√ Cara Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste dengan CSS - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Cara Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste
Cara agar blog tidak bisa di copy paste - Konten atau artikel blog yang di copas mentah-mentah merupakan masalah umum yang dialami seorang blogger. Seseorang dapat dengan mudah untuk mengcopas artikel Anda, cukup dengan klik kanan copy dan paste kemudian mempublikasikannya.

Dengan begitu blog akan memiliki artikel baru tanpa perlu capek mengetik dan memikirkan ide. Meskipun terdapat opsi untuk melakukan rewrite atau menulis ulang dengan bahasa yang berbeda, namun masih ada saja oknum yang copy paste tanpa perubahan apapun.

Sekalipun artikel yang di copy paste tersebut diberi keterangan sumber namun tanpa perubahan apapun tentu dapat menimbulkan dampak negatif atau kerugian pada blog.

Disampingnya dampak negatif yang ditimbulkan dari copy paste artikel, dapat disimpulkan bahwa artikel yanh Anda buat berkualitas dan membuat orang tertarik. Untuk menghindari pencurian artikel ini, Anda bisa menerapkan cara berikut agar artikel blog tidak dapat di copy paste.

Cara Agar Artikel Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Berikut tutorial supaya blog tidak bisa di copy paste menggunakan CSS yang tentunya support di berbagai browser seperti Mozilla, Chrome dan Opera.

Langkah 1: Pertama bagi Anda khususnya pengguna blogger, Anda dapat masuk blogger.com → Tema → lalu pilih Edit HTML.

Langkah 2: Setelah itu copy code berikut lalu pastekan diatas tag </style> atau diatas ]]></b:skin>. Lalu Simpan Tema.

Untuk memudahkan pencarian tag tersebut, silahkan gunakan tool pencarian (ctrl + f).

.post-body {
-webkit-user-select: none;
-khtml-user-select: none;
-moz-user-select: none;
-ms-user-select: none;
-o-user-select: none;
user-select: none;

CSS tersebut berfungsi agar artikel blog yang berupa teks tidak dapat di blok. Tentunya blog Anda tidak dapat dicopas.

Apabila tidak berfungsi maka ganti class .post-body dengan class/id yang digunakan pada template Anda. Kebanyakan template menggunakan class .post  atau .post-body untuk mengatur CSS pada artikel, jadi kemungkinan berfungsi diberbagai template blogger.

Cara Agar Gambar Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Opsi selanjutnya yaitu cara agar gambar blog tidak dapat didownload atau dicopas dengan menggunakan CSS yang sama dengan metode sebelumnya.

Langkah 1: Masih pada menu edit HTML, silahkan pastekan kode berikut diatas tag  </style> atau diatas ]]></b:skin>. Kemudian Simpan Tema.

.post-body img{
-webkit-user-select: none;
-khtml-user-select: none;
-moz-user-select: none;
-ms-user-select: none;
-o-user-select: none;
user-select: none;
pointer-events:none
}

Anda juga dapat menggabungkan CSS teks sebelumnya dan gambar agar tidak bisa dicopas menjadi seperti berikut agar lebih ringkas...

.post-body, .post-body img{
-webkit-user-select: none;
-khtml-user-select: none;
-moz-user-select: none;
-ms-user-select: none;
-o-user-select: none;
user-select: none;
pointer-events:none
}

Bagaimana Agar Komponen Tertentu Masih Bisa di Copas?

Beberapa komponen HTML perlu disesuaikan agar bisa dicopy, beberapa komponen tersebut adalah quote dan syntax highlighter, yang tentunya diperlukan untuk blog tutorial, berikut tutorialnya.

Langkah 1: Masih seperti sebelumnya, silahkan masuk pada editor template atau menu Edit HTML blogger.

Langkah 2: Pastekan kode berikut diatas tag </style> atau diatas ]]></b:skin>. Pastikan Anda paste kode berikut dibawah kode yang sebelumnya ditambahkan. Lalu klik Simpan Tema.

blockquote, pre, code
{
-webkit-touch-callout:text;
-webkit-user-select:text;
-khtml-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-moz-user-select:text;
user-select:text;
}

Selesai .... cara ini tidak menjamin akan efektif karena masih bisa dihapus dengan cara tertentu, tapi setidaknya Anda sudah berusaha untuk mencegah artikel agar tidak di copy paste.

Akhir Kata...

Nah jadi begitulah cara agar blog tidak bisa di copy paste dengan menggunakan CSS, bagaimana mudah bukan penerapannya?. Apabila terdapat pembahasan yang kurang jelas, silahkan komen dibawah. Sekian saja artikel ini dan semoga bermanfaat.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama