√ 4 Cara Mematikan Firewall di Windows 10/8/7 (2020) - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Cara Mematikan Firewall Windows 10 8 7
Cara mematikan Windows Firewall - Windows menjadi sistem operasi yang sangat populer untuk perangkat laptop dan komputer. Pasalnya Windows memiliki user interface yang user friendly dan berbagai fitur mumpuni khususnya di bagian keamanan.

Untuk keamanan penggunaan jaringan, Microsoft telah membekali Windows dengan fitur yang diberi nama Windows Firewall. Fitur Firewall ini telah diperkenalkan sejak seri Windows XP yang hingga kini masih terus dikembangkan untuk Windows 7, 8 dan juga Windows 10.

Windows Firewall adalah perangkat lunak Windows yang berfungsi untuk mengontrol semua lalu lintas data yang masuk dan keluar, Firewall akan memblokir akses data yang dianggap berbahaya baik jaringan lokal maupun internet. Windows Firewall ini akan aktif secara default tanpa perlu disetting.

Namun terkadang lalu lintas data yang aman bisa saja diblokir oleh Windows Firewall. Oleh karena itu kamu perlu menonaktifkan Windows Firewall supaya dapat mengakses data yang diblokir. Nah bagi kamu yang ingin mengetahui cara mematikan Firewall Windows 10, 8 dan Windows 7, yuk langsung cek di bawah ini.

Cara Mematikan Firewall di Windows 10/8/7

Menonaktifkan Firewall Windows Metode #1

Untuk cara mematikan Windows Firewall permanen yang pertama ini bisa diterapkan untuk berbagai seri Windows, karena hanya terdapat sedikit perbedaan pada tampilan user interface. Berikut langkah-langkah cara menonaktifkan Firewall untuk Windows 7, 8 dan 10:

1. Pada kolom pencarian Windows, silahkan cari dan buka Windows Firewall.

Buka Windows Firewall

2. Selanjutnya buka Turn Windows Firewall on or off pada menu sebelah kiri.

Buka Turn Windows Firewall on or off

3. Setelah itu nonaktifkan Windows Firewall dengan mengubah opsi ke Turn off Windows Firewall (not recommended) untuk opsi Private dan Public seperti gambar di bawah ini. Jika sudah silahkan klik OK.

Pilih Turn off Windows Firewall

Metode #2

Di metode kedua ini tidak jauh berbeda dengan metode sebelumnya, berikut langkah-langkah cara mematikan Firewall di Windows 7, 8 dan Windows 10:

1. Seperti metode pertama, silahkan buka Windows Firewall melalui fitur pencarian Windows.

Buka Windows Firewall

2. Selanjutnya pada menu sebelah kiri, silahakn buka Advanced settings.

Buka Advanced settings

3. Berikutnya pada bagian Actions, silahkan buka menu Properties.

Buka Properties

4. Setelah itu pada tab Domain Profile, silahkan ubah opsi Firewall state dari On (recommended) menjadi Off. Jika sudah silahkan klik OK.

Pilih Firewall state Off

Metode #3

Khsusunya bagi pengguna Windows 10, maka kamu bisa menggunakan metode ketiga ini untuk cara mematikan Windows Firewall. Berikut langkah-langkah menonaktifkan Windows Defender Firewall di Windows 10:

1. Pertama silahkan cari dan buka Windows Defender Security Center melalui fitur pencarian Windows.

Buka Windows Defender

2. Berikutnya klik menu Firewall & network protection seperti gambar berikut.

Buka firewall & network protection

3. Selanjutnya buka Private (discoverable) network.

Buka Private Network

4. Lalu ubah opsi Windows Firewall menjadi Off.

Matikan Windows Firewall Private Network

5. Setelah itu silahkan kembali dan kali ini buka Public (non-discoverable) network.

Buka Public Network

6. Terakhir ubah opsi Windows Firewall menjadi Off.

Matikan Windows Firewall Public Network

Untuk kembali menghidupkan Firewall di Windows 10, 8 dan 7, kamu bisa menggunakan tiga metode di atas dan mengganti opsi dari Off menjadi On.

Metode #4 

Dan cara mematikan Windows Firewall yang terakhir adalah melalui CMD. Langsung saja berikut langkah-langkah menonaktifkan Firewall di CMD:

1. Buka CMD sebagai Administrator. Kamu bisa menggunakan shortcut tombol Windows + X lalu klik Command Prompt (Admin) atau Windows PowerShell (Admin).

2. Untuk mematikan Windows Firewall untuk semua tipe jaringan., silahkan masukkan perintah berikut dan tekan Enter. 

netsh advfirewall set allprofiles state off

cara mematikan windows firewall cmd

3. Dan untuk mengaktifkan kembali Windows Firewall, kamu cukup ganti perintah off menjadi on dan tekan Enter. Berikut perintahnya:

netsh advfirewall set allprofiles state on

cara menghidupkan windows firewall cmd

Selesai ...

Dengan mematikan Windows Firewall maka lalu lintas data tidak akan difilter, sehingga berbagai akses data dapat masuk dan keluar dengan mudah pada perangkat Windows, termasuk akses yang kemungkinan besar berbahaya untuk perangkat yang kamu gunakan.

Setelah kamu mematikan Windows Firewall untuk keperluan tertentu maka sangat disarankan untuk mengaktifkan kembali Windows Firewall untuk mencegah akses data yang berbahaya dan dapat menyembabkan kerusakan pada perangkat.

Akhir Kata...

Itulah tutorial cara mematikan Firewall Windows 10, 8 dan juga Windows 7. Baiklah sekian saja artikel singkat tentang cara menonaktifkan Windows Firewall ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Apabila terdapat kedala atau tutorial yang kurang jelas, silahkan komen di bawah ya.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama