√ 30 Istilah dalam PUBG Mobile, Wajib Tau biar Makin Pro! - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Istilah dalam PUBG Mobile
PUBG Mobile merupakan salah satu game battle royale terpopuler saat ini. Bagaimana tidak, game ini telah diunduh sebanyak 600 juta kali dalam kurun waktu 2 tahun sejak perilisan. Angka ini dicetak oleh versi global saja dan belum termasuk versi lain seperti Cina dan Korea.

Tentunya ini merupakan jumlah yang fantastis, sehingga dapat terlihat bahwa PUBG Mobile memiliki pertumbuhan penggemar yang begitu pesat. Bagi pemain baru PUBG Mobile, kamu akan langsung disugukan oleh tampilan grafis yang memukau dan gameplay yang sangat seru.

Namun terkadang banyak pemain yang kesulitan bermain game PUBG Mobile karena tidak mengerti dengan berbagai istilah yang ada di game ini. Nah untuk memudahkan kamu dalam memahami istilah yang ada di game PUBGM, berikut adalah pemjelasan istilah dalam PUBG Mobile.

Kumpulan Istilah dalam PUBG Mobile


1. Winner Winner Chicken Dinner

Winner Winner Chicken Dinner (WWCD) adalah kemenangan dalam game PUBG. WWCD dapat diperoleh satu pemain atau squad terakhir yang bisa bertahan hidup sepanjang game berlangsung.

2. Airdrop

Airdrop PUBG Mobile

Air drop atau Supply di PUBG Mobile adalah kiriman bantuan yang diterjunkan dari pesawat setiap play zone mengecil atau dari flare gun. Airdrop ini biasanya berisi ghillie suit, rompi dan helm level 3 serta dua senjata khusus seperti AUG, M249, Groza, AWM, MK14 hingga DBS.


3. Boosting

Boosting adalah proses untuk mempercepat pemulihan health point pemain PUBG Mobile dengan item tertentu, seperti Energy drink, painkiller, dan Adrenaline syringe.

4. Blue Zone

Blue zone adalah area tidak aman dalam game PUBG. Jika pemain berada pada blue zone, maka darah atau healt point dari pemain akan berkurang secara terus menerus.

Semakin kecil zona permainan, maka damage yang dihasilkan oleh blue zone akan semakin tinggi. Tak jarang banyak pemain knock atau mati karena terlalu lama di blue zone.

5. Red Zone

Red zone pada PUBG adalah zona yang mana akan banyak dijatuhi bom secara acak. Area ini tentunya sangat berbahaya, karena pemain yang terkena bom pada red zone ini akan knock atau bahkan langsung mati.

Pemain PUBG dapat menghindari red zone dengan cara memasuki suatu bangunan yang tertutup atau memiliki atap.

6. Play zone / Save Zone

Kebalikan dari blue zone, playzone adalah zona dimana tempat pemain dapat bermain dengan aman. Playzone atau lingkaran putih ini akan terus mengecil karena terkikis oleh blue zone.

Playzone akan mengecil pada durasi tertentu, sehingga setiap pemain PUBG Mobile harus bersiap untuk berpindah ke arah playzone yang ditentukan secara acak. Jika tidak pemain akan tekena damage dari blue zone.

7. Camper

Camper pada PUBG Mobile adalah sebutan yang diberikan pada pemain yang lebih memilih bersembunyi pada suatu tempat dan menunggu sampai musuh menghampiri.

8. Compound

Compound di PUBG Mobile adalah tempat untuk melakukan looting sekaligus sebagai tempat pertahanan. Compoud bisa berupa bagunan tertentu seperti rumah, gudang dan gedung.

9. Clutch

Clutch di PUBG Mobile adalah kondisi seorang pemain yang berhasil memenangi pertarungan hanya dengan seorang diri.

Player yang melakukan clutch biasanya dikepung dua atau lebih musuh, namun dia bisa membalikkan keadaan dan memenangi pertarungan itu.

10. Flank

Flank dalam PUBG Mobile adalah cara menyerang musuh dengan mengambil sisi samping atau memutari posisi musuh. Flank biasanya dilakukan untuk mendapatkan posisi ideal dan tidak tertebak, sehingga kamu bisa membunuh lawan dengan mudah.

11. Forting

Forting adalah teknik yang digunakan untuk melindungi pemain dari serangan musuh dengan cara menggunakan kendaraan sebagai tempat perlindungan. Forting sangat berguna pada saat zona akhir dan berada pada tempat yang terbuka.

12. Looting

Looting adalah proses mencari perlengkapan yang dibutuhkan setiap pemain seperti senjata, peluru, armor, medkit hingga scope pada suatu tempat atau dari loot create (kotak mayat).

Setelah terjun dari pesawat, pemain PUBG akan segera melakukan looting dengan memprioritaskan senjata terlebih dahulu agar bisa membunuh lawan yang terjun disekitar dengan cepat.

13. Knock

Knock atau knock down adalah keadaan dimana pemain tersungkur akibat serangan lawan. Knock pada PUBG bisa diibaratkan adalah pemain yang koma, dimana darah pemain pada kondisi ini akan terus berkurang sebelum akhirnya mati.

Pemain PUBG yang knock masih bisa diselamatkan atau dihidupkan kembali oleh rekan satu tim dengan cara revive. Namun keadaan knock ini tidak berlaku pada mode solo, jadi pemain yang bermain mode solo akan langsung mati tanpa knock.

14. Revive

Revive adalah membangkitkan kembali pemain satu tim yang mengalami knock. Apabila pemain yang knock tidak direvive oleh rekan satu timnya, maka player tersebut akan mati saat darah pada fase knock habis.

15. HP (Health Point)

Health point adalah jumlah poin darah yang dimiliki oleh pemain PUBG Mobile. Setiap pemain memiliki batas maksimal 100 health point. Apabila HP yang dimiliki habis maka pemain akan knock atau mati.

16. Healing

Healing adalah proses yang dilakukan pemain di PUBG Mobile untuk mengembalikan health point sampai penuh. Healing bisa dilakukan dengan bandage, first aid dan medkit.

17. Sandwich

Sandwich di game PUBG Mobile adalah keadaan dimana posisi pemain atau squad kamu yang terkepung beberapa lawan dari berbagai arah. Posisi sandwich ini tentu sangat buruk karena pemain sulit untuk bertahan di kondisi ini.

18. Flare Gun

Flare gun PUBG Mobile

Flare gun adalah senjata khusus yang berfungsi untuk memanggil atau mendatangkan air drop. Cara penggunaan flare gun adalah dengan menembakkannya ke udara, kemudian tunggu pesawat yang akan menjatuhkan air drop tepat pada arah tembakan flare gun.

19. Spray down

Spray down di PUBG Mobile adalah istilah cara membak lawan secara terus menerus. Biasanya untuk melakukan spray down dibutuhkan senjata yang memiliki tipe tembakan auto. Spray akan menguras banyak amunisi, oleh karena itu selalu perhatikan jumlah peluru kamu bawa.

20. Iron Sight

Iron sight adalah teknik membidik dan menembak tanpa menggunakan scope. Teknik di game PUBG Mobile ini sudah banyak digunakan untuk senjata populer AKM.

21. Lean

Lean adalah teknik menembak musuh tanpa memperlihatkan badan pemain. Cara melakukan lean adalah dengan mencari perlindungan kemudian menembak musuh dengan mode lean yang akan memiringkan kepala dan setengah badan untuk melakukan tembakan.

22. Rush

Rush adalah pergerakan untuk melakukan serangan ke musuh yang sedang berlindung. Rush biasanya akan dilakukan pada saat kondisi musuh lemah seperti saat squad lawan sudah knock 3, maka kamu harus secepatkan melakukan rush sebelum musuh melakukan revive.

23. Rotasi

Rotasi adalah perpindahan posisi pemain dari satu tempat ke tempat lainnya. Biasanya rotasi dilakukan saat perpindahan zona, sehingga pemain harus segera melakukan rotasi ke play zone.

24. Teaming

Teaming adalah kondisi dimana 2 tim atau lebih bersekongkol atau berkerja sama dengan tidak saling membunuh atau bahkan bertujuan untuk membunuh tim lain. Teaming pada game PUBG Mobile termasuk hal yang dilarang dan memiliki kemungkinan terkena banned.

25. Prone

Prone atau ngeprone di PUBG Mobile adalah istilah posisi pemain saat melakukan tiarap. Prone menjadi salah satu teknik bersembunyi yang efektif khususnya pada map yang memiliki banyak rerumputan.

26. Cacing Gaming

Cacing gaming adalah sebutan bagi pemain PUBG Mobile yang mengandalkan teknik prone untuk membunuh musuh. Cacing gaming menjadi pembunuh yang mematikan karena keberadaannya yang sulit ditebak.

27. High Ground

High ground di PUBG Mobile adalah suatu tempat yang memiliki ketinggian paling tinggi dibandingkan tempat disekitarnya. Dengan mendapatkan posisi high ground, maka kamu akan lebih mudah mengintai lawan disekitar. Contoh high ground pada game PUBG adalah bukit dan gunung.

28. Low Ground

Kebalikan dari high ground, low ground adalah tempat yang memiliki ketinggian lebih rendah dari tempat disekitar. Contoh low ground pada PUBG adalah cekungan dan tepi bukit.

29.Scrim

Scrim adalah pertandingan latihan online yang biasa dilakukan oleh pro player PUBG Mobile. Pada dasarnya scrim merupakan persiapan tim untuk mengatur strategi dan melakukan evaluasi sebelum turnamen sebenarnya dimulai.

30. Too Soon

Diucapkan tusun, di game PUBG Mobile too soon adalah gelar yang didapatkan pemain karena mati terlalu cepat, yakni dibawah 3 menit setelah mendarat. Too soon akan menyebabkan poin peringkat kamu berkurang banyak.


Nah itulah kumpulan istilah dalam PUBG Mobile. Baiklah sekian saja artikel singkat ini dan semoga bermanfaat. Jangan lupa ikuti terus Teknolalat untuk mendapatkan update artikel menarik khususnya seputar game mobile.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama