8 Cara Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi Penuh

0

Cara membersihkan memori internal HP Xiaomi – Seiring penggunaan HP Android khususnya Xiaomi, tentu banyak file dan aplikasi yang tersimpan di memori intenal. Apabila file yang tersimpan terlalu banyak dan kapasitas memori sudah tidak mencukupi, maka umumnya akan muncul notifikasi ruang penyimpanan hampis habis.

Apabila notifikasi ini sering muncul, tentu sangat disarankan untuk segara mengkosongkan memori internal di HP Xiaomi kamu dan menyisakan ruang setidaknya 1.5GB. Namun apabila hal ini dibiarkan, maka akan menyebabkan berbagai kendala seperti HP semakin lemot dan beberapa aplikasi sistem tidak berfungsi secara normal.

Lalu bagaimana cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis di Xiaomi seperti seri Redmi 4a, 5a dan Redmi 6a?. Nah pada artikel kali ini Teknolalat akan mengulas cara membersihkan penyimpanan Internal HP Xiaomi dan tips agar ruang penyimpanan tidak cepat penuh, yuk langsung cek tutorialnya di bawah ini.

Penyebab Memori Internal HP Xiaomi Penuh

  • Data aplikasi dan game.
  • Data foto dan video.
  • File cache.
  • File thumbnail.
  • Paket aplikasi.

Cara Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi yang Hampir Penuh

Sering kali pengguna HP Xiaomi mengeluh memori penuh padahal aplikasi sedikit, sehingga terganggu dengan notifikasi tulisan ruang penyimpanan hampir habis. Untuk menambah ruang memori, berikut cara mengkosongkan memori internal Xiaomi:

1. Sorting dan Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Cara membersihkan memori internal di HP Xiaomi yang pertama ini cukup mudah, dimana kamu hanya perlu masuk ke pusat aplikasi untuk melihat aplikasi mana yang jarang digunakan dan kemudian menghapus atau uninstal apl tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Setelan atau Setting.
  2. Pilih menu Apl, lalu buka Kelola aplikasi.
  3. Ubah opsi urutan berdasarkan Frekuensi penggunaan.
  4. Scroll ke bawah untuk menentukan aplikasi mana yang jarang digunakan.
  5. Klik aplikasi tersebut dan klik Uninstal di bagian bawah.
Membersihkan memori dengan hapus aplikasi Xiaomi

2. Hapus Cache Aplikasi Sosmed Secara Berkala

Cache merupakan kumpulan data sementara dari suatu aplikasi yang tersimpan di memori internal, bisa berupa gambar ataupun teks. Cache yang menumpuk di HP Xiaomi bisa dikategorikan sebagai file sampah sehingga aman untuk dihapus.

Umumnya cache yang menumpuk banyak ditemui di aplikasi sosial media yang banyak menampilkan gambar atau video seperti aplikasi Browser, Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube. Berikut langkah-langkah membersihkan cache di HP Xiaomi:

  1. Buka Info apl pada aplikasi yang sering digunakan.
  2. Selanjutnya klik Hapus data di sisi bawah.
  3. Lalu klik Bersihkan cache.
  4. Selesai. Silahkan ulangi metode ini pada aplikasi lain yang memiliki banyak cache seperti Browser, Instagram dan aplikasi lainnya.
Membersihkan cache memori internal HP Xiaomi

3. Hapus File Thumbnail yang Menumpuk

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis berikut adalah dengan menghapus file-file thumbnail. Thumnail adalah data review dari suatu file gambar atau video. Data ini berupa gambar dengan ukuran yang lebih kecil dari gambar asli seperti gambar pada kumpulan folder di galeri.

Jika file gambar atau video yang tersimpan semakin banyak, maka file thumbnail ini tentu akan terus menumpuk. Nah berikut langkah-langkah menghapus thumnail di HP Xiaomi:

  1. Pertama silahkan buka aplikasi File Manager bawaan Xiaomi.
  2. Selanjutnya pilih Penyimpanan internal.
  3. Gunakan fitur pencarian dan ketikan kata thumb atau thumbnail.
  4. Tunggu hingga semua pencarian file thumb selesai.
  5. Lalu pilih dan centang semua file thumbnail tersebut.
  6. Terakhir silahkan pilih Hapus di bagian bawah dan tunggu proses penghapusan file thumbnail hingga selesai.

4. Hapus File Cadangan & Media WhatsApp

Cara membersihkan memori internal HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan menghapus file-file dari aplikasi Whatsapp. Cara ini terbilang sangat efektif mengingat file-file WhatsApp berukuran cukup besar seperti file cadangan dan foto maupun video dengan kualitas tinggi.

Untuk menghapus file sampah WhatsApp, kamu bisa cek pada Penyimpanan internal – folder WhatsApp. Selanjutnya kamu bisa menghapus file di dalam folder berikut:

  • Database
  • Media – WhatsApp Stickers.
  • Media – WhatsApp Voice Notes.
  • Media – WhatsApp Animated Gifs – Sent.
  • Media – WhatsApp Audio – Sent.
  • Media – WhatsApp Document – Sent.
  • Media – WhatsApp Images – Sent.
  • Media – WhatsApp Stickers – Sent.
  • Media – WhatsApp Video – Sent.

5. Pindahkan File ke SD Card

Secara default Android akan menyimpan file yang telah diunduh dan file kamera ke penyimpanan internal. Tak heran jika banyak data yang tersimpan dan menyebabkan memori interal HP Xiaomi cepat habis. Silahkan cek file penting seperti dokumen dan foto pada folder Download dan DCIM.

Jika ingin mengkosongkan penyimpanan tanpa kehilangan data, maka kamu bisa memindahkan file-file dari memori internal ke kartu memori eksternal. Caranya silahkan pilih file yang ingin dipindahkan, lalu klik menu Pindah atau Cut dan Tempel file tersebut ke memori ekstenal.

6. Hapus Paket Aplikasi yang Sudah Terinstal

Tak hanya mendownload melalui Play Store dan GetApps, pengguna HP Xiaomi juga dapat menginstal file APK secara manual bahkan dari sumber tak dikenal. Umumnya menginstal file APK secara manual dikarena aplikasi tersebut tidak tersedia di Play Store atau ingin menggunakan versi mod.

Setelah menginstal aplikasi secara manual, maka paket aplikasi seperti APK dan XAPK tidak akan terhapus. Nah agar ruang penyimpanan tidak penuh karena paket aplikasi yang menumpuk, maka sangat disarankan untuk menghapusnya secara terinstal di HP Xiaomi kamu.

7. Menggunakan Aplikasi Pembersih Bawaan Xiaomi

Aplikasi Pembersih Memori Internal Xiaomi

Perangkat Xiaomi memiliki aplikasi cleaner bawaan dari MIUI. Aplikasi pembersih ini akan secara otomatis mendeteksi dan membersihkan file sampah yang menyebabkan ruang penyimpanan penuh. Untuk penggunaan aplikasi ini kamu cukup tunggu proses scanning dan klik tombol Bersihkan.

Namun aplikasi pembersih bawaan ini terbilang belum efektif untuk membersihkan ruang penyimpanan yang hampir habis di HP Xiaomi. Sehingga menghapus file sampah yang menumpuk secara manual tentu akan lebih efektif untuk mengosongkan memori internal.

8. Reset ke Pengaturan Pabrik

Dan cara membersihkan memori internal HP Xiaomi yang terakhir adalah dengan mereset ke pengaturan awal atau factory reset. Jika dirasa perangkat sudah mengalami penurunan performa yang signifikan dan sering terjadi error, maka reset pabrik kemungkinan besar dapat mengatasi masalah ini.

Dengan reset ke pengaturan pabrik, maka seluruh data atau file yang tersimpan di memori internal akan terhapus secara permanen, sehingga sangat disarankan untuk mencadangkan file penting sebelum melakukan reset. Berikut cara reset HP Xiaomi:

  1. Buka menu Setelan atau Setting.
  2. Selanjutnya buka Tentang telepon.
  3. Lalu pilih Cadangkan & setel ulang.
  4. Scroll ke bawah dan buka Hapus semua data (reset ke pabrikan).
  5. Setelah itu klik Hapus semua data dan konfirmasi penghapusan dengan memasukkan sandi.
  6. Terakhir tunggu proses reset pabrik hingga HP Xiaomi kembali menyala.

Nah, itulah ulasan mengenai cara membersihkan memori internal HP Xiaomi. Tentunya metode diatas dapat diterapkan pada berbagai HP Xiaomi Redmi untuk membersihkan ruang penyimpanan hampir habis. Baiklah sekian saja artikel singkat ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.