Cara Melihat Sisa RAM di HP Xiaomi Penuh atau Tidak

0

Cara melihat RAM HP Xiaomi – RAM merupakan salah satu media penyimpanan pada smartphone, RAM berfungsi menyimpan data secara sementara. Biasanya RAM akan menyimpan data dari program atau aplikasi yang sedang kamu jalankan.

Tentunya memiliki smartphone dengan kapasitas RAM yang besar akan sangat direkomendasikan, sebab kamu dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus atau multitasking dengan lancar.

Bagi pengguna smartphone Android khususnya Xiaomi, mungkin pernah mengalami masalah seperti lag dan lemot saat membuka beberapa aplikasi. Hal ini bisa dikarenakan kapasitas RAM di HP Xiaomi kamu sudah penuh.

Untuk itu kamu perlu mengecek RAM HP Xiaomi dan menutup aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Namun bagi kamu yang belum mengetahui cara cek memori di Xiaomi, kali ini Teknolalat akan membagikan cara melihat RAM HP Xiaomi, berikut tutorialnya.

Cara Melihat Sisa RAM di HP Xiaomi

Cara melihat RAM yang terpakai di HP Xiaomi ini dapat kamu terapkan khususnya di MIUI 11 dan juga MIUI 12. Nah, berikut langkah-langkah cek pemakaian RAM HP Xiaomi Redmi:

  • Langkah pertama, silakan buka Setelan atau Pengaturan.
  • Kemudian buka menu Layar Utama.
  • Selanjutnya, scroll ke bawah dan aktifkan opsi Tampilkan status memori.
  • Setelah itu, kamu sudah dapat melihat sisa RAM HP Xiaomi dengan menekan navigasi tombol recent.
  • Lalu sisa RAM akan terlihat pada bagian kanan atas.

Itulah cara mengetahui sisa RAM di HP Xiaomi yang sudah terpakai, bagaimana mudah bukan?. Sekarang pemakaian RAM di smartphone Xiaomi akan selalu muncul hanya dengan menekan tombol recent atau navigasi paling kiri.

Membersihkan RAM HP Xiaomi

Setelah mengulas cara melihat sisa RAM di HP Xiaomi, di sini Teknolalat juga akan membagikan tips untuk membersihkan RAM supaya smartphone Xiaomi kamu tidak gampang lemot.

Berikut cara membersihkan RAM di HP Xiaomi:

1. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Langkah paling simpel untuk membersihkan RAM di Xiaomi adalah menggunakan aplikasi pembersih RAM. Aplikasi ini umumnya sudah terinstal sebagai aplikasi bawaan, kamu dapat menemui pembersih RAM ini di home screen dengan icon sapu.

Jika aplikasi pembersih ini tidak ada di home screen, kamu bisa menambahkannya secara manual. Caranya tekan dan tahan tombol recent -> Widget -> pilih Pembersih.

Cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah, kamu cukup tekan aplikasi pembersih RAM ini dan secara otomatis aplikasi ini akan membersihkan penggunaan memori sehingga perangkat dapat berjalan lebih lancar.

2. Tutup Manual Aplikasi Jika Tidak Digunakan Kembali

Selain menggunakan aplikasi pembersih RAM, kamu juga bisa mengosongkan RAM HP Xiaomi dengan menutup aplikasi satu-persatu. Apabila kamu keluar dari aplikasi menggunakan tombol kembali, maka kemungkinan aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang.

Agar RAM HP Xiaomi tidak semakin sesak, tentunya kamu harus menutup aplikasi tersebut. Caranya tekan tombol recent, lalu kamu dapat melihat beberapa aplikasi yang masih berjalan, untuk menutupnya, geser aplikasi tersebut ke samping atau melalui tombol (X).

3. Uninstal Aplikasi yang Sering Berjalan di Background

Tak hanya penyimpanan internal saja yang penuh, banyaknya aplikasi yang terinstal juga dapat membuat RAM cepat penuh. Oleh sebab itu, kamu perlu mencopot aplikasi yang sering berjalan di background namun sudah jarang digunakan.

Baiklah, sekian informasi tentang cara melihat sisa RAM HP Xiaomi dan beberapa tips membersihkan RAM ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.