√ Cara Instal MikroTik di VirtualBox beserta Konfigurasinya - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Cara Instal dan Setting MikroTik di VirtualBox

Cara Instal MikroTik di Virtual Box - Halo sobat, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang MikroTikOS, yaitu tutorial instalasi MikroTikOS menggunakan software VirtualBox yang bisa Anda gunakan untuk belajar MikroTik tanpa memerlukan router.

Sebelum menuju tutorial instal dan cara setting MikroTik di VirtualBox dengan Winbox. VirtualBox adalah software virtualisasi yang dapat digunakan untuk menjalankan sistem operasi 'tambahan' di dalam sistem operasi 'utama'. VirtualBox dapat digunakan untuk menjalankan berbagai OS sekaligus seperti Linux, Debian, Windows dan tentunya MikroTik.

MikroTik menyediakan produk berupa hardware dan software. Produk hardware unggulan MikroTik berupa router, sedangkan untuk software adalah MikroTikOS yang bisa diinstal laptop maupun komputer untuk difungsikan sebagai router. Baiklah langsung saya simak tutorial cara instal MikroTik di VirtualBox di bawah ini.

Bahan

Cara Instal MikroTik di VirtualBox

Dengan Virtual Box, kamu sudah dapat menjalankan MikroTik tanpa perlu membeli perangkat routernya. Berikut tutorial cara menginstal MikroTik router OS di laptop maupun komputer menggunakan VirtualBox lengkap dengan gambar.

  1. Instal dan jalankan VirtualBox seperti biasa, Setelah itu pilih menu New untuk membuat sistem operasi virtual baru yaitu MikroTik virtual.
    Cara Instal MikroTik di VirtualBox New
  2. Berikutnya akan muncul tab Create Virtual Machine, silahkan isi form Name menjadi Mikrotik dan Machine Folder/Folder instalasi sesuai keinginan, disini saya memilih pada Disk G:\VitualBox VMs. Setelah itu klik Next.
    Cara Instal MikroTik di VirtualBox Folder Instalasi
  3. Selanjutnya pilih ukuran RAM untuk MikroTik, dengan ukuran 64MB saja sudah cukup membuat MikroTik OS berjalan lancar di VirtuslBox, lalu klik Next.
    Cara Instal MikroTik di VirtualBox RAM
  4. Pada tab berikutnya pilih Create a Virtual hard disk now dan pilih Create.
    Cara Instal MikroTik di VirtualBox
  5. Pilih tipe file vitual dari MikroTik OS yaitu VDI(VirtualBox Disk Image) dan klik Next.
    Cara Instal MikroTik di VirtualBox VDI
  6. Pada tab berikutnya pilih Dynamically allocated dan klik Next.
    MikroTik di VirtualBox Dynamically allocated
  7. Pastikan tempat file Mikrotik.vdi sudah sesuai dan pilih ukuran maksimal untuk filenya, disini saya menggunakan ukuran maksimal sebesar 100MB namun kamu bisa menggantinya sesuai selera, setelah itu klik Create.
    Instal MikroTik di VirtualBox ukuran VDI
  8. Setelah langkah diatas selesai maka Mikrotik sudah tampil pada list sistem operasi VirtualBox yaitu Mikrotik, selanjutya klik menu Setting.
    Setting MikroTik di VirtualBox
  9. Pilih menu Storage kemudian pilih Empty dan pilih file Mikrotik.iso yang sudah didownload.
    Pilih ISO MikroTik di VirtualBox
  10. Selanjutnya masuk pada menu Network, centang pada Enable Network Adapter dan pilih Host only Adapter yang berfungsi untuk menghubungkan MikroTik OS di VirtualBox ke PC nyata, lalu klik OK.
    VirtualBox Host Only Adapter
  11. Setelah langkah setting diatas selesai selanjutnya klik Start untuk memulai cara instal MikroTik OS di VirtualBox pada sistem operasi MikroTik.
    Instal MikroTik di VirtualBox start
  12. Pada tampilan cara instalasi berikut kita akan menentukan fitur mana saja yang akan diinstal dengan menekan tombol 'space' pada keyboard. Jika ingin menginstal semua fitur maka tekan tombol 'a' dan tombol 'i' untuk memulai proses installasi MikroTik OS. Pada 'Do you want to keep old configuration?' pilih 'n' kemudian pada 'Continue?' pilih 'y' dan tunggu proses installasi.
    Cara Instal MikroTik di VirtualBox
  13. Setelah proses instalasi MikroTik selesai, klik kanan pada logo DVD kemudian hilangkan centang pada file MikroTik.iso. Lalu klik Enter untuk merestart MikroTik virtual, setelah menyala kembali biarkan MikroTik di VirtualBox berjalan pada background.
    Cara Instal MikroTik di VirtualBox
  14. Selanjutnya buka aplikasi Winbox pada komputer 'utama' dan pilih tab Neighbors, pilih MAC Address dari Mikrotik dengan user login : admin dan password : [kosong], lalu klik Connect.
    MikroTik login winbox
  15. Selesai, berikut tampilan fitur MikroTik setelah login menggunakan pada Winbox.
    MikroTik login winbox

Baca juga: Pengertian dan jenis jaringan di VirtualBox

Cara Setting MikroTik di VirtualBox dengan Winbox

Setelah selesai menginstal MikroTik OS. Berikut langkah-langkah konfigurasi MikroTik di Virtual Box. Disini kamu memerlukan Windows virtual VDI yang bisa kamu instal di VirtualBox seperti biasa sebagai client.

Topologi

  • Windows asli - Terhubung ke MikroTik virtual (ether 1)
  • MikroTik virtual - Terhubung dari Windows asli (ether 1) dan juga terhubung ke Windows virtual (ether 2)
  • Windows virtual - Terhubung dari MikroTik virtual (ether 2)
Berikut langkah-langkah cara konfigurasi MikroTik di VirtualBox:

1. Pertama kamu perlu setting jaringan di VirtualBox, silahkan masuk ke menu Pengaturan - Jaringan dan berikut konfigurasi adaptornya:

Settingan Jaringan MikroTik di VirtualBox

  • Adaptor 1 (ether 1): NAT / Bridge - Sebagai sumber internet dari PC asli ke MikroTik virtual
  • Adaptor 2 (ether 2): Internal - Sebagai penghubung MikroTik virtual ke Windows virtual
  • Adaptor 3 (ether 3): -
  • Adaptor 4 (ether 4): Host Only Adapter - Sebagai penghubung PC asli / untuk setting Winbox

Settingan Jaringan Windows Virtual (Client dari MikroTik Virtual)

  • Adaptor 1: Internal - Sebagai penghubung Windows virtual ke MikroTik virtual (ether 2)

2. Setelah mengatur jaringan di VirtualBox, maka untuk cara setting MikroTik di VirtualBox lebih lengkapnya, kamu bisa mengunjngi link berikut ini.

Akhir Kata

Nah itu tadi tutorial cara instal MikroTik di VirtualBox, bagaimana mudah bukan?. Baiklah sekian saja artikel Cara Instal dan setting MikroTik OS di VirtualBox, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Apabila terdapat masalah silahkan komen dibawah ya.

Load Comments
Lebih baru Lebih lama