√ Cara Instal XAPK di Android | Mudah dan Cepat - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Cara Instal XAPK di Android
Cara Instal XAPK di Android - Halo sobat, pada artikel kali ini saya membagikan cara mudah dan cepat untuk menginstal file yang berformat (.xapk) di Android. Nah, bagi Anda yang sering mendowload aplikasi atau game melalui situs web mungkin sering menjumpai file XAPK ini.

File XAPK merupakan sebuah paket aplikasi Android yang berisi file aplikasi (.apk) dan file OBB, bahkan bisa juga berisi beberapa file apk sekaligus. Karena XAPK tergolong format file baru di Android, maka Android tidak bisa instal XAPK secara langsung. Dibutuhkan XAPK installer untuk bisa memasang XAPK di Android.

Karena berisi file aplikasi dan data yang berformat OBB, tentu file XAPK berukuran lebih besar dan biasanya berukuran di atas 500MB. Nah, disini saya akan mecoba menginstal file XAPK dari game PUBG Mobile yang berukuran sekitar 1,5 GB.

Cara Instal XAPK di Android

Untuk menginstal XAPK Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan dan tanpa aplikasi. Berikut dua cara yang bisa Anda gunakan untuk memasangXAPK di Android dengan mudah dan cepat. Apabila Anda menggunakan emulator seperti Gameloop, maka metode cara instal XAPK tentu sama saja.

1. Mengggunakan XAPK Installer

Cara memasang XAPK yang pertama yaitu menggunakan XAPK Installer. Karena file XAPK ini dibuat oleh situs APKpure, maka APKpure juga menyediakan aplikasi untuk menginstalnya. Berikut tutorial cara instal XAPK dengan cepat:

1. Download aplikasi XAPK Installer terbaru disini dan instal seperti biasa, pastikan Anda sudah memiliki file XAPK, bisa ditempatkan di memori internal maupun eksternal atau SD Card.

2. Buka aplikasi XAPK Installer dan pilih game PUBG yang akan diintal, apabila belum muncul silahkan pilih opsi Scan SDCard. 

3. Setelah itu pilih Install dan tunggu proses instalasi APK + OBB hingga selesai.

Cara Instal XAPK menggunakan XAPK Installer

Pastikan memori internal Anda cukup agar proses instalasi file XAPK berjalan lancar, setidaknya dua kali lipat dari ukuran file XAPK.

2. Instal XAPK Secara Manual

Pada dasarnya file XAPK juga merupakan paket aplikasi sejenis ZIP tentunya bisa dibuka dengan aplikasi sejenis RAR dan Zarchiver. Selain itu file manager bawaan Android juga bisa membuka file ZIP ini. Berikut tutorial cara instal XAPK tanpa aplikasi tambahan:

1. Siapkan file XAPK yang sudah didownload kemudian pilih opsi ganti nama atau rename pada File Manager, lalu ganti format dari .xapk menjadi .zip.
Cara Instal XAPK PUBG mobile

2. Kemudian extract file ZIP menggunakan aplikasi File Manager bawaan, RAR atau sejenisnya, untuk lokasi extractnya bisa di memori internal maupun eksternal.
Cara Instal XAPK PUBG mobile

3. Setelah selesai proses extract, silahkan buka folder hasil extract dan instal file APK hingga selesai, kemudian pindahkan file OBB pada folder Android pada memori internal.

Cara Instal XAPK PUBG mobile
Setelah selesai menginstal, mungkin Anda masih perlu melalukan sedikit update terbaru. Ukuran file dari update pun tidak akan terlalu besar karena data utama berupa file OBB sudah terinstal di Android.

Masalah Umum Saat Menginstal XAPK

Ada beberapa hal yang membuat error saat memasang file XAPK, salah satunya adalah perizinan penyimpanan. Pastikan Anda sudah mensetting permission pada aplikasi XAPK Installer melalui menu setting di Android Anda.

Selain itu gagal menginstal disebabkan karena file XAPK corrupt, jadi Anda perlu untuk medownload ulang file XAPK tersebut dan usahakan download menggunakan IDM dan jaringan yang stabil.

Ruang penyimpanan yang tidak mencukupi juga menjadi penyebab gagal instal XAPK. Oleh karena itu pastikan kamu mengkosongkan penyimpanan agar tidak terjadi muncul peringantan insufficient space error.

Penutup

Itu tadi pembahasan cara instal file khususnya game PUBG Mobile yang berformat .xapk, cukup mudah bukan cara menginstalnya?. Sekian saja artikel cara instal XAPK di Android, selamat mencoba dan semoga bermanfaat dan apabila terdapat masalah silahkan komen dibawah ya.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama