√ 8 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome, Ampuh Atasi Lemot - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome
Cara mempercepat jaringan Indihome - Di masa kini internet telah menjadi kebutuhan utama hampir semua orang. Koneksi internet yang stabil bisa mempermudah beragam aktivitas. Begitu pun sebaliknya, apabila koneksi internet bermasalah dapat mengganggu dan menghambat kegiatan. 

Bagi kamu pengguna jaringan internet Indihome, mungkin sering mengalami masalah jaringan yang lemot dan ping yang tidak stabil. Nah pada artikel ini Teknolalat akan membagikan tips dan cara mempercepat koneksi Indihome, yuk langsung simak di bawah ini.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome

1. Melakukan Restart Modem

Ada kalanya koneksi internet menjadi lemot akibat modem yang telah dinyalakan terus-menerus dalam waktu lama. Oleh karena itu, salah satu cara mempercepat Wifi Indihome adalah dengan restart modem. Tujuannya untuk mencegah modem mengalami overheat yang berdampak pada terkendalanya koneksi internet.

Setelah modem direstart, coba nyalakan kembali dan periksa apakah ada perbedaan kecepatan dengan sebelumnya. Apabila restart belum berhasil, coba istirahatkan sejenak modem Indihome kamu sampai tidak terlalu panas. Usai beberapa lama, barulah nyalakan lagi dan lihat perbedaan kecepatannya.

2. Mengganti DNS

Cara Mempercepat Wifi Indihome - Ganti DNS

Cara mempercepat koneksi Wifi Indihome lainnya ialah dengan mengganti DNS melalui aplikasi smartphone. DNS merupakan kependekan dari Domain Name System yang bekerja dengan cara mengubah permintaan hostname kepada nomor IP tertentu. DNS bertanggung jawab untuk memetakan hostname menuju alamat IP spesifik.

Kamu dapat memilih berbagai jenis DNS yang bisa dioperasikan secara gratis, misalnya DNS Google (8.8.8.8) atau DNS milik Cloudfare (1.1.1.1). Perubahan DNS sangat mungkin membantu percepatan koneksi internet agar lebih stabil. Bagi pengguna smartphone, kamu bisa mengunduh aplikasi pengubah DNS ini melalui layanan Playstore.

3. Upgrade Layanan Indihome

Cara mempercepat Wifi Indihome selanjutnya yaitu dengan mengupgrade layanan Indihome. Sebagai contoh, jika sebelumnya kamu menggunakan layanan berkecepatan 10 MB dan ingin mendapatkan internet lebih cepat.

Maka kamu bisa melakukan upgrade kecepatan internet menjadi 20 MB atau lebih tinggi. Namun dengan konsekuensi terbesar pada sisi biaya, karena berarti tagihan bulanan Indihome kamu akan memakan budget lebih.

4. Memeriksa Pengguna Wi-Fi

Cara mempercepat Wifi Indihome - Periksa pengguna wifi

Cara mempercepat jaringan Wifi Indihome lainnya yakni dengan memeriksa pengguna jaringan WiFi. Biasa jadi faktor penyebab koneksi internet lemot adalah karena terlalu banyak perangkat yang tersambung. 

Jadi, bukalah menu router kamu kemudian cek perangkat apa saja yang terhubung ke jaringan Indihome kamu. Biasanya ditampilkan dalam bentuk DHCP Clients List. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pada artikel cara mengetahui pengguna wifi Indihome.

5. Membersihkan File internet Sementara

File internet sementara disebut juga dengan istilah temporary internet file. Setiap kali kamu menjelajah internet, akan ada file cache dihasilkan oleh bermacam-macam situs yang telah dikunjungi. Apabila cache ini berkumpul dalam waktu lama, berpotensi mempengaruhi koneksi internet karena terbebani file ‘sampah’.

Oleh karena itu, agar bisa mempercepat koneksi Indihome kamu harus menghapus file cache tersebut. Kamu bisa menggunakan aplikasi cleaner pada perangkat yang digunakan. Misalnya kamu menggunakan smartphone Android, maka gunakan cleaner pada HP tersebut. Demikian pula saat menggunakan PC atau laptop.      

6. Menggunakan VPN

Cara mempercepat Wifi Indihome - Gunakan vpn

Tidak hanya berfungsi untuk membuka situs / aplikasi yang diblokir, ternyata VPN juga dapat mempercepat koneksi Indihome. Cara kerjanya adalah VPN mengarahkan koneksi jaringan pada server tertentu. Biasanya server yang paling banyak dipilih adalah di Singapura karena lebih cepat. 

Namun kamu harus berhati-hati dalam menggunakan VPN agar tidak terjadi potensi terburuk seperti kebocoran data dan sebagainya. Indihome merupakan penyedia jaringan internet yang telah memiliki banyak pengguna. Tetapi jika memakai VPN dan terjadi kebocoran data, itu sudah di luar tanggung jawab Indihome.

7. Menggunakan TCP Optimizer

Cara mempercepat koneksi internet Indihome bisa juga dengan menggunakan TCP Optimizer yang berfungsi melakukan perubahan pada setting koneksi komputer. Aplikasi ini dapat mempercepat koneksi internet dengan optimalisasi pada modify all network. Setelah itu, aplikasi akan bekerja secara otomatis mengoptimalkan koneksi internet.

TCP Optimizer harus diunduh dan diinstal terlebih dahulu pada perangkat PC agar bisa dioperasikan. Namun ada kalanya aplikasi ini tidak memberikan pengaruh siginifikan, dalam artian meskipun sudah digunakan tetapi koneksi internet tetap lemah. Pada kasus demikian, maka jaringan internet kamu yang harus ditingkatkan.

8. Mengganti ke Fiber Optic

Jika telah melakukan langkah-langkah di atas tetapi koneksi internet kamu masih lemot, maka jalan terbaik adalah mengganti jaringan ke fiber optic. Jaringan ini jauh lebih stabil daripada koneksi kabel telepon. Apalagi ketika cuaca sedang buruk, perbedaan koneksi pada fiber optic dengan kabel konvensional sangat bisa dirasakan.

Demikian juga dengan kasus pada jaringan wireless, kamu bisa menggantinya menjadi fiber optic. Ketika kamu menggunakan sambungan wireless, koneksi internet tidak bisa cepat secara 100% karena terkadang ada hambatan elektromagnetik. Berbeda dengan sambungan fiber optic kualitas internetnya relatif lebih besar. 

Akhir Kata...

Itulah tips dan cara mempercepat koneksi Wifi Indihome yang bisa kamu coba praktikkan. Pada dasarnya, ada dua kemungkinan yang menjadi penyebab koneksi internet lemot. Pertama, dari segi jaringan yang digunakan. Kedua, dari faktor browser dan perangkat komputer yang dipakai. 

Langkah-langkah di atas dapat kamu lakukan untuk mempercepat koneksi internet yang telah ditemukan sumber masalahnya. Baiklah sekian saja artikel cara mempercepat jaringan Wifi Indihome ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama