2 Cara Buat Dynamic Island di Xiaomi Terbaru 2022

0

Dynamic Island menjadi fitur baru yang tengah tren saat ini pada ponsel iPhone. Fitur ini baru diperkenalkan pada dua seri terbaru yaitu iPhone 14 Pro serta 14 Pro Max. Dynamic Island hadir sebagai pengganti desain poni punch hole yang menampung kamera depan pada seri iPhone sebelumnya yang tentunya jadi inovasi canggih dan lebih praktis.

Meskipun pada dasarnya fitur ini hanya dibenamkan pada seri iPhone 14 Pro serta iPhone 14 Pro Max, namun pengguna ponsel Android juga bisa menikmati fitur layaknya Dynamic Island melalui aplikasi khusus.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk membuat Dynamic Island di ponsel Android khususnya Xiaomi. Yuk, langsung saja simak lebih lanjut pembahasan cara buat fitur Dynamic Island di HP Xiaomi berikut ini.

Tentang Dynamic Island

Dynamic Island adalah istilah dari Apple untuk fitur toggle yang berada di sisi atas layar iPhone 14 Pro dan juga 14 Pro Max. Dynamic Island sama seperti halnya status bar pada umumnya yang bisa menampilkan notifikasi ataupun aktivitas aplikasi. Bedanya, fitur ini memiliki kemampuan adaptive untuk menyesuaikan bentuk sesuai aktivitas yang ditampilkan.

Secara desain, Dynamic Island berbentuk lonjong seperti pil berwarna hitam yang dapat menyamarkan kamera depan TrueDepth. Fitur ini juga bisa memudahkan pengguna untuk berinteraksi atau mengelola sejumlah aplikasi secara lebih praktis.

Contohnya, pengguna dapat mengontrol musik, mengelola peta, menjawab dan menutup panggilan dan aktivitas lain. Dengan Dynamic Island, pengguna tak perlu lagi membuka aplikasi dan hanya perlu mengontrolnya melalui Dynamic Island.

1. Cara Buat Dynamic Island Xiaomi dengan DynamixSpot

Bagi kamu yang ingin mencoba fitur Dynamic Island di Xiaomi, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi Dynamic Spot yang akan membuat ponsel Xiaomi kamu layaknya iPhone 14 Pro. Berikut tutorial cara buat Dynamic Island di Xiaomi:

  1. Pertama, silakan download dan instal aplikasi dynamicSpot melalui Google PlayStore.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi dynamicSpot & pilih aplikasi yang diinginkan muncul di fitur Dynamic Island.
  3. Lanjut ke “Akses pemberitahuan” dan berikan izin aplikasi “dynamicSpot” untuk mengakses notifikasi di ponsel kamu.
  4. Berikutnya, klik Gambar di layar atau Draw on Screen » pilih tombol “Berikutnya”. Pada bagian Umum, klik “Aplikasi yang didownload”.
  5. Lalu pilih dynamicSpot » aktifkan opsi “Gunakan dynamicSpot”.
  6. Selesai, sekarang fitur DynamicSpot sudah dapat difungsikan pada ponsel Xiaomi kamu.

Pada aplikasi dynamicSpot, kamu juga bisa melakukan kustomisasi tampilan Dynamic Island yang diinginkan melalui menu “Popup Setting”. Namun, untuk mendapatkan fitur Dynamic Island yang sangat mirip dengan iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max, kamu perlu berlangganan ke versi premium.

2. Cara Buat Dynamic Island Xiaomi dengan Dynamic Notification

Sebagai alternatif, kamu juga bisa membuat Dynamic Island di HP Xiaomi dengan aplikasi yang bernama Dynamic Notification APK. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download dan instal aplikasi Dynamic Island melalui Google Play Store.
  2. Selanjutnya, buka aplikasinya dan pada bagian Dashboard silakan klik tombol “Turn On”.
  3. Lalu akan muncul menu pop-up “Accessibility” » klik tombol Oke.
  4. Setelah itu pada bagian Umum, klik menu “Aplikasi yang didownload” » klik opsi Dynamic Notification.
  5. Kemudian aktifkan opsi “Gunakan Dynamic Notification” dan akan muncul konfirmasi » klik “Oke”.
  6. Kembali ke bagian “Dashboard” » klik pada opsi “Notification”.
  7. Terakhir, klik tombol “Turn On” pada bagian Notification sampai fitur Dynamic Island sudah menyala.
  8. Apabila muncul “Permission”, silakan klik “Oke” dan berikan perizinan akses notifikasi untuk “Dynamic Notification”.

Setelah semua fitur pada aplikasi Dynamic Island diaktifkan, maka akan muncul animasi notifikasi setiap memutak lagu dari Spotify, memperoleh notifikasi dari sosmed, alarm berbunyi, melakukan charging baterai dan lainnya sebagainya.

Jiak kamu menekan notifikasi yang muncul pada Dynamic Island, maka ukuran Dynamic Island akan jadi lebih besar dan bisa menampilkan informasi yang lebih lengkap sesuai aplikasi yang kamu buka.

Namun, perlu kamu perhatikan, aplikasi ini akan terlihat berfungsi dengan baik pada ponsel Xiaomi yang memiliki desain punch hole di sisi tengah. Jika punch hole berada di sisis kiri ataupun kanan, maka bentuk Dynamic Island tidak akan mengikuti posisi punch hole.

Nah, jadi itulah pembahasan cara membuat Dynamic Island di HP Xiaomi dengan 2 metode atau aplikasi yang berbeda. Sekian artikel tentang tutorial Android kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan komen