5 Aplikasi Terbaik untuk Mengedit Foto Android & iOS

0

Pada zaman yang serba canggih ini, media sosial menjadi platform terbesar masyarakat untuk mengekspresikan diri.  Maka dari itu, penggemar media sosial pasti ingin menunjukkan foto yang terbaik untuk diunggah pada online platform seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Selain itu, dengan adanya smartphone juga sangat memudahkan masyarakat dalam berinteraksi di media sosial.

Namun, foto yang kita ambil  terkadang terasa tidak memuaskan, entah karena pencahayaan yang kurang, angle yang kurang pas, atau warna yang kurang tajam. Permasalahan itu sering kali membuat kita jadi enggan untuk meng-upload foto tersebutke media sosial karena terkesan tidak estetik.

Tidak perlu khawatir, masalah itu dapat teratasi dengan mudah cukup hanya menggunakan aplikasi pengedit foto. Dengan kemudahan ini, kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut pada ponsel dan setelah itu edit foto yang ingin kamu ubah. Bahkan beberapa aplikasi edit foto menyediakan fitur layanan gratis tanpa harus menggunakan kuota. Sangat canggih, bukan?

Berikut ini adalah rangkuman kami tentang 5 aplikasi pengedit foto terbaik untuk Android dan iOS:

1. Aplikasi PhotoDirector

Aplikasi ini sudah dikenal oleh orang-orang yang berkecimpung dalam dunia fotografi. Hal ini karena foto yang dihasilkan terlihat berkualitas sehingga sering digunakan oleh kalangan pemula dalam fotografi sampai profesional. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan oleh pengguna Android dan iOS.

Dilengkapi dengan tambahan fitur dan tools yang menarik sehingga bisa kamu edit secara manual, seperti slider HSL, white balance, saluran warna RGB, pengatur tingkatan kontras, brightness, tone, dan exposure. Dengan mengedit secara manual, kamu bisa lebih mudah dan leluasa dalam mempercantik foto.

2. Adobe Photoshop Lightroom

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Berbeda dengan software Adobe Lightroom untuk PC, Adobe Photoshop Lightroom ini jauh lebih mudah untuk digunakan. Aplikasi ini membuat hasil editan pada foto jauh lebih halus dan tajam, serta memiliki keunggulan untuk menghapus objek yang mengganggu pada foto sehingga membuat hasil foto jauh lebih sempurna.

Selain itu, Adobe Photoshop Lightroom memiliki berbagai macam filter yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik foto. Kamu juga tidak perlu merasa khawatir akan kekurangan memory karena aplikasi ini menyediakan ruang penyimpanan yang mencapai 1TB.  Adobe Photoshop Lightroom bisa menjadi salah satu aplikasi edit foto terbaik yang kamu miliki.

3. Aplikasi VSCO

Aplikasi yang satu ini juga termasuk ke dalam aplikasi edit foto terbaik yang populer. VSCO memiliki banyak preset yang bisa mengubah banyak spektrum warna dan filter untuk mengedit foto.

Aplikasi ini juga bisa memudahkan kamu untuk langsung mengambil foto dan langsung mengeditnya di sana. Memiliki banyak efekgratis yang bisa mengubah foto kamu menjadi jauh lebih artistik, VSCO juga menawarkan beberapa efekberbayar yang bisa kamu coba seperti B1-B3 (black and white classic).

Meskipun pada awalnya VSCO hanya bisa digunakan bagi pengguna iOS, saat ini  pengguna Android  juga bisa ikut menikmati aplikasi ini. Banyak orang menyukai VSCO karena memiliki hasil desain yang elegan dan memanjakan mata, memiliki efek yang unik, dan pengguna bisa dengan mudah menggunakan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

4. InShot

Kepopuleran aplikasi InShot di masyarakat memang tidak perlu diragukan lagi. Kemudahan yang di dapatkan oleh pengguna pada aplikasi inisangat cocok untuk pemula yang ingin belajar mengedit foto. Selain memiliki fitur yang cukup lengkap untuk mengedit foto seperti menambahkan teks, menghapus dan mengganti warna background, aplikasi ini juga bisa memudahkan kamu untuk mengedit video.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di ponsel dengan mengunduhnya lewat Google Play Store. Jika pengguna menggunakan Android dan bisa didapatkan lewat Apple Store bagi pengguna iOS.

5. Unfold

Penggemar Instagram pasti tidak asing lagi dengan fitur Instagram Stories yang memudahkan pengguna untuk membagikan kegiatan sehari-hari. Unfold adalah aplikasi yang cocok bagi kamu yang menyukai dan menginginkan estetika foto pada Instagram Stories. Dilengkapi dengan fitur ratio, kamu bisa sesuaikan sendiri dengan ukuran Instagram Stories.

Aplikasi ini digemari karena juga memiliki kelebihan untuk mengolase foto dan video sehingga menciptakan hasil editan yang bagus, menarik, dan kekinian. Selain itu, kelebihan lain dari aplikasi ini adalah memiliki ruang penyimpanan yang cukup ringan sehingga tidak akan memakan banyak tempat dan memenuhi storage kamu.

Saat ini, memiliki foto yang indah dan cantik tidak selalu menggunakan kamera bagus yang mahal harganya. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi seperti di atas, kamu juga bisa memiliki foto indah yang punya kualitas serupa dengan kamera mahal, cukup dengan menggunakan ponsel. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komen