√ 2 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Android 2020 - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Terbaru 2020
Cara Menonaktifkan WA Sementara - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting paling populer saat ini baik di perangkat Android maupun iPhone. WhatsApp muncul sebagai pengganti aplikasi BlackBerry Messenger. Tentunya WhatsApp memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi chatting, mulai dari mengirim pesan, panggilan telepon hingga membuat status.

Sebagai aplikasi chatting, WhatsApp memerlukan data internet baik wifi maupun data seluler agar pengguna dapat menerima dan mengirim pesan atau panggilan. Namun terkadang pengguna perlu menonaktifkan WhatsApp semetara karena beberapa alasan tertentu.

Lalu bagaimana cara menonaktifkan WA sementara tanpa harus mematikan data internet di HP Android?. Nah bagi Anda yang ingin mematikan WhatsApp sementara tanpa mematikan data seluler atau Wifi, yuk langsung saja simak caranya melalui tutorial di bawah ini.

Baca juga: Cara Menonaktifkan WA Sementara di HP Xiaomi

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Android

1. Menonaktifkan WA Sementara Melalui Pengaturan

Pada metode pertama untuk cara menonaktifkan WA sementara di Android ini cukup mudah karena tidak memerlukan aplikasi tambahan dan tentunya bisa diterapkan diberbagai smartphone, baik Xiaomi, Oppo, Samsung dan sebagainya.

Berikut langkah-langkah cara menonaktifkan WA sementara melalui pengaturan:

1. Pertama silahkan buka menu Pengauran atau Setting pada smartphone Anda. Lalu pilih pada bagian Aplikasi.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Tanpa Aplikasi

2. Selanjutnya silahkan cari dan pilih aplikasi WhatsApp. Biasanya berada di bawah karena diurutkan berdasarkan abjad.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Tanpa Aplikasi

3. Berikutnya silahkan klik tombol Paksa berhenti atau Force Close. Pada notifikasi peringatan silahkan pilih Oke.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Tanpa Aplikasi

Begitulah cara menonaktif WA sementara tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Untuk mengaktifkan kembali WhatsApp, Anda cukup buka saja aplikasi WhatsApp seperti biasa dan notifikasi pesan maupun panggilan akan kembali masuk.

2. Menonaktifkan WA Sementara di Android dengan Aplikasi

Cara menonaktifkan WA berikutnya adalah menggunakan aplikasi tambahan, aplikasi tersebut ialah Greenify yang bisa kamu download secara gratis. Dengan aplikasi ini Anda bisa dengan mudah menonaktifkan berbagai aplikasi khususnya WhatsApp.

Cara kerja aplikasi Greenify ini mirip Doze pada Android 6.0 keatas, yang mematikan aplikasi latar belakang saat smartphone tidak digunakan, namun Greenify bisa mematikan meskipun sedang digunakan. 

Berikut langkah-langkah menonaktifkan WA sementara dengan Greenify:

1. Pertama silahkan download dan instal aplikasi Greenify melalui link di bawah ini. Ukuran aplikasi ini cukup kecil, yakni sekitar 4MB.

Greenify | Playstore

2. Setelah terinstal, silahkan buka aplikasi Greenify ini dan pilih mode, yaitu NOT rooted atau rooted. Silahkan sesuaikan dengan smartphone Anda, jika root maka izinkan akses super su atau magisk.

Klik BERIKUTNYA lalu izinkan Akses penggunaan untuk aplikasi Greenify.

Cara Menonaktifkan WhatsApp dengan Aplikasi

3. Berikutnya klik tombol tambah +, bisa menggunakan yang pojok kanan bawah maupun yang atas.

Cara Menonaktifkan WhatsApp dengan Aplikasi

4. Selanjutnya silahkan pilih Tampilkan aplikasi lainnya. Lalu cari dan pilih WhatsApp, kemudian klik centang √.

Cara Menonaktifkan WhatsApp dengan Aplikasi

5. Terakhir silahkan pilih aplikasi WhatsApp dan pilih menu hibernasi (Zzz) pada bagian bawah untuk mulai mematikan aplikasi WhatsApp.

Cara Menonaktifkan WhatsApp dengan Aplikasi

Dengan aplikasi Greenify tentu akan lebih mudah untuk menonaktifkan berbagai aplikasi termasuk WhatsApp. Cukup tambahan aplikasi dan pilih hibernasi.

Akhir Kata...

Nah begitulah cara menonaktifkan WA sementara dengan mudah di smartphone Anda. Dengan cara tersebut, Anda bisa mematikan WhatsApp tanpa perlu mematikan data seluler maupun wifi.

Baiklah sekian saja artikel singkat ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Apabila terdapat kendala atau tutorial yang mungkin kurang jelas silahlan komen di bawah.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama