√ Tutorial Install Phoenix OS ROC di Partisi EXT4 Bios LEGACY & UEFI - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

Tutorial Cara Install Phoenix OS ROC di Partisi EXT4 - Halo sobat, pada artikel kali ini Lalat akan membahas salah satu Phoenix OS versi Mod yakni Phoenix OS ROC yang dikembangkan oleh WoltreX AndroTechTeam Co. Saat ini Phoenix OS ROC sudah memiliki banyak varian mulai dari Phoenix OS ROC, SE, Mystic, Instinct, dan Valor.

Tidak seperti menginstall versi Official, Phoenix OS ROC ini dioptimalkan sehingga lebih ringan dan performa yang lebih baik tentunya cocok digunakan untuk gaming dan multitasking. Selain dari segi performa PhoenixOS ROC juga memiliki tampilan yang lebih keren mulai dari logo booting, kursor hingga wallpaper.

Dengan mengistall Phoenix OS ROC pada partisi EXT4 tentu akan meningkatkan performa karena Sistem Operasi berbasis Linux seperti Phoenix OS ini akan berjalan lebih optimal dibanding pada partisi NTFS dan FAT32. Baiklah berikut bahan dan tutorial cara menginstall PhoenixOS ROC pada partisi EXT4 dengan data berbentuk folder atau tanpa data.img.

Pesyaratan Spesifikasi :

- 64 bit SSE 4.2 support
- Intel/AMD dual core prosesor
- 2GB RAM
- 8GB penyimpanan

Bahan :

- PhoenixOS Exe Installer
Link : Official
- PhoenixOS ROC ISO
Link : Official
- Linux File System for Windows by Paragon
Link : Official
- MiniTool Partition Wizard
Link : Official
- Explorer++ (UEFI)
Link : Official
- Notepad++ (UEFI)
Link : Official
Setelah download bahan, silahkan install Paragon dan MiniTool

Tutorial Install Phoenix OS ROC di Partisi EXT4


Membuat Partisi EXT4

Pertama yakni membuat partisi EXT4 khusus untuk Phoenix OS ROC dengan menggunakan MiniTool Partition Wizard. Berikut cara membuat partisi EXT4 :

1. Buka aplikasi MiniTool Partition Wizard dan pilih menu Disk & Partition Management. Kemudian pilih pada partisi yang akan dipotong untuk membuat partisi baru. Disini saya memilih Local Disk C:/, klik kanan lalu pilih Move/Resize

2. Tentukan ukuran partisi yang dipotong, saya merekomendasikan minimal ukuran Unnalocated Space adalah 8GB, disini saya menggunakan ukuran 16GB agar lebih bisa diisi banyak Aplikasi dan Game

Dan hasilnya akan seperti berikut

3. Klik kanan partisi Unallocated dan pilih Create

4. Ganti File System menjadi Ext4, kemudian beri nama pada partisi seperti PhoenixOS ROC. Kemudian pada Partition Size pilih ukuran sesuai Unallocated Space tadi yakni 16GB dan klik OK

5. Klik Apply pada pojok kiri dan tunggu hingga proses selesai


Install Phoenix OS Exe Installer

PhoenixOS Installer disini berfungsi untuk membuat boot yang bisa digunakan untuk PhoenixOS Official maunpun ROC. Berikut cara install Phoenix OS Installer :

1. Jalankan PhoenixOS Exe Installer, kemudian pilih Install
2. Pilih partisi EXT4 yang sudah dibuat tadi, disini partisi EXT4 yang baru dibuat adalah Local Disk I:/. Kemudian pilih Next

3. Pada pilihan Data Size silahkan pilih 4GB agar proses installasi berjalan lebih cepat, karena nanti data.img tidak akan digunakan dan diganti dengan data berbentuk folder. Setelah itu klik Install dan tunggu proses installasi hingga selesai

4. Nah proses installasi selesai silahkan pilih Remind Me Later. Sampai tahap ini boot untuk PhoenixOS sudah ada dan sudah bisa digunakan


Replace File Phoenix OS ROC

Langkah selanjutnya silahkan replace file-file Phoenix OS Official dengan Phoenix OS ROC. Berikut cara installnya :

1. Hapus file PhoenixOS termasuk data.img, kemudian buat folder dengan nama data

2. Extract PhoenixOS-ROC.zip dengan menggunakan WinRAR

3. Klik kanan pada file ISO PhoenixOS-ROC kemudian pilih open with WinRAR
 

4. Extract file-file berikut kefolder PhoenixOS pada partisi Ext4, Disini saya mengextract ke I:\PhoenixOS

Setelah proses Extract selesai, maka berikut isi folder PhoenixOS pada partisi EXT4

Selesai, untuk bios LEGACY, silahkan restart dan jalankan Phoenix OS. Bagi sobat yang memakai bios UEFI silahkan lanjut pada langkah berikutnya.

Replace File Phoenix OS ROC (UEFI Saja)


1. Pertama, mount partisi EFI, dengan menggunakan Minitool Partion Wizard. Pilih partisi yang berformat FAT32. Klik kanan pilih Change Letter, misalnya ke J:.

2. Install dan buka aplikasi Explorer++, copy file initrd.img dan kernel ke partisi J:/EFI/PhoenixOS.

3. Silahkan jalankan Phoenix OS ROC untuk pertama kali dengan restart dan pilih boot PhoenixOS atau bisa melalui Shortcut pada Desktop dan tunggu hingga proses startupnya hingga selesai.

Sekian artikel Tutorial Cara Install Phoenix OS ROC di Partisi EXT4 Bios LEGACY dan UEFI, jika ada masalah silahkan komen dibawah ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama