2 Cara Cek Kesehatan Baterai HP Xiaomi MIUI 11 12

0

Cara cek kesehatan baterai Xiaomi – Baterai menjadi salah satu komponen smartphone Xiaomi yang sering bermasalah atau rusak. Kerusakan pada baterai ini bisa terjadi karena umur baterai yang sudah lama serta faktor penggunaan smartphone yang kurang tepat.

Untuk cek baterai Xiaomi masih bagus atau tidak, maka langkah umumnya adalah melihat secara fisik. Namun kebanyakan smartphone terbaru telah menggunakan desain non-removable battery atau dikenal sebagai baterai tanam. Hal ini membuat pengguna kesulitan untuk cek baterai secara fisik.

Selain cek secara fisik, kamu juga bisa mengetahui kesehatan baterai tanam Xiaomi melalui software. Nah, pada artikel kali ini Teknolalat akan mengulas bagaimana cara cek battery health HP Xiaomi dengan mudah, yuk langsung saja cek pembahasannya di bawah ini.

Ciri-ciri Baterai HP Xiaomi Bermasalah

Sebelum menuju tutorial cara mengecek baterai Xiaomi yang masih normal atau sudah rusak, kamu perlu mengetahui beberapa hal umum yang menandai baterai Xiaomi sudah bermasalah. Berikut ciri baterai HP Xiaomi kamu sudah rusak atau mulai bermasalah:

  • Baterai cepat penuh dan juga cepat habis.
  • Kondisi baterai kembung hingga bodi smartphone terangkat.
  • Proses pengecasan lama.
  • Smartphone langsung mati ketika charger dilepas.
  • Dan smartphone mati padahal indikator baterai masih banyak sekitar 30%-50%.

Mengetahui kondisi baterai menjadi salah hal penting supaya kamu dapat mengetahui apakah baterai di HP Xiaomi kamu masih layak digunakan atau perlu diganti. Berikut beberapa metode cara melihat kesehatan baterai HP Xiaomi MIUI 11 12.

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi dengan AccuBattery

AccuBattery merupakan aplikasi yang digunakan untuk memonitoring dan mengoptimalkan baterai perangkat Android. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengetahui kapasitas, suhu dan kesehatan baterai Xiaomi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download dan instal aplikasi AccuBattery melalui Google Play Store.
  2. Kemudian habiskan daya baterai HP Xiaomi kamu hingga 0%.
  3. Lalu charging HP Xiaomi dan silakan nyalakan kembali.
  4. Tunggu hingga baterai terisi penuh hingga 100% dan pastikan juga AccuBattery telah berjalan.
  5. Setelah itu silakan buka aplikasi AccuBattery dan pilih menu Health. Nah, disini kamu dapat mengetahui kapasitas dan kesehatan baterai HP Xiaomi.
Cara Cek Kesehatan Baterai HP Xiaomi AccuBattery

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi dengan Kode Dial

Selain menggunakan metode di atas, kamu juga bisa memanfaatkan kode dial untuk cek baterai smartphone Xiaomi tanpa perlu mendownload aplikasi tambahan. Nah, berikut langkah-langkah cara cek kesehatan baterai di HP Xiaomi MIUI 11:

  1. Pertama silakan buka aplikasi telepon.
  2. Selanjutnya ketik *#*#4636#*#* atau *#*#63664#*#*.
  3. Lalu tekan tombol panggil.
  4. Kemudian buka menu Battery.
  5. Setelah itu kamu dapat melihat informasi seperti indikator, status charging hingga kondisi kesehatan baterai. Apabila baterai dalam kondisi bagus maka akan tertulis Good atau Baik.

Tips Menjaga Kesehatan Baterai HP Xiaomi

Setelah mengetahui cara mengecek kesehatan baterai di Xiaomi, berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan baterai smartphone Xiaomi supaya tidak mudah drop.

  • Selalu gunakan charger original Xiaomi.
  • Jangan melakukan pengisian daya ketika perangkat dalam kondisi panas.
  • Jangan menggunakan smartphone saat pengisian daya, khususnya untuk bermain game.
  • Lakukan pengisian daya sebelum baterai habis atau menunjukkan indikator 0%.
  • Segera copot charger ketika baterai sudah penuh atau menunjukkan indikator 100%. Hal ini berlaku meskipun perangkat sudah memiliki fitur auto cut charge.

Itulah ulasan mengenai cara cek kesehatan baterai HP Xiaomi dengan mudah melalui aplikasi tambahan dan tanpa aplikasi tambahan. Kondisi baterai memang sangat perlu diperhatikan mengingat fungsi baterai sebagai suplai daya utama dari smartphone.

Dengan kondisi baterai smartphone yang baik tentu akan membuat kinerja smartphone menjadi optimal, sebaliknya jika kondisi baterai rusak maka akan sangat mengganggu kinerja smartphone. Baiklah sekian saja artikel singkat ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.