√ Pengertian dan Jenis CPU Governor di Android - Teknolalat

Find Us OIn Facebook

CPU Governor di Android
CPU Governor di Android - CPU Governor adalah administrator CPU di Android yang mengontrol bagaimana CPU meningkatkan dan menurunkan frekuensinya sebagai respon terhadap tuntutan pengguna pada perangkat mereka. CPU Governor sangat penting di smartphone dan tablet karena mereka memiliki dampak besar pada peningkatan fluiditas antarmuka dan masa pakai baterai perangkat melebihi biaya.

Untuk mengetahui CPU Governor bisa menggunakan CPU-Z dan untuk mengubah CPU Governor perangkat harus dalam keadaan ROOT dan memiliki ROM atau aplikasi yang memungkinkan membuat perubahan seperti kernel auditor. Selain itu, berbagai kernel (perangkat lunak perantara antara perangkat keras ponsel dan sistem operasi) menawarkan berbagai jenis CPU Governor.

CPU Governor di Android

Ada banyak CPU Governor yang tersedia untuk digunakan pada perangkat Android. Berikut beberapa jenis CPU governor yang umum digunakan pada perangkat berbasis Android.

1. Governor OnDemand

CPU Governor ini banyak digunakan berbagai smartphone sebagai default governor mereka. Governor Ondemand memiliki hair trigger untuk meningkatkan clockspeed dengan kecepatan maksimal yang ditetapkan oleh pengguna. Jika beban CPU yang ditempatkan oleh pengguna berkurang, Governor OnDemand perlahan-lahan turun kembali melalui fase awal kernel sampai pada frekuensi serendah mungkin.

OnDemand memiliki fluiditas antarmuka yang sangat baik karena biasa dalam frekuensi tinggi, namun juga memiliki efek yang relatif negatif terhadap daya tahan baterai dibandingkan dengan Governor lainnya. OnDemand umumnya dipilih oleh produsen smartphone karena sudah teruji, handal, dan hampir menjamin kelancaran kinerja ponsel.

Fakta terakhir ini penting untuk diketahui sebelum membaca tentang CPU Governor Interaktif: OnDemand menskalakan clockspeednya dalam konteks antrian pekerjaan. Dengan kata lain, begitu tugas yang dipicu jalan clockspeed selesai, OnDemand akan mencoba memindahkan clockspeed kembali ke minimum.

Jika pengguna menjalankan tugas lain yang memicu jalan OnDemand, clockspeed akan terpental dari minimum ke maksimum. Hal ini dapat terjadi terutama jika user multi tasking. Ini juga memiliki implikasi negatif untuk masa pakai baterai.

2. Governor OndemandX

Pada dasarnya ondemand dengan profil suspend/wake. CPU Governor ini seharusnya menjadi ondemand yang ramah baterai. Saat layar mati, frekuensi maks dibatasi hingga 500 mhz. Meskipun ondemand adalah Governor default di banyak kernel dan dianggap aman / stabil, dukungan untuk ondemand / ondemandX bergantung pada kemampuan CPU untuk melakukan perpindahan frekuensi cepat yang merupakan frekuensi transisi latensi yang sangat rendah.

3. Governor Performance

Ini mengunci CPU telepon pada frekuensi maksimum. Meskipun ini mungkin terdengar seperti ide yang buruk, ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa menjalankan telepon dengan frekuensi maksimum setiap saat akan memungkinkan ras yang lebih cepat untuk diam.

Race-to-idle adalah proses dimana telepon menyelesaikan tugas yang diberikan, seperti sinkronisasi email, dan mengembalikan CPU ke status low-power yang sangat efisien. Ini masih memerlukan pengujian ekstensif, dan kernel yang menerapkan CPU C-state (keadaan daya rendah) yang tepat.

4. Governor Powersave

CPU Governor di Android Powersave

Kebalikan dari CPU Governor Performance, Governor Powersave mengunci frekuensi CPU pada frekuensi terendah yang ditentukan oleh pengguna. Tentunya Governor ini menurunkan performa dari keadaan normal namun sangat hemat daya.

5. Governor Conservative

Ini membuat ponsel lebih mudah memilih clockspeed sesedikit mungkin. Dengan kata lain, beban yang lebih besar dan lebih kuat harus ditempatkan di CPU sebelum Governor ini diminta menaikkan clock speed CPU. Bergantung pada bagaimana pengembang telah menerapkan Governor ini, dan clockspeed minimum yang dipilih oleh pengguna, Governor conservative dapat memberikan kinerja yang berombak.

Di sisi lain, bisa bagus untuk masa pakai baterai. CPU Governor Konservatif juga sering digambarkan sebagai "OnDemand yang lamban," jika itu membantu memberi gambaran yang lebih lengkap tentang fungsinya.

6. Governor Userspace

Governor ini, sangat jarang untuk dunia perangkat mobile, memungkinkan setiap program yang dijalankan oleh pengguna untuk mengatur frekuensi operasi CPU. Gubernur ini lebih umum di antara server atau PC desktop tempat aplikasi (seperti aplikasi profil daya) memerlukan hak istimewa untuk mengatur clock speed CPU.

7. Min Max

Governor yang bagus ini memanfaatkan frekuensi min & maksimal hanya berdasarkan beban kerja tertentu, tidak ada frekuensi menengah yang digunakan.

8. Governor Interactive

Sama seperti Governor OnDemand, Governor Interactive secara dinamis menghitung kecepatan clock CPU sebagai respons terhadap beban kerja yang ditempatkan pada CPU oleh pengguna. Di sinilah kemiripannya berakhir. Interaktif secara signifikan lebih responsif daripada OnDemand, karena lebih cepat pada skala ke frekuensi maksimum.

Tidak seperti OnDemand, yang akan diingat dengan skala clockspeed dalam konteks antrian kerja, skala Interaktif clockspeed selama penghitung waktu diatur semena-mena oleh pengembang kernel. Dengan kata lain, jika sebuah aplikasi menuntut sebuah jalan ke clockspeed maksimum (dengan menempatkan beban 100% pada CPU), pengguna dapat melakukan tugas lain sebelum Governor mulai mengurangi frekuensi CPU.

Hal ini dapat menghilangkan frekuensi memantul yang dibahas di bagian OnDemand. Karena timer ini, Interaktif juga lebih siap menggunakan clock speed menengah yang berada di antara frekuensi CPU minimum dan maksimum. Ini adalah satu lagi manfaat hidup pro-baterai Interaktif.

Namun, karena Interaktif diizinkan untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan frekuensi maksimum daripada OnDemand (untuk alasan kinerja perangkat), manfaat hemat baterai yang dibahas di atas dapat diabaikan secara efektif. Singkat cerita, Interaktif menawarkan kinerja yang lebih baik daripada OnDemand (ada yang mengatakan kinerja terbaik dari setiap Governor) dan baterai yang sangat berbeda.

Interaktif juga membuat asumsi bahwa pengguna yang memutar layar akan segera diikuti oleh pengguna yang berinteraksi dengan beberapa aplikasi di perangkat mereka. Karena itu, layar pada memicu sebuah ramp ke clockspeed maksimum, diikuti oleh perilaku timer yang dijelaskan di atas.

Berikut adalah beberapa Governor CPU yang disarankan :

Sistem penilaian:
Terbaik - CPU Governor ini hanya yang terbaik (untuk kategori), sangat disaranakan.
Hebat - CPU Governor ini sangat bagus, sesuai kebanyakan orang.
Bagus - CPU Governor ini bagus, tapi mungkin tidak cocok untuk semua orang.
Membutuhkan tuning - CPU Governor ini membutuhkan tuning, bukan untuk pemula.

Jika kernel tidak memiliki CPU Governor yang telah ditandai sebagai 'terbaik', gunakan yang telah ditandai sebagai 'hebat'.

Juga, jika ada lebih dari satu Governor yang ditandai sebagai 'terbaik', pilih salah satu yang tersedia. Jika semua tersedia, pilih salah satu.


Untuk performa:

Single Core :
- Performance - Terbaik
- Min Max - Hebat

Multi Core :
- Performance - Terbaik
- Min Max - Hebat


Untuk masa pakai baterai:

Single Core :
- Conservative - Terbaik
- Powersave - Bagus

Multi Core :
- Conservative - Terbaik
- SLP / Sleepy - Hebat
- Perfomance (PMC) - Terbaik
- Powersave - Bagus
- Ktoonservatif (Q) - Hebat
- Smartmax - Terbaik


Untuk penghematan dan performa baterai seimbang:

Single Core :
- Interactive / InteractiveX - Terbaik
- Ondemand / OndemandX - Stok, Terbaik
- SmartassV2 - Hebat

Multi Core :
- MSM DCSV - Hebat, tidak umum
- LulzactiveQ - Membutuhkan tuning
- Intelliaktif - Hebat
- Interaktif (X) - Hebat
- Ondemand / OndemandX - Stok, Terbaik
- Pegasus (q / d) - Terbaik
- SmartassV2 - Hebat
- Wheatley - Bagus
- Hotplug / HotplugX - Bagus
- HYPER - Terbaik
- ZZMove - Memerlukan tuning
- Dancedance - Hebat


Untuk game:

Single Core :
- Interactive (X) - Terbaik
- Performance - Hebat
- Ondemand / OndemandX - Hebat
- SmartassV2 - Terbaik

Multi Core :
- Performance - Hebat
- Lionheart / LionheartX - Terbaik
- Dancedance - Bagus
- Intelliactive - Hebat
- SmartassV2 - Hebat
- Pegasus (Q / D) - Terbaik
- Ondemand / OndemandX - Hebat
- Hyper - Terbaik
- LulzactiveQ - Terbaik
- Intellidemand - Bagus

Masih banyak jenis I/O Schedulers yang belum dijelaskan, untuk lebih lengkapnya bisa dilihat melalui XDA Developer. Saat ini memang banyak schedulers baru yang tentunya akan digunakan pada perkembangan smartphone kedepannya.

Jadi itu tadi beberapa jenis dan perbedaan CPU Governor pada umunnya, sekian dan semoga bermanfaat.
Load Comments
Lebih baru Lebih lama