Cara Membuat Stiker Telegram Sendiri Menggunakan Bot

0

Inilah Panduan dan Cara Membuat Stiker di Telegram – Saat ini banyak media sosial yang sudah menyediakan fitur membuat stiker, salah satunya adalah Telegram. Namun panduan dan cara untuk membuat stiker di Telegram belum banyak diketahui orang.

Jika kamu tertarik untuk membuat stiker sendiri di Telegram, kamu bisa mengikuti panduan dan langkah berikut ini. Namun sebelum mengetahui rincian lengkap mengenai cara membuat stiker, kamu harus tahu berbagai informasi tersebut.

Perintah Membuat Stiker

Membuat stiker di Telegram berbeda dengan media sosial lain, ada perintah yang harus Anda lakukan agar cara membuat stiker di Telegram dapat dilakukan dengan efisien dan sesuai keinginan. Untuk Telegram, Anda bisa memanfaatkan stiker bot yang tersedia.

Dengan melakukan obrolan bersama stiker bot, Anda bisa membuat stiker dengan beberapa perintah berikut ini, diantaranya:

  • /newpack: perintah untuk membuat set stiker baru.
  • /newmasks: untuk membuat mask baru.
  • /newanimated: membuat stiker bergerak telegram.
  • /addsticker: perintah untuk menambah stiker pada paket stiker yang telah dibuat.
  • /editsticker: perintah untuk stiker bot agar mengubah emoji atau koordinat.
  • /delticker: merupakan perintah untuk menghapus sticker dari set sticker yang sudah ada.
  • /ordersticker: mengatur ulang susunan stiker di dalam set.
  • /delsticker: menghapus suatu sticker dari paket sticker.
  • /publish: perintah yang digunakan untuk merilis set stiker yang sudah dipilih.
  • /cancel: digunakan untuk membatalkan proses pembuatan sticker yang sudah berlangsung.

Bahan File Stiker Telegram

Sebelum membuat stiker Telegram menggunakan bot, kamu perlu menyiapkan bahan atau file gambar yang akan dijadikan stiker. Berikut file yang perlu kamu siapkan:

  • File gambar dengan format .PNG (Portable Network Graphic).
  • Memiliki ukuran 512 x 512 piksel dengan perbandingan 1:1.
  • Ukuran file tidak lebih dari 512 KB.

Untuk membuat membuat gambar dengan format .PNG dan ukuran 512 piksel, kamu bisa melakukan edit foto menggunakan aplikasi seperti PicsArt, PicSay Pro ataupun PixelLab.

Setelah mengetahui rincian mengenai perintah membuat sticker di Telegram beserta file yang diperlukan. Selanjutnya, kamu bisa simak cara membuat sticker di Telegram tanpa aplikasi berikut.

Cara Membuat Sticker di Telegram Menggunakan Bot

Untuk membuat sticker di Telegram tanpa aplikasi, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini, diantaranya:

  1. Cari akun sticker bot melalui pencarian pada sudut atas, kamu bisa mencarinya dengan mengetikkan @sticker.
  2. Kirim pesan atau /newspack, perintah tersebut digunakan untuk membuat stiker baru di Telegram.
  3. Beri nama set untuk sticker tersebut, misalnya dengan memberi nama “X Borg“.
  4. Berikutnya unggah gambar PNG dari sticker yang ingin dibuat melalui menu File, untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan fitur Telegram for Web atau Dekstop untuk proses unggahnya.
  5. Kemudian pilih salah satu emoji yang mewakili paket stiker yang akan diunggah. Kamu bisa memilih beberapa emoji sebagai stiker. Namun tidak disarankan menggunakan lebih dari dua emoji untuk satu sticker.
  6. Kalau kamu sudah puas, kamu bisa merilis stiker tersebut dengan menggunakan perintah /publish.
  7. Cara membuat sticker di Telegram berikutnya adalah membuat sticker dengan icon yang berbeda, kamu bisa mengulang beberapa proses sebelumnya. Atau kamu bisa melakukan melewati langkah ini dengan perintah /skip.
  8. Selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat alamat sticker, tuliskan nama sticker saja, tanpa perlu menggunakan url, misalnya “xborg77“.
  9. Terakhir, bot stiker Telegram akan mengirimkan url dari stiker kamu. Silakan buka url stiker tersebut lalu klik ADD STICKER.
  10. Selesai.

Proses pembuatan sticker di Telegram sudah selesai, kamu bisa menggunakan stiker tersebut untuk berkirim pesan dengan pengguna Telegram yang lain.

Setelah itu, kamu bisa menambahkan stiker lagi pada paket yang telah dibuat menggunakan perintah /addsticker. Untuk mengeditnya, kamu bisa menggunakan /editsticker. Dan apabila kamu ingin menghapusnya, silakan gunakan /delsticker.

Hal yang harus kamu ingat dalam cara membuat sticker di Telegram adalah format file sticker yang dipilih. Kamu harus menggunakan file PNG, bukan JPG, sehingga hasil sticker yang didapatkan lebih rapi.

Latar belakang file gambar juga harus transparan, dengan begitu sticker yang kamu buat akan memberikan finishing yang rapi. Kamu juga dianjurkan untuk menggunakan outline putih agar bisa membuat bayangan.

Demikianlah cara membuat sticker di Telegram yang bisa kamu lakukan, semoga informasi tersebut dapat kamu gunakan untuk membuat sticker di Telegram dengan ringkas dan efisien, selamat mencoba dan berkreasi dengan sticker yang kamu buat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.