√ Cara Setting User Management MikroTik (Read, Write & Full) - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Cara Setting User Management MikroTik
Cara Setting User Management MikroTik - Halo sobat, kali ini saya akan melanjutkan artikel tentang pembahasan MikroTik, yaitu cara konfigurasi atau mensetting user management di MikroTik menggunakan aplikasi Winbox.

User Management berfungsi untuk mengatur hak akses dari setiap user yang terdaftar di MikroTik. Jadi MikroTik bisa digunakan login beberapa user atau admin yang berbeda, nah dengan user management ini Anda dapat menentukan fitur mana yang dapat dilihat dan dimodifikasi oleh user tertentu.

User Management MikroTik

MikroTik memiliki tiga profil utama yaitu read, write dan full. Secara default MikroTik menyediakan satu user default dengan nama Admin dengan profil full.

Untuk cek profil atau group, Anda bisa mengeceknya pada menu SystemUsers TabGroups menggunakan aplikasi Winbox.

Group Management MikroTik

Berikut daftar profil default pada Group dan fitur yang diberikan.

Group Management MikroTik Full Read Write

Full: Hak akses yang memungkinkan mengakses semua fitur MikroTik, tidak hanya read dan write, tetapi juga dapat membuat user baru, profil ini merupakan hak akses tertinggi yanv digunakan oleh administrator.

Write: Hak akses yang diijinkan untuk melakukan perubahan konfigurasi, tetapi tidak diijinkan untuk membuat user dan merubah policy pada MikroTik.

Read: Merupakan hak akses yang hanya bisa melihat atau monitoring saja dan tidak bisa melakukan modifikasi ataupun pada MikroTik.

Untuk menambahkan groups silahkan klik Add(+), lalu isi nama dan hak akses yang akan diberikan. Setelah itu klik OK.

Group Management MikroTik Full Read Write

Cara Setting User Management MikroTik

Berikut langkah-langkah untuk mengkonfirmasi user management pada MikroTik.

Langkah 1: Silahkan login MikroTik menggunakan aplikasi Winbox. Apabila Anda belum memiliki Winbox, silahkan download melalui artikel berikut.

Baca juga: Download Winbox Terbaru 2020

Langkah 2: Pilih menu System, kemudian Users.

Langkah 3: Klik menu Add (+), pada tab New User silahkan isi mulai form Name, Group hingga Password.

Name: Isi dengan nama user yang akan dibuat sesuai keinginan.
Group: isi dengan profil sesuai hak akses yang diberikan.
Allowed Address: Isi dengan IP yang harus digunakan untuk digunakan user, bisa diisi IP Address seperti 192.168.10.20 atau IP network 192.168.100.0/24, kosongkan jika tidak diperlukan.
Password dan Confirm Password: Silahkan isi dengan password atau kata sandi, kosongkan opsi ini maka user baru tidak perlu password untuk login.

Cara Setting User Management MikroTik

Penutup

Nah itu tadi artikel singkat cara mensetting user management pada MikroTik menggunakan aplikasi Winbox, bagaimana mudah bukan?. Sekian saja artikel ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama