√ Cara Update Driver AMD Radeon Adrenalin 2020 - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Cara Update Driver VGA AMD Radeon Adrenaline 2020
Cara update driver AMD Adrenalin di PC dan Laptop - Halo sobat tekno, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial untuk menginstal atau mengupdate driver VGA AMD menggunakan AMD Radeon Software Adrenalin 2020 yang merupakan dari versi terbaru sekaligus penerus versi AMD Crimson.

AMD Radeon Software Adrenalin merupakan software yang digunakan untuk mengelolah driver grafis dari AMD. Selain menghadirkan performa yang lebih baik, AMD Radeon Software Adrenalin juga memiliki fitur-fitur terbaru dan tentunya perbaikan bugs pada beberapa perangkat.

Untuk fitur terbarunya meliputi Radeon Boost peningkatan performa bermain game hingga 23%, AMD Link, Integer Display Scaling, DirectML Media Filter, Image Sharpering dan Anti Lag. Baiklah langsung saja berikut tutorial untuk mengupdate driver AMD terbaru.

Uninstal Driver AMD Sebelumnya

Langkah ini bersifat opsional sebelum Anda update driver AMD, namun saya menyarankan untuk membersihkan driver sebelumnya agar tidak terjadi error dan file lama tidak menumpuk. Apabila PC atau Laptop Anda belum terinstal driver, silahkan skip langkah ini. Berikut cara untuk menghapus driver VGA AMD yang digunakan sebelumnya.

  • Buka Control PanelUninstal a program.
  • Kemudian cari AMD Software, lalu klik kanan dan pilih Unistall dan konfirmasi Yes.
  • Tunggu proses hingga selesai dan pilih Restart Now.

Di atas adalah cara normal menghapus aplikasi jika komputer tidak memiliki masalah. Apabila komputer memiliki masalah tertentu pada driver VGA, maka Anda bisa menggunakan cara berikut untuk menghapus driver VGA secara total.

  • Download AMD Cleanup Utility pada link berikut.
  • Pada opsi reboot and run in safe mode?, pilih Yes, dan komputer akan restart ke safe mode.
  • Setelah memasuki safe mode, akan muncul pemberitahuan untuk menghapus driver, silahkan pilih OK dan tunggu proses hingga selesai.
  • Terakhir klik Finish dan komputer akan restart kembali ke mode normal.

Cara Update Driver AMD

Berikut langkah-langkah untuk mengupdate atau menginstal driver VGA AMD Radeon Software Adrenalin ke versi terbaru 2020.

Langkah 1: Pertama yaitu cek spesifikasi dari hardware yang Anda gunakan, caranya cukup mudah, yaitu jalankan program dxdiag. Untuk lebih jelasnya, berikut cara cek spesifikasi menggunakan dxdiag.

  • Jalankan program Run (Windows+R) atau bisa menggunakan fitur search.
  • Ketik dxdiag kemudian Enter, kemudian pilih tab Display.

Cek Spesifikasi VGA AMD Radeon Radeon Adrenaline 2020

Langkah 2: Kemudian kunjungi situs resmi AMD berikut amd.com/en/support. Silahkan pilih perangkat yang Anda gunakan melalui form search atau opsi dibawah. Pastikan Anda memilih versi driver dengan benar untuk seri laptop maupun PC desktop, setelah itu pilih SUBMIT.

Pilih Driver AMD Radeon Radeon Adrenaline 2020

Langkah 3: Pada halaman selanjutnya, pilih versi sistem operasi yang Anda gunakan, disini saya menggunakan Windows 10 64-bit. Kemudian pilih versi Recommended (WHQL) lalu klik tombol DOWNLOAD.

Versi Recommended Windows Hardware Quality Labs (WHQL) merupakan versi driver final dan stabil, sedangkan Opsional merupakan versi terupdate untuk game-game terkini, versi ini merupakan versi BETA.

Download Driver AMD Radeon Radeon Adrenaline 2020

Bingung mencari driver yang cocok?

Silahkan kembali ke halaman amd.com/en/support, lalu scroll ke bawah. Klik DOWNLOAD pada aplikasi Auto-Detect and Install Radeon Graphics Drivers for Windows.

Setelah selesai mendownload, jalankan dan aplikasi akan mencari kemudian mendownload driver yang sesuai secara otomatis.

Download Auto-Detect AMD Radeon Radeon Adrenaline 2020

Langkah 4: Setelah selesai mendownload file driver VGA AMD, silahkan jalankan aplikasinya dan klik Install, secara default setup akan menginstal dipartisi sistem yaitu local disk C dan membutuhkan ruang penyimpanan sekitar 1,2GB.

Instal Driver AMD Radeon Adrenaline 2020

Langkah 5: Silahkan itu akan muncul AMD Radeon Software Installer. Seperti sebelumnya, pastikan lokasi instal pada local disk C dan centang opsi Factory Reset (Recommended) untuk clean install. Lalu klik opsi Install untuk memulai update driver.

Instal Driver AMD Radeon Adrenaline 2020

Tunggu proses uninstall hingga selesai dan apabila layar blank beberapa detik, Anda tidak perlu khawatir, karena ini memang termasuk hal normal saat menghapus dan menginstal driver VGA AMD.

Instal Driver AMD Radeon Adrenaline 2020

Langkah 6: Setelah proses uninstall selesai, silahkan pilih Restart Now.

Instal Driver AMD Radeon Adrenaline 2020

Langkah 7: Setelah komputer sudah kembali menyala, proses instalasi dari AMD Radeon Software Installer akan dilanjutkan secara otomatis.

Instal Driver AMD Radeon Adrenaline 2020

Terakhir klik Finish maka proses update AMD Radeon Software Adrenalin 2020 sudah selesai.

Instal Driver AMD Radeon Adrenaline 2020

Update Melalui Aplikasi AMD Radeon Adrenalin

Selain mendownload driver melalui situs web, Anda juga bisa mengupdate driver AMD melalui aplikasi AMD Radeon. Pastikan PC atau laptop Anda memiliki akses internet, berikut cara update driver melalui aplikasi AMD Radeon.

Langkah 1: Buka aplikasi AMD Radeon, pilih menu Update lalu klik Check for Updates.

Update Driver AMD Radeon Adrenaline 2019

Langkah 2: Pilih New Recommended, lalu pilih Express Upgrade. Tunggu proses download file dan instal seperti langkah diatas.

Update Driver AMD Radeon Adrenaline 2019

Penutup

Begitulah cara update driver AMD Adrenalin 2020 ke versi paling terbaru. Untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru dari AMD, pastikan Anda selalu mengupdate dan menginstal driver VGA AMD ke versi terbaru. Baiklah, sekian saja artikel singkat ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama