√ Cara Blokir Situs di MikroTik dengan Layer 7 Protocol - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

cara blok situs mikrotik layer 7 protocol
Cara blokir situs di MikroTik dengan layer 7 protocol - Ada banyak cara untuk memblokir website menggunakan MikroTik dan salah satu metode yang paling sering digunakan adalah fitur firewall layer 7 protocol. Fitur ini memang ampuh memblokir situs http maupun https.

Nah pada kesempatan ini saya akan membagikan tutorial cara blok situs di MikroTik dengan layer7 protocol ini. Kali ini saya akan mencoba untuk memblokir situs web yang sering digunakan untuk percobaan blokir dengan MikroTik routerboard yakni youtube.com dan bsnp-indonesia.org.

Baca juga: 5 Metode Cara Memblokir Situs di MikroTik Web Proxy, Filter rule, Content

Layer 7 Protocol sendiri adalah metode pemfilteran terhadap paket data yang berada pada jalur ICMP, TCP dan UDP. Layer 7 Protocol merupakan fitur firewall yang lebih komplek dari fitur lainnya, service yang terdapat pada Layer 7 adalah HTTP, SNTP, FTP dan lainnya.

Cara Blokir Situs di MikroTik Layer 7 Protocol

Berikut cara blok situs YouTube di MikroTik menggunakan Layer 7 Protocol, bisa diterapkan pada MikroTik routerboard RB941, RB750 dan VirtualBox via aplikasi Winbox.

Sebelum memblokir situs website Youtube atau BSNP Indonesia, pastikan situs tersebut dapat diakses dengan normal dan tanpa kendala.

1. Pertama silahkan pilih menu IPFirewall → setelah masuk pada menu firewall silahkan pilih tab Layer7 Ptotocol. Lalu pilih menu Add (+).

cara blok situs mikrotik layer 7 protocol

2. Selanjutnya akan muncul tab Firewall L7 Protocol. Silahkan isi Name sesuai keinginan, disini saya mengisinya dengan YouTube dan pada Regexp isi domain website yang akan diblokir dengan script layer 7 ^.+(domain.com).*$ dan disini akan memblokir Youtube maka isi dengan:

^.+(youtube.com).*$

Anda juga bisa blok file di MikroTik dengan layer7 protocol, berikut contoh penulisan regexp untuk blokir file ekstensi mp3 dan mkv di MikroTik.

\\.(mp3)
\\.(mkv)

cara blok situs mikrotik layer 7 protocol

3. Setelah itu pilih tab Filter Rules dan klik Add(+). Pilih Chain forward karena akan memblokir data yang melalui MikroTik. Pada In. Interface silahkan pilih ether mana yang akan diblokir situsnya, disini saya akan memilih Ether 2, maka ether lainnya masih bisa mengakses situs dengan lancar.

Apabila ingin memblokir situs pada semua ether, silahkan kosongkan opsi In. Interfacenya.

cara blok situs mikrotik layer 7 protocol

4. Beralih pada tab Advanced silahkan pilih situs yang akan diblokir pada menu Layer7 Protocol yaitu YouTube.

cara blok situs mikrotik layer 7 protocol

5. Terakhir silahkan klik tab Action kemudian pilih opsi drop pada menu Action. Setelah itu klik OK.

cara blok situs mikrotik layer 7 protocol

Selesai .... Cek situs yang sudah diblokir dengan layer 7 protocol yaitu youtube.com dan hasilnya akan seperti berikut

cara blok situs mikrotik layer 7 protocol

Akhir Kata...

Nah begitulah tutorial cara blokir situs di MikroTik dengan Layer 7 Protocol yang terbukti ampuh untuk memblokir berbagai situs web. Apabila ada langkah-langkah yang kurang jelas silahkan komen dibawah ya... Sekian Saja artikel ini dan semoga bermanfaat.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama