√ 8 Tips Memilih HP Gaming Terbaik 2020, RAM Gak Penting? - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Tips memilih HP gaming 2020
Tips memilih HP gaming 2020 - Perkembangan dunia game mobile kian pesat dengan menghadirkan berbagai game terbaru dengan grafis yang memukau. Untuk memainkan berbagai game terbaru tersebut dengan lancar diperlukan spesifikasi perangkat yang tinggi atau mumpuni.

Seiring dengan trend dan kebutuhan HP gaming murah, tentunya produsen smartphone juga menghadirkan berbagai produk terbaru dengan berbagai pembaruan spesifikasi yang lebih tinggi. Mulai dari CPU, GPU, RAM, baterai dan berbagai aspek lainnya.

Namun semakin banyaknya perangkat baru yang dirilis membuat penlanggan bingung untuk memilih HP mana yang cocok untuk gaming. Nah bagi Anda yang ingin membeli HP untuk keperluan gaming, yuk langsung saja simak beberapa tips memilih HP gaming di bawah ini.

Tips Memilih HP Gaming Terbaik

Tentunya memilih HP gaming murah tidak asal, Anda harus memperhatikan spesifikasi secara detail. Berikut 8 tips memilih HP untuk gaming yang perlu Anda perhatikan agar game yang dimainkan berjalan lancar dan tidak lag.

1. Pilih Chipset (SoC) Mumpuni

Tips memilih HP gaming SoC Snapdragon 865

Tips memilih HP gaming yang sangat perlu diperhatikan adalah tipe SoC yang digunakan. Dimana SoC atau chipset ini memiliki peran yang paling penting untuk mendongkrak performa smartphone untuk gaming dengan kemampuan CPU dan GPU yang kencang.

Kriteria SoC untuk gaming setidaknya sudah memiliki fabrikasi 14nm kebawah agar memiliki efisiensi daya yang baik. CPU Octa-core dan sudah memiliki arsitektur big.LITTLE dengan core performa serperti Cortex-A73, A75, A76 dan Kryo 360 Gold.

Dan untuk frekuensi CPU, hal ini tidak menjamin prosesor lebih kencang. Sebagai contoh CPU 1 dengan 8x 2.2GHz Cortex-A53 dibanding CPU 2 dengan 2x 2.0GHz Cortex-A75 & x6 1.6GHz Cortex-A53, tentunya CPU 2 akan lebih unggul karena memiliki core performa meskipun kalah di bagian frekuensi.

Contoh SoC Gaming Kelas Menengah

  • Snapdragon 600 Series: 660, 665, 675
  • Snapdragon 700 Series: 710, 712, 720G, 730G, 765, 765G
  • MediaTek Helio G Series: G70, G80, G85, G90, G90T
  • MediaTek Dimensity: 800, 820, 1000L
  • Exynos: 880, 980, 9610, 9611

Contoh SoC Gaming Kelas Atas

  • Snapdragon 800 Series: 845, 855, 855+, 865
  • Kirin: 980, 990
  • MediaTek Dimensity: 1000, 1000+
  • Exynos: 9820, 9825, 990
  • Apple: A11 Bionic, A12 Bionic, A13 Bionic

2. Kapasitas RAM Memadai

Tips memilih HP gaming RAM LPDDR5
Setelah SoC, RAM merupakan sektor penting yang juga perlu diperhatikan dalam memilih HP gaming. Pilih kapasitas RAM setidaknya memiliki 4GB untuk perangkat Android dan 3GB untuk perangkat iPhone.

Selain kapasitas, Anda juga perlu mengetahui tipe RAM yang digunakan. Dimana tipe yang sering digunakan untuk HP gaming kelas menengah adalah LPDDR4 atau LPDDR4X yang tentunya memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dari generasi sebelumnya, yakni DDR3.

Tipe RAM ini akan didasarkan pada kemampuan SoC yang digunakan, oleh karena itu pemilihan SoC atau chipset sangat penting agar sektor lain seperti RAM juga memiliki kemampuan yang mumpuni.

3. Kapasitas Memori Internal

Banyak berbagai game keren dan grafis memukau sudah tersedia untuk smartphone, seperti Asphalt 9, PUBG Mobile, CODM, Honkai Impact 3, Dragon Raja & Fortnite. Ukuran game berbagai game tersebut berkisar 1GB hingga 5GB, bahkan bisa lebih.

Oleh karena itu penyimpanan internal dengan kapasitas 64GB menjadi standar minimal untuk HP gaming saat ini. Selain itu pemilihan teknologi UFS 2.1 & 3.1 juga sangat direkomendasikan untuk kecepatan tranfer data yang lebih cepat hingga 1,45GB/s.

4. Tipe dan Ukuran Layar

Tips memilih HP gaming Layar Black Shark

Layar merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan untuk memilih HP gaming. Dimana HP gaming keluaran terbaru memiliki ukuran layar yang ideal di 6 hingga 6.7 inci dengan aspek ratio 19:9. Ini merupakan ukuran yang memang dirasa pas untuk saat ini.

Dimana game-game terbaru seperti PUBG, CODM dan Fortnite membutuhkan banyak tombol untuk mengontrol pemainan. Tentunya dengan layar yang luas akan memudahkan pengguna dalam mengatur penempatan tombol untuk kontrol yang lebih mudah dan nyaman.

Tipe panel yang digunakan pada layar setidaknya adalah IPS dan akan lebih baik jika memilih tipe AMOLED atau Super AMOLED agar menghasilkan tampilan yang lebih jernih. Serta memiliki resolusi Full HD agar gambar yang ditampilkan lebih detail.

5. Kapasitas Baterai Besar

Tips memilih HP gaming baterai 2000 mAh
Tips memilih HP gaming selanjutnya adalah dari segi daya tahan baterai. Tentunya pengguna dengan kebutuhan gaming akan memerlukan daya yang lebih banyak dari pengguna yang hanya sekadar untuk sosmed atau browsing.

Untuk menunjang penggunaan gaming, pilih setidaknya baterai yang berkapasitas 4000 mAh dan bagi Anda yang memiliki penggunaan gaming yang intens tentunya kapasitas 5000 dan 6000 mAh adalah pilihan yang tepat.

Selanjutnya, pastikan bahwa HP sudah mendukunh fitur pengisian daya cepat, baik itu 18W, 20W, 30W bahkan 40W. Tentunya teknologi ini akan menunjang mobilitas Anda untuk bermain game dengan waktu pengisian daya yang lebih singkat.

Namun terkadang, untuk menghemat biaya produksi, produsen tidak menyematkan fitur ini pada smartphone meskipun sebenarnya SoC yang digunakan sudah mendukung fitur Fast Charging. Terlepas dari tipe USB yang digunakan, HP gaming sangat memerlukan teknologi ini.

6. Fitur Gaming

Tips memilih HP gaming gamepad black shark

Untuk HP kelas atas dan flagship tentunya akan penting memiliki fitur khusus untuk menunjang aktifitas gaming. Fitur ini bisa berupa sistem pendingin seperti liquid cooling dan aksesoris tambahan seperti cooling fan hingga gamepad.

Pada bagian software tentunya harus terdapat game space untuk konfigurasi game, khususnya pada bagian grafis. Dengan fitur-fitur tambahan dan aksesoris ini bisa dijadikan salah satu alasan untuk membeli HP gaming flagship.

7. Cek Skor AnTuTu Benchmark

Dan tips memilih HP gaming yang terakhir yakni mengecek skor benchmark menggunakan aplikasi AnTuTu. Meskipun tidak bisa dijadikan acuan yang pasti, namun setidaknya AnTuTu dapat menjadi penilaian dasar dengan skor yang dimiliki.

Sebagai dasar apabila ingin membeli HP gaming murah, setidaknya memiliki skor AnTuTu yang mendekati 200 ribu. Untuk mengetahui skor AnTuTu, Anda bisa mengetahui melalui berbagai sumber seperti website dan review smartphone di YouTube.

Akhir Kata....

Nah begitu beberapa tips memilih HP gaming terbaik di tahun 2020. Sekian saja artikel singkat ini dan semoga bermanfaat. Jangan lupa ikuti terus Teknolalat untuk mendapatkan update artikel menarik seputar smartphone.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama