√ Cara Reset Printer Epson L120 dengan Aplikasi dan Manual - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Cara Reset printer Epson L120
Cara reset printer Epson L120 - Salah satu printer yang umum digunakan dengan harga yang terjangkau adalah printer Espon L120. Printer ini memilki tinta tabung yang bisa diisi kembali dengan mudah. Printer Epson L120 menjadi printer populer untuk mencetak berbagai dokumen dan gambar.

Namun terkadang printer Epson L120 mengalami masalah tak terduga sehingga tidak dapat digunakan untuk mencetak dokumen. Apabila printer ini mengalami masalah, maka lampu indikator akan berkedip secara bergantian. Untuk memperbaiki printer Epson L120, silahkan simak penyebab dan cara reset printer Epson L120 berikut.

Penyebab Error Printer Epson L120

Ada berbagai hal yang menyebabkan masalah pada printer sehingga lampu berkedip bergantian. Pesan error pada printer ini dapat berupa hitungan sampah tinta sudah penuh (Ink waste is full) atau service required. Berikut beberapa penyebab umum pada masalah printer.

  • Cartridge: Pastikan cartridge tidak terhalang kertas, kotoran atau benda lainnya serta pastikan cartridge telah terpasang dengan benar.
  • Tabung Tinta: Lakukan pengisian ulang jika tinta habis. Pastikan selang tidak memilki hambatan sehingga tinta dapat berjalan dengan lancar.
  • Roller: Pastikan roller tidak macet karena kertas yang terjepit didalam roller atau paper jam.
  • Kabel USB: Pastikan kabel USB yang terhubung ke komputer atau laptop terpasang dengan baik dan tidak bermasalah.

Cara Reset Printer Epson L120

1. Cara Reset Printer Epson L120 dengan Resetter

Cara yang pertama untuk reset printer yaitu dengan menggunakan aplikasi yang tentunya mudah dan ampuh. Berikut cara reset Epson L120 menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program atau Adjprog Epson L120.

Langkah 1. Download aplikasi Resetter Epson L120 melalui link di bawah ini. Lalu ekstrak file menggunakan WinRar atau sejenisnya. Setelah itu jalankan aplikasi Resetter Espon L120 seperti biasa.

Download Resetter Epson L120 gratis: Google Drive

Langkah 2. Selanjutnya pilih Select dan pastikan Model Name sesuai dengan tipe printer yang akan direset. Untuk Port biarkan Auto selection, lalu klik OK.

Cara Reset printer Epson L120 - Select Port

Langkah 3. Setelah itu silahkan klik Particular adjustment mode. Akan muncul tab baru dan pilih Waste ink pad counter pada bagian Maintenance. Lalu klik OK.

Cara Reset printer Epson L120 - Particular

Langkah 4. Berikutnya beri centang pada opsi Main pad counter kemudian klik Initialize dan tunggu proses reset Epson L120 hingga selesai.

Cara Reset printer Epson L120 - Initialize

Langkah 5. Setelah proses reset selesai, maka akan muncul "Please Turn On dan Turn Off your printer" dan silahkan restart printer Epson L120. Setelah restart maka lampu indikator akan berhenti bekedip yang berarti printer sudah tidak error.

2. Cara Reset Printer Epson L120 Manual

Cara untuk mereset printer Epson L120 berikutnya yaitu melalui tombol atau secara manual. Metode manual ini tentu tidak memerlukan aplikasi tambahan sehingga dapat menjadi alternatif untuk mereset printer.

Berikut langkah-langkah cara reset printer Epson L120 secara manual:

  1. Pertama silakan cabut kabel power selama kurang lebih 5 menit untuk memastikan tidak ada daya listrik yang tersimpan pada printer Epson L120.
  2. Setelah itu pasang kembali kabel power dan silahkan nyalakan printer.
  3. Kemudian tekan tombol power dan juga tombol resume (logo tinta) pada printer selama 5 detik dan lepaskan.
  4. Selanjutanya tekan dan tahan lagi kedua tombol tersebut selama 3 detik dan lepaskan. 
  5. Biarkan printer selama beberapa saat untuk proses reset. Setelah itu maka printer Epson L120 akan normal kembali.

Selesai...

Akhir Kata...

Begitulah cara reset printer Epson L120 dengan aplikasi Resetter dan secara manual, setelah melakukan reset silahkan lakukan tes dengan mencetak dokumen. Baiklah sekian saja artikel singkat ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama