3 Cara Instal Driver Wifi di Windows 10 Paling Mudah

0

Cara instal driver Wifi di Windows 10 dapat dilakukan dengan beberapa metode. Mulai dari menginstalnya langsung melalui Device Manager hingga menggunakan aplikasi tambahan.

Bagi kamu yang baru menginstal ulang Windows 10 di laptop maupun komputer, maka perlu menginstal beberapa driver penting, salah satunya adalah driver adapter Wifi.

Nah, pada kesempatan kali ini Teknolalat akan membagikan paduan cara instal driver Wifi di Windows 10 dengan beberapa metode, yaitu online dan juga offline tanpa internet. Jadi, langsung saja cek tutorialnya di bawah ini…

Cara Instal Driver Wifi di Windows 10

Driver adalah perangkat lunak yang dirancang agar sistem operasi dapat berkomunikasi dengan perangkat keras. Apabila driver belum terinstal, tentu perangkat keras tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Tak terkecuali pada driver Wifi, agar perangkat laptop atau komputer bisa menerima sinyal Wifi dengan baik, maka pastikan driver Network Adapter telah terinstal. Berikut cara menginstal driver Wifi di Windows 10:

1. Menggunakan 3DP Net

3DP Net merupakan software instalasi driver wifi yang dikembangkan oleh 3dpchip. Software ini berfungsi untuk memasang driver Wifi di Windows 7, 8 hingga Windows 10 secara otomatis dan tentunya offline.

Aplikasi 3DP Net memiliki lisensi freeware yang artinya dapat digunakan secara gratis. Dalam penggunaannya, aplikasi ini memiliki tampilan yang simple sehingga sangat mudah dipahami.

  1. Unduhnya 3DP Net melalui tautan Berikut.
  2. Jika sudah, silakan instal aplikasinya seperti biasa.
  3. Buka 3DP Net, lalu di bagian bawah silakan klik tombol “+” Plus untuk melihat driver yang ada.
  4. Lalu klik 2x pada drivernya untuk melakukan instalasi driver Wifi.

Selain untuk menginstal driver Wifi, 3DP chip juga dapat dipakai untuk menginstal driver dari LAN adapter. Namun, beberapa seri verdor memiliki permasalahan driver tidak ditemukan, sehingga kamu bisa mencoba metode kedua.

2. Menggunakan DriverPack

DriverPack merupakan software paket driver yang mensupport berbagai tipe perangkat dan juga vendor. Driverpack kerap dipakai oleh pengguna setelah melakukan instalasi Windows pada laptop maupun komputer.

Software ini akan mencarikan driver yang dibutuhkan oleh perangkat secara otomatis, seperti VGA card, Sound, Mouse Pad dan lainnya. Sehingga pengguna lebih mudah dalam instalasi driver.

  1. Pertama, silakan unduh DriverPack versi online atau offline Disini.
  2. Jalankan Software DriverPack, lalu lakukan scan.
  3. Unduh dan instal driver yang direkomendasikan khususnya Network adapter wifi.
  4. Jika sudah, silakan restart laptop atau komputer yang kamu gunakan.

3. Melalui Website Resmi

Hampir semua brand laptop terkenal sudah menyediakan halaman khusus untuk menguduh driver. Jadi kamu bisa menguduh driver yang kompatibel di situs resmi sesuai dengan tipe yang kamu pakai.

Setelah itu kamu bisa menginstal driver Wifi di Windows 10 secara manual. Nah, untuk lebih lengkapnya, silakan simak langkah-langkah cara instal driver Wifi Windows 10 secara offline berikut ini:

  1. Kunjungi situs dari brand laptop yang kamu gunakan (Acer, Asus, Lenovo, HP)
  2. Cari driver Wifi yaitu Networking berdasarkan tipe laptop dan juga seri Windows.
  3. Kemudian download driver tersebut.
  4. Instal driver Wifi, lalu restart perangkat.

Itulah tutorial cara instal driver Wifi di Windows 10 di laptop ataupun komputer. Kamu bisa mencoba beberapa metode di atas untuk menginstal driver Wireless Adapter yang bermasalah.

Baiklah, sekian artikel singkat tentang tutorial kali ini, semoga bisa bermanfaat. Apabila terdapat kendala atau langkah-langkah instal driver Wifi Windows 10 yang kurang jelas, silakan komen di bawah.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.