√ 3 Cara Mengatasi Lupa Password MikroTik di Winbox - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Cara Mengatasi Lupa Password MikroTik di Winbox
Lupa password MikroTik - Salah satu cara yang sering digunakan untuk login MikroTik adalah melalui aplikasi Winbox. Namun terkadang pengguna lupa kata sandi atau username MikroTik, sehigga pengguna tidak dapat login melalui Winbox untuk melakukan konfigurasi MikroTik.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips cara mengetahui password dan username MikroTik yang lupa dengan mudah. Baiklah langsung saja berikut tutorial cara mengatasi lupa password MikroTik pada aplikasi Winbox.

Cara Mengatasi Lupa Password MikroTik

Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengetahui username dan password router MikroTik maupun MikroTik OS yang lupa.

1. Melalui Data Winbox di PC

Cara mengatasi lupa password MikroTik yang pertama yaitu melalui explorer pada Windows. Cara ini akan berfungsi apabila sebelumnya PC/laptop pernah digunakan untuk login Mikrotik melalui Winbox. Jadi pastikan Anda menggunakan PC yang sebelumnya sudah pernah login pada MikroTik yang lupa passwodnya.

Langkah 1: Buka Windows Explorer, kemudian buka pada alamat file berikut:

C:\Users\(Nama pengguna)\AppData\Roaming\Mikrotik\Winbox

Langkah 2: Pada folder tersebut silahkan buka file setting.cfg.viw menggunakan teks editor seperti Notepad atau Notepad++. Kemudian cari kata login dan pwd, dan disebelah kata tersebut Anda dapat mengetahui username dan password MikroTik yang lupa.

Lupa Password MikroTik di Winbox

Keterangan:
  • addr: Mac Address MikroTik
  • login: Username MikroTik
  • pwd: Password MikroTik
  • note: Identity atau nama MikroTik

2. Menggunakan Mikrotik Recovery Tool

Cara mengetahui password MikroTik yang lupa berikunya yaitu menggunakan MRT atau MikroTik Recovery Tools. Untuk menggunakan cara ini, Anda memerlukan file backup dari konfigurasi MikroTik yang berformat .backup, jadi persiapkan file backup terlebih dahulu.

Langkah 1: Pertama silahkan kunjungi situs MikroTik Recovery Tools melalui link berikut.

https://www.mikrotikpasswordrecovery.net

Langkah 2: Berikunya kMie file lalu cari dan pilih file backup MikroTik. Kemudian klik submit, setelah itu akan muncul username dan password MikroTik pada kolom dibawahnya.

Mikrotik Recovery Tool

3. Hard Reset MikroTik

Cara terakhir untuk mengatasi lupa password MikroTik adalah dengan melakukan reset melalui tombol reset. Dengan menggunakan cara ini maka semua konfigurasi MikroTik akan terhapus dan Anda perlu untuk mensetting ulang dari awal. Berikut cara mereset MikroTik melalui tombol reset.

Baca juga: 3 Cara Reset MikroTik ke Default
  • Pastikan router MikroTik dalam keadaan mati dan tidak terhubung ke daya listrik. Anda perlu melepas kabel power sebelum reset MikroTik.
  • Tekan dan tahan tombol reset router MikroTik menggunakan ujung pensil, bolpe atau alat sejenisnya.
  • Masih dalam posisi menekan tombol power. Silahkan hubungkan power/adapter MikroTik.
  • Berikutnya router MikroTik akan menyala dan lampu indikator akan berkedip beberapa kali.
  • Setelah lampu ACT berhenti berkedip lalu menyala normal, silahkan lepas tombol reset dan MikroTik sudah selesai direset.

Akhir Kata..

Nah begitulah cara mengatasi lupa password MikroTik di Winbox dengan mudah. Pastikan Anda mencentang opsi Keep Password pada aplikasi Winbox supaya password MikroTik tersimpan di aplikasi Winbox dan Anda tidak perlu untuk mengetik ulang setiap melakukan login.

Selain itu sebaik Anda rutin melakukan backup dan menyimpan file backup ke PC setiap melakukan perubahan konfigurasi pada MikroTik. Baiklah sekian saja artikel singkat ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama