3 Cara Download Play Store di Laptop dan Aplikasinya

0

Cara download Play Store di Laptop – Google Play Store merupakan platform distribusi aplikasi untuk perangkat Android. Di Play Store kamu dapat mengunduh berbagai macam aplikasi, game, musik, film, buku dan konten Android terbaru lainnya secara gratis maupun berbayar.

Google Play Store sudah tersedia sebagai aplikasi bawaan untuk sebagian besar smartphone Android, sehingga kamu tidak perlu menginstalnya secara manual. Kamu cukup buka aplikasi Play Store, login akun Google dan bisa mengunduh berbagai aplikasi di dalamnya.

Banyaknya aplikasi penting di Play Store membuat pengguna laptop juga ingin menggunakannya. Namun sayangnya aplikasi Google Play Store ini tidak tersedia untuk perangkat laptop dengan sistem operasi Windows 7, 8 maupun Windows 10.

Lalu apakah bisa instal dan mendownload aplikasi Play Store di laptop?. Nah, pada artikel ini Teknolalat akan membahas cara mendownload Play Store di laptop untuk menjalakan aplikasi Android APK, yuk langsung saja simak di bawah ini.

Cara Download Play Store di Laptop

Untuk panduan cara download aplikasi Play Store di laptop kali ini ini menggunakan tiga cara yaitu melalui emulator, tanpa emulator dan aplikasi alternatif untuk mengunduh aplikasi yang umumnya tersedia di Play Store.

1. Menggunakan Emulator

Cara mendownload Play Store di laptop yang pertama dapat kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan yaitu emulator. Aplikasi emulator ini akan berjalan di atas Windows, sehingga kamu bisa membuka aplikasi Android dan Windows secara bersamaan.

Berikut langkah-langkah download Play Store di laptop:

  1. Langkah pertama silakan unduh emulator LDPlayer melalui link berikut.
  2. Selanjutnya buka LDPlayer yang telah diunduh, lalu klik Install.
  3. Tunggu proses download data dan instalasi LDPlayer hingga selesai, ukuran datanya sekitar 400MB.
  4. Setelah download dan instal selesai, silakan klik Start.
  5. Pada tampilan utama LDPlayer, kamu bisa langsung membuka Google Play Store pada menu System Apps.
    buka aplikasi google play store
  6. Terakhir login Play Store menggunakan akun Google atau Gmail yang sudah kamu miliki.
    login aplikasi play store
  7. Selesai.

Selain LDPlayer, masih banyak emulator lain yang bisa kamu instal di laptop seperti Bluestacks, Nox Player, MEmu Play dan Gameloop. Untuk dapat menjalakan emulator di laptop dengan lancar, maka kamu memerlukan spesifikasi laptop yang mumpuni khususnya di bagian prosesor.

Apabila spesifikasi kurang, maka akan membuat emulator lemot dan bahkan sistem operasi Windows akan ikut lemot karena terbebani oleh emulator. Untuk bisa memaksimalkan performa emulator, pastikan kamu mengaktifkan Vitualisasi (VT) melalui BIOS.

2. Menggunakan OS Android x86 Tanpa Emulator

Cara mendownload Play Store di laptop juga dapat dilakukan melalui sistem operasi Android khusus perangkat laptop atau komputer, sistem operasi tersebut adalah Android x86. Berbeda dengan emulator, Android x86 memiliki boot sendiri dan tidak berjalan di atas Windows.

Varian OS Android x86 sendiri cukup beragam dan salah satu yang paling direkomendasikan adalah Phoenix OS. Untuk proses instalasi Phoenix OS ini yang cukup panjang, jadi kamu bisa langsung kujungi halaman cara instal Phoenix OS.

Setelah berhasil menginstal Phoenix OS, kamu bisa membuka Play Store dan mendownload berbagai aplikasi Android. Kelebihan Android x86 ini lebih ringan dibandingkan menggunakan emulator, namun Android x86 kurang kompatibel untuk perangkat tertentu dan juga sering terjadi bug.

3. Download Aplikasi di Microsoft Store

Jika Play Store merupakan toko aplikasi Android dan App Store untuk iOS, maka Windows juga memiliki toko aplikasinya sendiri yang bernama Microsoft Store. Bagi pengguna Windows 10, aplikasi Microsoft Store ini sudah tersedia setelah instalasi Windows.

Di Microsoft Store kamu bisa langsung mendownload aplikasi dengan mudah tanpa perlu ribet menginstal emulator atau OS Android. Banyak aplikasi dan game yang tersedia di Microsoft Store yang juga umum ditemukan di Play Store.

Nah, berikut langkah-langkah mendownload aplikasinya:

  1. Buka Microsoft Store yang biasanya terletak pada taskbar atau bisa melalui fitur pencarian.
  2. Setelah terbuka, pilih aplikasi yang ingin kamu instal, misalkan WhatsApp.
    pilih aplikasi di microsoft store
  3. Lalu klik tombol Install atau Get pada sudut kanan atas untuk mulai mendownload aplikasinya.
    instal aplikasi di microsoft store
  4. Jika muncul tab login, silakan login menggunakan akun Microsoft atau bisa tutup saja tab tersebut. Lalu proses download akan kembali berjalan.
  5. Setelah berhasil terinstal, silakan klik tombol Launch untuk menjalankan aplikasinya.
  6. Selesai.

Itulah tutorial cara download Play Store di laptop maupun komputer dengan tiga cara, yaitu dengan emulator dan juga tanpa emulator. Google Play Store memang menjadi salah satu platform populer untuk mengunduh aplikasi, sehingga tak heran banyak pengguna yang memilih untuk instal aplikasi melalui Play Store.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.