√ Cara Menampilkan FPS di Game Android Tanpa Root & Root - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Cara Menampilkan FPS di Game Android Root & Tanpa Root
Cara menampilkan FPS di game Android tanpa root & root - FPS (Frame Per Second) pada game merupakan jumlah frame yang dihasilkan atau ditampilkan dalam waktu 1 detik oleh aplikasi yang berjalan di Android. FPS biasanya digunakan sebagai acuan untuk mengukur kelancaran game.

Semakin tinggi FPS yang diperoleh pada game, maka semakin halus juga gameplay yang didapat. Jumlah FPS yang dapat ditampilkan sangat tergantung pada spesifikasi Android yang digunakan. Semakin tinggi spesifikasi Android tentu jumlah FPS akan semakin tinggi.

Untuk menampilkan FPS di perangkat Android, Anda bisa menggunakan berbagai cara tergantung tipe perangkat yang digunakan. Untuk perangkat terbaru khususnya Android 10, Anda bisa menampilkan FPS melalui fitur di sistem maupun game booster bawaan.

Nah bagi perangkat yang tidak memiliki fitur tersebut, Anda bisa menggunakan cara berikut untuk mengetahui jumlah FPS game baik untuk perangkat khususnya smartphone Android yang belum root maupun sudah dalam keadaan root.

Cara Menampilkan FPS di Game Android Root

Cara yang pertama yaitu untuk perangkat Android yang sudah root. Berikut cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui jumlah FPS atau Frame Per Second di smartphone Android root dengan mudah.

1. Pertama silahkan download GLtools melalui link berikut dan instal dengan metode normal dan izinkan akses root Magisk atau Super SU. Setelah instalasi selesai, maka perangkat Android akan reboot secara otomatis.


2. Silahkan buka aplikasi Gltools yang sudah terinstal dan pilih game yang ingin ditampilkan jumlah FPS.

Cara Menampilkan FPS di Game Android Root

3. Selanjutnya centang opsi Enable custom settings for this app. Pada bagian FPS Use counter silahkan ganti dari Disable menjadi On-screen.

  • FPS update delay (ms): Untuk mengatur waktu perubahan FPS per ms, 150 ms berarti perubahan FPS terjadi setiap 0,15 detik.
  • FPS location: Untuk menentukan lokasi FPS, secara default FPS akan tampil pada pojok kanan atas, silahkan ubah sesuai keinginan.

Cara Menampilkan FPS di Game Android Root

Selesai, silahkan tekan kembali dan settingan akan otomatis tersimpan. Setelah itu silahkan jalankan game untuk melihat jumlah FPS yang dapat ditampilkan.

Cara Menampilkan FPS di Android Tanpa Root

Nah untuk perangkat atau smartphone Android yang belum memiliki akses root, silahkan gunakan cara berikut untuk menampilkan FPS dengan mudah.

1. Silahkan download aplikasi Game Booster melalui link berikut dan silahkan instal seperti biasa.


2. Setelah terinstal silahkan buka aplikasi Game Booster dan pilih tab yang kedua. Pada menu FPS Monitor silahkan aktifkan opsi FPS Indicator.

Di menu ini Anda juga mengatur tampilan FPS mulai dari warna dan ukuran FPS yang akan tampil pada pojok layar.

Cara Menampilkan FPS di Game Android Tanpa Root

3. Selanjutnya akan muncul perizinan aplikasi, silahkan izinkan aplikasi Game Booster untuk ditampilkan di atas aplikasi lain.


Selesai dan FPS akan otomatis tampil pada pojok kanan atas layar. Cara tanpa root terkadang ini menampilkan jumlah FPS yang tidak sesuai game, oleh karena itu lebih direkomendasikan menggunakan cara root bagi smartphone Android yang sudah dalam keadaan root.

Akhir Kata...

Nah begitulah tutorial cara menampilkan FPS di Android root dan tanpa root dengan mudah, sekarang jumlah FPS akan tampil pada game yang sudah disetting dengan GLtools dan Game Booster ini. Baiklah sekian saja tutorial kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..
Load Comments
Lebih baru Lebih lama