop bisa memakan waktu yang lama, maka sebagai alternatif kamu bisa menggunakan webcam tambahan. Untuk harganya bervariasi, kamu bisa mendapatkan webcam murah dengan mulai dari 60 ribu hingga 200 ribu.

Untuk hasil, webcam eksternal lebih dapat diandalkan ketimbang bawaan laptop. Penggunaan webcam ini juga cukup mudah karena termasuk perangkat Plug and Play, yang mana kamu hanya perlu memasangnya ke port USB laptop.

Nah, jadi itulah ulasan cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi yang bisa kamu coba. Sekian artikel ini dan semoga bisa bermanfaat. Apabila terdapat kendala atau tutorial yang sulit dimengerti, silakan komen di bawah.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.