√ 8 Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet
Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet - Di zaman modern ini banyak hal yang tak terlepas dari internet. Dengan internet pengguna dapat bertukar informasi dengan cepat tanpa terkendala masalah jarak. Banyaknya informasi yang dapat ditranfer ini tergantung dari kecepatan internet itu sendiri.

Seiring berkembangkannya teknologi membuat pekembangan jaringan internet juga semakin mutakhir. Dimana kecepatan akses internet semakin tinggi dengan hadirnya teknologi perangkat terbaru sehingga membuat pertukaraan data antar pengguna semakin cepat.

Namun tidak semua pengguna dapat memperoleh kecepatan akses internet yang tinggi, meskipun pengguna telah membeli paket untuk akses internet dengan harga yang tergolong mahal. Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi kecepatan intenet?, nah lansung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Jaringan yang stabil tidak menjadi kecepatan internet yang tinggi. Ada beberapa penyebab internet menjadi lemot, berikut beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan internet.

1. Modem

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet - Modem

Faktor pertama yang mempengaruhi kecepatan akses internet yang pertama adalah modem. Perangkat jaringan ini memiliki peran penting dalam mentrasfer data internet, khususnya dari ISP (IndiHome, Biznet, MyRepublic dll) ke perangkat pengguna.

Tipe modem (Modulator Demodulator) yang digunakanpun beragam dan tentunya dengan spesifikasi yang berbeda. Semakin tinggi spesifikasi modem tersebut tentu semakin banyak bandwidth yang bisa dibawa, sehingga semakin tinggi pula kecepatan internet yang diperoleh.

2. Perangkat (Komputer/Smartphone)

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet - Laptop

Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet berikutnya bisa datang dari perangkat yang digunakan oleh pengguna, baik itu komputer, laptop, smartphone maupun tablet. Untuk perangkat smartphone kecepatan internet sangat berpengaruh pada kemampuan chip modem yang dimiliki.

Sedangkan pada perangkat komputer atau laptop, faktor yang sangat mempengaruhi kecepatan internet terdapat pada sepsifikasi network adapter atau kartu jaringan yang digunakan. Semakin tinggi spesifikasi adapter tesebut, maka kemampuan menangkap sinyal dan bandwidth akan semakin bagus.

3. Bandwidth

Dan faktor ketiga yang mempengaruhi kecepatan internet adalah bandwidth. Bandwidth internet sendiri adalah jumlah penggunaan transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second (bps). Tentunya semakin banyak bandwidth yang disediakan ISP maka semakin cepat pula kecepatan akses internet yang diperoleh pengguna.

4. Jarak dengan Pemancar Jaringan

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet - BTS

Faktor ini sangat berpengaruh khususnya pada jaringan wireless. Beberapa contoh alat untuk untuk memancarkan sinyal adalah Access Point, Modem, Repeater dan BTS untuk perangkat seluler. Semakin dekat perangkat dengan radius pemancar maka akan semakin banyak sinyal yang diperoleh, sehingga berpengaruh pada kecepatan internet.

5. Jenis Jaringan

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet - Jaringan 5G

Dalam mengakses internet, terdapat berbagai jenis jaringan komunikasi seperti CDMA, GSM, HSDPA, 3G, 4G hingga 5G. Setiap jaringan komunikasi tersebut memiliki kecepatan internet yang berbeda. Semakin baru teknologi yang digunakan, semakin cepat pula kecepatan internet yang di dapat.

7. Jenis Kabel Jaringan

Pada umumnya media penghubung jaringan komputer dibedakan menjadi dua, yaitu dengan kabel dan tanpa kabel. Untuk media kabel memiliki kelebihan jaringan yang lebih stabil karena tidak terpengaruh cuaca. Beberapa contoh kabel penghubung jaringan internet adalah kabel UTP, coacial dan fiber optik.

Dari beberapa jenis kabel jaringan tersebut memiliki kemampuan yang berbeda khususnya pada kecepatan transfer data. Dan kabel fiber optik menjadi teknologi mumpuni saat ini dengan kecepatan tranfer data hingga 100 Gbps.

7. Jumlah Perangkat yang Terhubung

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet - User Wifi

Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet bisa datang dari jumlah perangkat atau pengguna yang terkoneksi secara bersamaan pada satu jaringan. Semakin banyak perangkat maka akan semakin banyak pula bandwidth yang dibutuhkan.

Apabila jumlah perangkat yang terkoneksi sangat banyak tentunya akan membuat jaringan semakin lemot dan tidak stabil. Sebagai contoh jaringan Wifi dengan kecepatan 10 Mbps digunakan oleh satu perangkat, kemudian terkoneksi satu perangkat baru, maka tiga perangkat ini akan berebut bandwidth 10 Mbps terebut.

8. Cuaca

Dan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet yang terakhri adalah cuasa. Cuaca juga mempengaruhi kecepatan dan kestabilan jaringan internet khususnya pada jaringan wireless atau tanpa kabel. Cuaca dapat mengganggu penerimaan sinyal karena cuaca dapat mempengaruhi sinyal radio.

Seperti diketahui baik Wifi maupun jaringan seluler menggunakan gelombang radio. Cuaca yang seperti hujan, angin kencang dan kabut dapat menghambar gelombang radio pada frekuensi yang digunakan oleh jaringan seluler, sehingga kecepatan jaringan yang diterima tidak maksimal.

Cara Cek Kecepatan Akses Internet

Untuk mengukur kecepatan dan kestabilan jaringan internet dengan akurat, kamu bisa menggunjungi beberapa situs pengujian kecepatan akses internet di bawah ini.

  1. Speedtest.net
  2. Openspeedtest.com (Tanpa flash/java)
  3. Fast.com (Pengujian langsung)

Cara Cek Kecepatan Akses Internet

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu tinggi pencet saja tombol mulai dan tunggu proses pengujian. Setelah pengujian selesai, kamu dapat mengetahui kecepatan internet kamu dalam satuan Mbps.

Akhir Kata...

Nah jadi itulah beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Baiklah sekian saja artikel singkat ini dan semoga bermanfaat. Jangan lupa ikuti terus Teknolalat untuk mendapatakn update artikel seputar jaringan.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama