√ Macam-macam Antena Jaringan, Fungsi dan Karakteristiknya - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Macam-macam antena jaringan dan fungsinya
Macam-macam antena jaringan dan fungsinya - Antena adalah alat yang digunakan untuk penyebar dan penerima gelombang elektronik. Pada umumnya antena jaringan digunakan untuk memancarkan dan menangkap sinyal Wi-Fi yang jauh, seperti antar gedung tidak memingkan untuk smartphone atau komputer untuk mendapatkan sinyal.

Fungsi antena jaringan komputer adalah mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik, lalu meradiasikannya (pelepasan energy elektromagnetik ke udara/ruang bebas) dan juga sebaliknya. Dengan begitu maka pertukaran data tidak memerlukan kabel atau biasa disebut wireless.

Pada umumnya macam-macam antena jaringan nirkabel bisa digolongkan ke dalam dua jenis berdasarkan pola radiasinya yaitu omnidirectional dan directional. Apa itu antena omnidirectional dan antena directional?, berikut penjelasan atau pengertian antena omnidirectional dan diretional:

Antena Omni Directional: adalah antena sebagai pemancar yang memiliki polarisasi atau arah pancaran ke segala arah atau bisa dibilang 360 derajat.

Antena Directional: adalah antena pengarah yang bisa sebagai pemancar maupun sebagai penerima dengan polarisasi ke arah tertentu atau satu arah saja.

Macam-macam Antena Jaringan

Ada berbagai antena yang termasuk dalam omni directional dan directional yang memiliki fungsi beserta kelebihan kekurangan masing-masing sesuai kebutuhan penggunanya. Berikut macam-macam antena jaringan komputer beserta karakteristiknya.

1. Antena Jaringan Omni

Macam-macam Antena jaringan omni
Antena omni merupakan antena jaringan yang difungsikan sebagai mode AP (pemancar) karena jangkauannya yang luas, memiliki gain 3-13 dBi. Antena omni merupakan antena yang paling sering digunakan sebagai hotspot atau RT RW Net yang memiliki dua macam frekuensi, yakni 2,4 Ghz dan 5,8 Ghz . Berikut karakteristik antena jaringan omni:

  • Bentuk antena seperti tongkat
  • Polarisasi atau arah pancaran ke segalah arah (360 derajat)
  • Coverage area luas tetapi jangkauan yang pendek
  • Termasuk tipe jaringan PTMP (Point To Multi Point)

2. Antena Jaringan Sectoral

Macam-macam Antena jaringan sectoral
Antena sectoral hampir mirip dengan antena omni perbedaan yang paling mencolok yakni arah pancarannya, antena omni bisa sampai 360 derajat sedangkan antena sectoral hanya bisa mencapai setengahnya yakni 180 derajat. Antena jaringan ini memilik gain antara 10-19 dBi, dan berikut karakteristiknya:

  • Berbentuk seperti tabung
  • Polarisasi kearah tertentu yakni 45-180 derajat
  • Termasuk tipe jaringan PTP (Point to Point) maupun PTMP

3. Antena Jaringan Grid

Macam-macam Antena jaringan grid
Antena grib merupakan antena yang digunakan sebagai client jarak jauh yang menggunakan topologi PTP atau Point to Point yang dimana pemancar dan penerima sama-sama menggunakan antena grid.

Frekuensi antena jaringan grid adalah 2,4 Ghz dan juga 5,8 Ghz, yang memiliki gain hingga 27 dBi. Untuk komponennya terdiri atas tiga macam, yaitu reflextor,pole, dan jumper. Berikut karakteristik yang dimiliki antena grid:

  • Antena ini berbentuk seperti jaring
  • Polarisasi ke arah tertentu atau satu arah
  • Biasanya terdapat pasangan berupa antena yang sama, satu sebagai pemancar dan satu lagi sebagai penerima
  • Termasuk tipe jaringan PTP atau Point To Point

4. Antena Jaringan Yagi

Macam-macam Antena jaringan yagi
Antena yagi terdiri atas driven(titik catu dari kabel), reflektor(pemantul), dan director(pengarah), memiliki gain hingga 16 dBi. Antena yagi lebih cocok digunakan sebagai mode client yang diarahkan ke pemancar seperti ke antena omni, sectoral, dll. Antena yagi juga memiliki dua macam frekuensi 2,4 dan 5,8 Ghz, berikut karakteristik yang dimiliki antena jaringan yagi:

  • Antena ini berbentuk seperti tulang ikan
  • Polarisasi ke arah tertentu atau satu arah
  • Termasuk tipe jaringan PTP

Tambahan


5. Antena Jaringan Parabolik (Solid Disc)

Macam-macam Antena jaringan parabolik
Antena parabolik hampir sama dengan antena grid hanya saja jangkauan lebih fokus, yaitu 18-28 dBi. Tentu dalam urusun jarak jangkauan antena ini lebih unggul ketimbang antena grid. Antena ini biasa diaplikasikan untuk tipe jaringan point to point jarak jauh.

6. Antena Jaringan Wajan Bolik

Macam-macam Antena jaringan wajan bolik
Antena wajan bolik berbentuk seperti wajan, hla emang dibuatkan dari wajan :V (canda gan biar gak puyeng). Antena Jaringan ini hampir sama dengan parabolik yang membedakan hanyalah pada reflektor parabolic-disc yang menggunakan wajan.

Antena wajan bolik banyak digunakan untuk memperkuat jangkauan usb wifi yang sudah tidak mampu menangkap sinyal yang terlalu jauh. Jangkauan antena wajan bolik tidak begitu jauh, hanya ratusan meter saja.

Akhir Kata

Itu tadi macam-macam antena jaringan beserta fungsi dan karakteristiknya. Ada beberapa jenis antena jaringan yang bisa digunakan mengelolah jaringan komputer dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sekian saja artikel ini dan semoga bermanfaat.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama