√ Cara Nembak Wifi Jarak Jauh | Mudah dan Murah - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Cara Nembak Wifi Jarak Jauh
Cara nembak wifi jarak jauh - Halo sobat tekno, nah pada artikel kali ini saya akan membagikan tips dan pengalaman untuk menembak wifi jarak jauh yang sinyalnya tidak sampai pada perangkat yang dipakai seperti laptop dan komputer.

Biasanya istilah nembak wifi ini ditujukan untuk menangkap sinyal dari Access Point standar yang diberikan ISP seperti Telkom yang kekuatan dan jangkauan sinyal yang dihasilkan tidak terlalu jauh, hanya dapat dijangkau pada area beberapa meter saja.

Nah untuk cara nembak wifi yang saya gunakan ini yaitu dengan jarak hingga ratusan meter dan terbilang tidak begitu jauh namun efektif untuk mendapatkan sinyal yang lebih bagus dan stabil meskipun tanpa modem maupun router.

Tingkat keberhasilan nembak wifi dipengaruhi banyak faktor. Yang pertama tentunya lokasi dan kemungkinan halangan sinyal seperti pohon dan gedung. Cuaca juga sangat berpengaruh pada saat menembak wifi karena menggunakan tipe jaringan wireless.

Untuk alat dan bahan untuk menembak wifi jarak jauh pun tak perlu mahal yaitu dengan bermodalkan USB wifi yang seharga 100 ribu. Ya inilah memang versi murahnya, apabila Anda ingin nembak wifi yang lebih bagus, tentu perlu alat seperti Antena grid dan router yang tentunya perlu biaya yang lebih mahal.

Alat dan bahan

Berikut adalah rincian dari alat dan bahan yang diperlukan untuk nembak wifi jarak jauh dengan harga yang murah.
  • Laptop atau komputer
  • USB Wifi tipe TL-WN772N atau sejenisnya
  • (Harga sekitar 100 ribu)
  • Kabel USB extender
  • (Jumlah yang diperlukan tergantung jarak pemasangan ke komputer, kabel USB ini biasa dihargai 20 ribu dengan panjang 5 meter)
  • Reflektor antena (bisa berupa kaleng atau sejenisnya)

Cara Nembak Wifi Jarak Jauh

Berikut persiapan dan konfigurasi cara nembak wifi dengan alat sederhana dari jarak jauh. Bisa diterapkan pada wifi tentangga, wifi sekolah dan wifi id.

Pertama yaitu menginstal driver USB wifi TP-LINK TL-WN722N. Masukkan CD driver yang biasanya sudah tersedia saat Anda membeli USB wifi tersebut. Kemudian instal program setup hingga selesai.
USB wifi tl-link nembak wifi
Apabila Anda tidak mempunyai CD driver USB wifi untuk nembak wifi ini, Anda bisa mendownload filenya melalui situs resmi TP-LINK.

Setelah menginstal driver, maka USB wifi sudah bisa digunakan untuk menangkap sinyal wifi yang lebih bagus dan stabil dari wifi bawaan laptop.

Selanjutnya yaitu menentukan lokasi yang memungkinkan sinyal wifi dapat ditangkap secara langsung tanpa adanya halangan seperti pohon ataupun bagunan. Anda bisa menggunakan tiang jika diperlukan.
reflektor nembak wifi
Pasang USB wifi pada reflektor dengan melubangi bagian tengahnya agar bisa menangkap sinyal yang lebih jauh. Langkah ini opsional tetapi saya sangat menyarankan penggunaan reflektor agar lebih menguatkan sinyal dan sebagainya pelindung USB wifi.
usb extender nembak wifi
Setelah itu konfigurasi USB Wifi dengan menempatkannya pada tempat yang berpotensi mendapatkan sinyal yang lebih bagus. Kemudian sambungan USB dengan kabel USB extender menuju komputer atau laptop yang berada didalam rumah.

Akhir Kata...

Nah begitulah cara nembak wifi dengan biaya yang murah dan tentu konfigurasi yang cukup mudah. Sekian saja artikel ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama