√ 6 Tips Memanfaatkan Domain untuk Sukses Berbisnis di Era Digital - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis Anda?
Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis di Era Digital - Perkembangan bisnis semakin hari kian pesat, apalagi di era modern saat ini. Banyak orang mencari produk dan melakukan transaksi melalui internet.

Saat ini bisnis dengan memanfaatkan internet (online) tak hanya dilakukan oleh perusahan besar. Siapapun bisa melalukannya mulai dari UKM (Usaha Kecil dan Menengah) hingga bisnis perorangan.

Untuk mencapai kesuksesan dalam menggeluti bisnis online, Anda perlu melalukan persiapan yang matang mulai dari dasar produk atau jasa hingga cara pemasarannya.

Banyak faktor yang menentukan kesuksesan bisnis, salah satunya adalah jangkauan dengan calon pembeli. Oleh karena itu Anda perlu memanfaatkan internet dengan maksimal.

Salah satu cara memanfaatkan internet untuk pemasaran yaitu dengan mendirikan website sendiri. Untuk membangun website maka Anda memerlukan sebuah domain.



Apa itu Domain?

Memanfaatkan domain untuk bisnis - pengertian domain
Domain adalah alamat situs web yang diketik pengguna internet pada URL bar browser untuk mengunjungi suatu situs web. Sebagai contoh wikipedia.org, shopee.co.id dan rumahweb.com.

Setiap website pasti memiliki alamat IP (IP Address) dan setiap website memiliki alamat IP yang berbeda. Domain ini difungsikan menggatikan peran alamat IP agar lebih mudah diingat dan diketik.

Secara sederhana, jika situs web adalah rumah, maka nama domain akan menjadi alamatnya. Dengan alamat maka rumah akan lebih mudah dicari dan dikunjungi, begitu juga dengan situs web.

Lalu jika web adalah rumah, tentu rumah tersebut dibangun diatas lahan. Lahan tersebut bisa diumpamakan adalah hosting. Hosting adalah layanan untuk menampung data-data website.

Dengan begitu selain domain, hosting juga menjadi hal yang penting dan saling dibutuhkan untuk membuat suatu website.


Tips Memilih Nama Domain


Sebelum membeli domain, Anda perlu mengetahui tips memilih nama domain. Berikut beberapa tips memilih nama domain yang baik dan sesuai untuk bisnis Anda

1. Gunakan Domain TLD

Memanfaatkan domain untuk bisnis - domain tld
TLD (Top Level Domain) merupakan tingkatan ekstensi domain tertinggi dari sistem nama domain. Sebagai contoh teknolalat.com, maka teknolalat adalah nama domain dan .com adalah domain TLD yang digunakan.

Penggunaan domain TLD merupakan hal wajib untuk meningkatkan SEO website Anda. Banyak ekstensi domain yang tersedia untuk digunakan, tetapi beberapa yang populer adalah .com .org dan .net.

2. Menggunakan Nama Brand


Penggunaan nama brand pada domain memang sangat disarankan. Selain sebagai identitas, menyisipkan nama brand pada domain memudahkan calon pembeli untuk mengenali produk.

Selain itu menyisipkan brand pada domain dapat meningkatkan SEO yang membuat mesin pencari seperti Google mudah mengenali website Anda.

Sebagai contoh Anda adalah pengusaha kue, Anda bisa membuat toko online dengan nama domain yang berakhiran bakery, seperti ekabakery.com, koreanbakery.com dan sebagainya.

3. Mudah Diingat dan Diucapkan

Memanfaatkan domain untuk bisnis - mudah diingat
Pemilihan nama domain merupakan faktor pertama untuk kesuksesan website Anda. Oleh karena itu tentukan dan pikir secara matang nama domain sebelum Anda membelinya.

Gunakan nama domain yang singkat sehingga mudah diingat. Dengan nama domain yang singkat, maka akan memudahkan calon pengunjung untuk mengaksesnya.

Sebaliknya, jika nama domain yang terlalu panjang terkadang membuat calon pengunjung salah ketik atau bahkan lupa saat ingin mengaksesnya.

Selain itu nama domain juga harus mudah diucapkan, dengan bergitu maka website Anda akan lebih mudah dikenal pengguna internet dari mulut ke mulut.


Memanfaatkan Domain untuk Bisnis


Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan domain. Berikut beberapa cara memanfaatkan domain untuk kemajuan bisnis Anda.

1. Membuat Blog Personal

Memanfaatkan domain untuk bisnis - blog personal
Bagi Anda yang memiliki hobi menulis, dengan domain Anda bisa membuat blog untuk menyalurkan ide kreatif dan ilmu dalam bentuk artikel.

Dengan blog Anda bisa mendapatkan sumber penghasilkan dari program iklan seperti Google Adsense, AdNow dan dari brand tertentu.

Untuk membangun blog personal, Anda tidak memerlukan banyak modal. Cukup mendaftar pada blogger.com dan membeli domain murah disitus Rumahweb Indonesia untuk mendapatkan berbagai promo menarik.

Namun jika Anda ingin lebih profesional, Anda dapat membeli hosting dan berganti CMS (Content Managemen System) ke Wordpress atau Joomla.

2. Membuat Website Toko Online

memanfaatkan domain untuk bisnis - toko online
Untuk meningkatkan pemasaran produk dan jasa, Anda bisa menggunakan domain untuk membuat website toko online dengan menggunakan nama brand atau merk Anda.

Dengan memiliki website toko online sendiri, maka bisnis Anda akan lebih banyak dijangkau masyarakat khususnya pengguna internet. Karena mereka tau produk yang ditawarkan dan alamat perusahan secara detail.

Banyak sekali produk yang bisa dijual melalui toko online ini, mulai dari perangkat elektronik, fashion, makanan dan lain sebagainya.

Biasanya penawaran produk secara online dimulai dari sosial media seperti Instagram, Facebook dan Twitter. Saat calon pembeli memilih produk dari media sosial, maka mereka akan diarahkan ke website toko online.

Memanfaatkan domain untuk bisnis - sosial media

Selanjutnya calon pembeli akan melakukan transaksi melalui website yang aman karena diproses melalui sistem. Dengan begitu calon pembeli tidak akan ragu untuk membeli produk yang ditawarkan.

Berbeda dengan produk yang tidak menggunakan transaksi melalui website. Calon pembeli tentu akan ragu-ragu karena keamanan yang belum terjamin.

Untuk membangun website toko online, sangat disarankan untuk menggunakan hosting sebagai tempat penyimpanan database dan file website.

Dengan membeli hosting, Anda dapat menginstal CMS e-commerce seperti OpenCart, Prestashop dan Magento untuk mengelolah toko online Anda.

Nah, untuk membeli hosting murah, Anda juga dapat mendapatkannya di situs Rumahweb Indonesia. Dengan membeli hosting maka Anda mendapatkan gratis domain dan berbagai fitur seperti CMS.

3. Membuat Website Perusahaan (Company Profile)


Sebagai perusahan profesional, memiliki website adalah suatu hal yang wajib. Dengan domain Anda bisa membuat website tentang profile perusahaan.

Perusahaan yang tidak memiliki website tentu akan memiliki pandangan yang kurang bagus di masyarakat. Selain itu akan kalah saing dengan perusahaan yang memanfaat website.

Dengan website, perusahaan dapat menampilkan info penting mulai dasar bisnis yang dijalankan hingga lowongan pekerjaan.


Untuk membuat website perusahaan pun cukup mudah. Dengan berlangganan paket hosting profesional di Rumahweb Indonesia, Anda bisa menggunakan fitur Website Builder untuk membuat website dengan cepat.

Website builder merupakan salah satu tools untuk membuat website dengan mudah, Anda cukup menggunakan fitur drag and drop building pada elemen web yang dibutuhkan tanpa perlu melakukan coding.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beragam template yang sudah disediakan dengan desain kekinian yang keren dan terlihat profesional. Bagaimana mudahkan cara membuat website?.

4. Membuat Website Edukasi

Memanfaatkan domain untuk bisnis - web edukasi
Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang tertentu dan suka mengajar, Anda dapat menggunakan domain untuk membuat website edukasi.

Tak hanya memuat informasi penting, Anda juga dapat menambahkan fitur kursus online. Dengan kursus online Anda bisa mendapatkan penghasilkan tambahan.

Saat ini memang sudah banyak website edukasi, salah satu website edukasi yang populer adalah quipper dan ruangguru, website ini berisi materi-materi pada jenjang pendidikan.

5. Membuat E-mail Profesional


Manfaat penting dari domain adalah memiliki custom email sendiri. Dengan menjalankan bisnis online maka Anda tidak disarankan menggunakan layanan e-mail gratis, seperti google mail (@gmail.com) dan yahoo mail (@yahoo.com).

Menggunakan layanan e-mail gratis untuk bisnis tentu akan terlihat tidak profesional, selain itu juga membuat kepercayaan calon pembeli menurun.

Dengan membeli hosting murah di Rumahweb, Anda sudah bisa memiliki fitur custom e-mail ini. Untuk membuat custom e-mail Anda cukup masuk cPanel → pilih E-Mail Account → isi data → klik Create.

Sebagai contoh membuat custom e-mail untuk PT Gemilang yang memiliki domain gemilang.com, maka Anda bisa membuat e-mail sesuai domain yaitu user@gemilang.com. Bagaimana, terlihat profesional bukan?.

6. Forwarding ke Laman Sosial Media

Memanfaatkan domain untuk bisnis - forwarding
Forwarding juga bisa diartikan redirect, forwarding merupakan fitur yang digunakan untuk mengalihkan domain Anda ke alamat website tertentu.

Biasanya fitur forwarding ini digunakan untuk membelokkan alamat website ke akun sosial media yang menjadi pusat bisnis online Anda. Bisa seperti Instagram, Shopee, Bukalapak dan sebagainya.


Kesimpulan


Domain adalah alamat situs web untuk menggantikan peran alamat IP. Domain memiliki berbagai ekstensi, tetapi yang populer adalah .com, .org dan .net.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan memiliki domain. Mulai dari membuat blog, website toko online, company profile, website edukasi hingga forwarding ke halaman sosial media.


Baiklah, sekian saja artikel Tips Memanfaatkan Domain untuk Sukses Berbisnis di Era Digital yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama