√ 7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas, AMPUH! - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Cara Mengatasi HP Cepat Panas & Baterai Cepat Habis
Penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas - Salah satu masalah umum dalam penggunaan smartphone adalah suhu panas yang berhebih. Masalah itu tentunya akan membuat pengguna merasa tidak nyaman saat memegang smartphone.

HP sering panas biasanya diikuti oleh penurunan performa smartphone dan baterai cepat habis. Pada pemakaian normal HP cepat panas saat internetan dan panas akan terasa di bagian atas smartphone yang merupakan tempat prosesor atau chipset.

Lalu kenapa HP mudah panas dan boros baterai meskipun tidak bermain game?, nah untuk mendinginkan HP yang panas, yuk langsung saja simak penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya di bawah ini.

Penyebab HP Cepat Panas

Berikut beberapa penyebab kenapa HP mudah panas dan boros baterai. Tentunya masalah ini bisa terjadi di berbagai vendor smartphone tak terkecuali iPhone Sony Docomo, Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi lainnya.

1. Bermain Game Terlalu Lama

Penyebab HP Cepat Panas - Bermain Game Terlalu Lama

Penyebab pertama dan paling umum kenapa handphone cepat panas adalah karena penggunaan untuk bermain game dalam waktu yang lama. Penggunaan untuk gaming tentu akan menguras resource HP baik sektor CPU, GPU dan RAM.

Apabila suhu terlalu tinggi maka akan terjadi CPU throttling yang menyebabkan game menjadi lag karena efek penurunan kinerja secara otomatis. Wajar tentunya baterai akan lebih cepat habis jika digunakan untuk bermain game dari pada penggunaan untuk sekadar sosmed atau browsing.

Saran: Apabila suhu panas perangkat berlebih atau terjadi overheat, maka hentikan dulu penggunaan untuk bermain game selama beberapa saat agar kinerja perangkat kembali stabil.

2. Menggunakan HP saat Charging

Menggunakan smartphone saat mengisi daya boleh-boleh saja. Namun akan HP menjadi cepat panas apabila proses pengisian daya dibarengi dengan penggunaan yang memerlukan kinerja lebih seperti bermain game.

Solusi: Sebisanya hindari bermain game sambil mengisi daya. Selain itu sebelum melakukan pengisian daya sebaiknya istirahatkan atau dinginkan suhu perangkat terlebih dahulu.

3. Sinyal Tidak Stabil

Penyebab HP Cepat Panas - Sinyal Tidak Stabil

Penyebab HP cepat panas selanjutnya adalah sinyal yang tidak stabil sehingga modem di dalam smartphone akan bekerja lebih keras untuk menerima sinyal dari BTS seluler, tentunya modem akan membutuhkan lebih banyak daya baterai.

Saran: Pilih jaringan seluler yang paling stabil. Misalkan jaringan 3G lebih stabil dari 4G, maka setting smartphone agar memilih jaringan 3G. Selain itu penggunaan jaringan Wi-Fi dapat meringankan bebab perangkat.

4. Suhu Lingkungan yang Terlalu Panas

Faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab smartphone lebih cepat panas, khususnya penggunaan smartphone di bawah terik matahari tentu akan membuat suhu smartphone lebih cepat naik. Dengan kondisi smartphone yang terlalu panas tentu dapat menurunkan kinerja.

Solusi: Gunakan smartphone di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Misalnya di tempat yang sejuk seperti ruangan yang memiliki AC attau di dekat kipas angin.

5. Bug dari Sistem atau Aplikasi

Penyebab HP Cepat Panas - Bug Sistem

Sistem operasi atau aplikasi yang tidak stabil dapat menyebabkan kinerja smartphone menjadi tidak stabil. Hal ini biasanya terjadi saat smartphone mendapatkan update software namun versi tersebut tidak stabil dan memiliki beberapa bug.

Saran: Apabila sistem operasi dirasa menjadi menyebabkan kinerja smartphone yang kurang stabil, maka Anda bisa melalukan downgrade atau upgrade ke versi paling stabil. Selain itu Anda uninstal aplikasi yang mencurigakan dan selalu berjalan di background.

6. Charger Bermasalah

Kemungkinan penyebab HP cepat panas juga bisa berasal dari tipe charger yang digunakan. Biasanya hal ini terjadi jika menggunakan charger yang tidak original dan tidak sesuai dengan kemampuan smartphone.

Charger yang bermasalah dan tidak sesuai dapat menyebabkan daya yang diterima smartphone tidak stabil sehingga proses pengecasan bisa sangat lambat. Selain itu juga kemungkinan besar merusak baterai sehingga baterai menjadi drop.

Solusi: Gunakan adaptor charger dan juga kabel data original atau bawaan dari smartphone. Jika Anda tidak menggunakan charger original, pastikan Anda memilih charger yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi smartphone.

7. Pengaturan yang Tidak Optimal

Penyebab HP Cepat Panas - Pengaturan Tidak Optimal

Faktor terakhir yang bisa menyebabkan HP cepat panas adalah dari pengaturan yang kurang optimal sehingga smartphone bekerja lebih keras meskipun dalam penggunaan normal.

Saran: Silahkan cek dan atur tingkat kecerahan layar, hapus widget yang tidak begitu penting, jangan menggunakan live wallpaper yang boros baterai, matikan koneksi bluetooth, GPS dan Hotspot.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas paling Ampuh

Setelah mengetahui beberapa penyebab HP mudah panas. Nah berikut 2 cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah HP yang cepat panas dan baterai yang cepat habis.

1. Menggunakan Aplikasi BatteryGuru

BatteryGuru adalah aplikasi pendingin HP yang efektif untuk mengontrol menggunaan daya, menjaga suhu untuk mengatasi masalah HP cepat panas dan boros baterai. Berikut langkah-langkah menggunakan BatteryGuru:

Langkah 1. Download dan instal aplikasi BatteryGuru melalui Google Play Store.

Langkah 2. Setelah terinstal, silahkan buka aplikasinya dan berikan perinzinan aplikasi yang diperlukan.

Langkah 3. Setelah itu pilih menu Protection. Pada Temperature protection silahkan atur maksimal suhu, misalkan 38°C. Lalu klik tombol ENABLE.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas - BatteryGuru

Selesai..., apabila proses pengisian daya menjadi lambat, Anda bisa menonaktifkan fitur ini. Setelah pengecasan selesai, Anda bisa mengaktifkannya kembali.

2. Menggunakan Cooling Fan

Cara Mengatasi HP Cepat Panas - Cooling Fan

Apabila cara sebelumnya dirasa kurang efektif. Maka Anda bisa membeli perangkat tambahan yakni Cooling Fan atau kipas angin pendingin khusus untuk perangkat smartphone.

Cooling Fan ini berfungsi untuk menurunkan dan menstabilkan suhu smartphone, sehingga smartphone dapat bekerja lebih optimal pada segi performa. Untuk harganya, Cooling Fan ini dibandrol mulai dari 200 ribuan.

Akhir Kata....

Nah jadi itulah penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas dan baterai cepat habis. Baiklah sekian saja artikel ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa ikuti terus Teknolalat untuk mendapatkan update artikel seputar tips smartphone.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama