Cara Mengatasi Brightness Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10

2

Brightness tidak berfungsi Windows 10 – Dalam penggunaan laptop untuk keseharian, mengatur tingkat kecerahan layar adalah hal yang perlu diperhatikan agar tampilan layar laptop terlihat jelas dan pas dipandang untuk jangka waktu yang lama.

Namun terkadang laptop atau PC mengalami masalah dimana brightness tidak bisa diatur pada Windows 10. Tak hanya di Windows 10, masalah tidak bisa mengatur brightness ini juga umum muncul pada Windows 7 dan 8.1.

Umumnya tidak bisa menurunkan dan menaikan kecerahan layar atau brightness ini disebabkan masalah pada driver VGA atau bug setelah update Windows. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?.

Nah, pada artikel kali ini Teknolalat akan membagikan cara mengatasi brightness laptop uang tidak bisa diatur di Windows 10, yuk langsung cek di bawah ini.

Cara Mengatasi Brightness Laptop Tidak Berfungsi Windows 10

Berikut langkah-langkah mengatasi kecerahan laptop yang tidak bisa diatur pada Windows 10:

  1. Pertama silakan cari dan buka Device Manager melalui fitur pencarian. Atau melalui tombol shortcut Windows + X, lalu pilih Device Manager.
    Buka Device Manager
  2. Setelah terbuka, silakan klik Display adapter. Lalu klik kanan pada VGA atau kartu grafis yang digunakan (Intel, AMD atau Nvidia) dan pilih Update driver.
    Update Driver Device Manager
  3. Selanjutnya pilih opsi Browse my computer for driver software untuk memilih driver VGA secara manual.
    Browse Driver VGA Device Manager
  4. Berikutnya klik Let me pick from a list of available drivers on my computer.
    Pilih Driver VGA Driver Manager
  5. Pastikan kamu sudah mencentang opsi Show compatible hardware dan setelah itu akan ada beberapa driver yang tersedia untuk laptop atau PC kamu. Disini silakan pilih opsi Microsoft Basic Display Adapter dan pilih Next.
  6. Lalu proses instalasi driver akan berjalan dan tunggu hingga instalasi selesai. Pada proses instalasi ini layar akan blank hitam secara singkat dan ini adalah hal yang umum terjadi saat menghapus dan instal driver VGA.
    Instal Microsoft Basic Display Adapter
  7. Setelah proses instalasi driver Microsoft Basic Display Adapter selesai, maka kamu perlu menginstal driver VGA utama (Intel HD, AMD Radeon atau Nvidia) seperti di bawah ini.
  8. Kamu bisa mengulangi langkah-langkah sebelumnya dan pada tahap pemilihan driver ini, silakan pilih dan instal driver utama hingga selesai.
    Instal Driver VGA Intel AMD Nvidia
  9. Terakhir silakan restart laptop atau komputer kamu.
  10. Selesai…

Nah begitulah tutorial cara mengatasi brightness tidak berfungsi di laptop Windows 10, 8 dan juga Windows 7, bagaimana mudah bukan?.

Baiklah sekian saja artikel singkat ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Apabila terdapat kendala atau tutorial yang kurang jelas, silakan komen di bawah.

2 Komen
  1. HOT Links! berkata

    I had this article saved some time before but my computer crashed. I have since gotten a new one and it took me a while to locate this! I also really like the template though.

  2. Catharine Huewe berkata

    I am now not sure the place you’re getting your information, however great topic. I must spend some time learning more or working out more. Thanks for magnificent information I used to be on the lookout for this info for my mission.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.