Cara Memindahkan WA ke HP Baru Tanpa Kehilangan Chat dan Kontak

0

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang sangat populer. WhatsApp menghadirkan banyak kemudahan untuk berkirim pesan, melakukan panggilan hingga mengirim file.

Selain itu, WhatsApp juga didesain untuk memudahkan penggunanya dalam mentransfer obrolan. Sehingga, kamu dapat memindahkan seluruh data chat ke perangkat lain dengan mudah.

Kelebihan tersebut membuat WhatsApp sulit tergantikan oleh aplikasi chatting lain. Bahkan, setelah membeli HP baru, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang harus kamu instal.

Nah, jika kamu memiliki HP baru dan ingin memindahkan WhatsApp ke HP baru tersebut, tentunya ingin agar data di HP lama seperti chat dan kontak tidak hilang.

Untuk itu, kamu bisa mengikuti panduan yang sudah Teknolalat rangkum di bawah ini untuk memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa kehilangan riwayat chat dan kontak.

Cara Memindahkan WA ke HP Baru Tanpa Kehilangan Chat dan Kontak

Perlu diketahui jika pemindahan data WhatsApp ini hanya dapat dilakukan pada sistem operasi yang sama. Artinya, Android hanya dengan Android dan iOS dengan iOS.

Berikut langkah-langkah cara memindahkan WA ke HP baru tanpa menghapus history chat dan kontak:

1. Cadangkan Chat WhatsApp di HP Lama

Langkah awal untuk memindahkan WhatsApp ke HP baru adalah melakukan backup chat ke Google Drive untuk Android. Berikut paduan backup chat di HP Android:

  • Buka WhatsApp di HP lama kamu.
  • Kemudian klik menu titik tiga pada sudut atas -> Setelan -> Chat -> Cadangan chat.
  • Pada bagian Google Drive, silakan ubah opsi Cadangan ke Google: Hanya ketika mengetuk “Cadangkan”, Akun Google: Pilih akun Google, Cadangkan melalui: Wi-Fi atau seluler.
  • Aktifkan opsi Sertakan video apabila kamu juga ingin backup video WhatsApp. Namun, nantinya size file backup akan lebih besar dan prosesnya akan lama.
  • Jika sudah, silakan klik tombol Cadangkan.
  • Setelah itu tunggu proses mencadangkan data chat hingga selesai.

Sementara untuk pengguna iOS, langkahnya tidak berbeda jauh dengan Android. Pertama, pastikan iPhone kamu sudah terhubung ke iCloud. Setelah itu buka WhatsApp -> menu titik tiga -> Setting -> Chats -> Chats backup -> lalu klik Backup Now.

2. Cadangkan Kontak pada HP Lama

Umumnya, kontak smartphone dapat tersimpan di kartu SIM dan juga akun Google atau Gmail. Pengguna dapat memilih opsi tersebut saat menyimpan kontak baru.

Untuk menyimpan semua kontak ke kartu SIM, silakan buka aplikasi Kontak -> klik menu titik tiga pada sudut atas -> Setelan – > Ekspor -> ke SIM.

Sementara untuk menyimpan ke akun Google, silakan buka Setelan -> Akun & sinkron -> Google -> pilih Akun Google -> Lainnya -> Sinkronkan sekarang.

Sehingga, seluruh kontak akan otomatis tersimpan jika telah memasukkan kartu SIM atau akun Google pada HP baru.

3. Login Akun Google di HP Baru

Langkah selanjutnya, kamu perlu login akun Google ke HP baru menggunakan akun yang sebelumnya digunakan untuk backup di HP lama.

Silakan login melalui aplikasi Pengaturan, Gmail ataupun Play Store. Jika sudah, kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

4. Instal Aplikasi WhatsApp di HP Baru

Setelah mencadangkan chat WhatsApp dan login akun Google, selanjutnya kamu perlu mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp pada HP baru melalui Play Store.

5. Memindahkan WhatsApp ke HP Baru

Selanjutnya, silakan lakukan login ke WhatsApp dan restore chat yang telah dicadangkan melalui Google Drive. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WA, lalu klik Setuju dan lanjutkan.
  • Selanjutnya lakukan login dengan memasukkan nomor WA pada HP lama, lalu klik Lanjut.
  • Kemudian verifikasi nomor WA dengan memasukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS.
  • Lalu berikan perizinan untuk mengakses file dengan klik Lanjutkan -> Izinkan.
  • Selanjutnya kamu akan menemui opsi Pulihan cadangan Google Drive, silakan klik tombol Pulihkan. Lalu tunggu proses pemulihan seluruh chat hingga selesai.
  • Jika sudah, atur nama dan foto profil WhatsApp kamu.
  • Selesai, sekaran kamu sudah berhasil memindahkan WA ke HP baru tanpa kehilangan chat.

Nah, jadi seperti itulah cara memindahkan WA ke HP baru tanpa kehilangan chat dan kontak. Pastikan kamu mengikuti panduan di atas dengan teliti supaya berhasil.

Baiklah, sekian artikel tentang tutorial WhatsApp kali ini. Selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.